Jakarta New Hangout Place: Taman Pandang Istana


Assalamualaikum,

Selamat Hari Selasa, Fellas. Kali ini aku ingin berbagi cerita tentang Taman Pandang Istana atau nama lainnya adalah Taman Holcim. Kenapa dinamakan Taman Holcim? Ada hubungannya nggak sih dengan PT Holcim? Kenapa dinamakan Taman Pandang Istana? Memangnya dekat Istana? Bagaimana cara menuju ke sana? Ada apa saja sih di Taman Pandang Istana alias Taman Holcim itu? Berapa biaya masuknya?

Nah pertanyaan di atas akan aku jawab pelan-pelan yah gengs, mari di simak.

Hari Sabtu kemarin, tepatnya tanggal 30 Juli 2016, aku dan teman-teman Blogger Perempuan berkesempatan hadir dalam acara peresmian Taman Pandang Istana. Taman Pandang Istana merupakan Taman baru yang ada di kawasan Ibukota. Letaknya di depan pintu barat laut Monumen Nasional (Monas). Selain itu, Taman Pandang Istana ini terletak tidak terlalu jauh dari Istana. Jadi saat memandang ke bagian depan sebelah kanan akan terlihat Istana Negara. Makanya diberi nama Taman Pandang Istana. Istana ada di pandangan kita, guys!

Foto bersama teman-teman Blogger perempuan dan perwakilan Holcim: Kaka Lisnatuljannah :p
Di judul, aku menyebutkan bahwa Taman Pandang Istana alias Taman Holcim merupakan Jakarta new hangout place. Secara warga Jakarta setiap harinya disuguhi kemacetan yang tiada berakhir. Tentunya, butuh banget piknik dong? Nah, di Taman Pandang Istana ini kamu bisa piknik ala-ala, lho. Nggak harus makan besar sih lebih ke snack-snack aja mungkin ya. Karena sejauh mata memandang sih kurang cocok untuk gelar-gelar tikar. (Menurutku lho, ya).  

Taman Pandang Istana alias Taman Holcim ini merupakan kolaborasi antara PemProv DKI Jakarta, PT Holcim Indonesia Tbk, dan CARAS (organisasi yang bergerak di bidang seni). Adapun tujuan dibangunnya Taman Pandang Istana adalah sebagai ruang terbuka hijau bagi masyarakat untuk menyampaikan gagasan dan aspirasi dalam bentuk kegiuatan yang positif dan kreatif. Jadi, Taman Pandang Istana alias Taman Holcim ini ditujukan sebagai saran edukasi, rekreasi, seni, dan olahraga, serta berbagai kegiatan positif lainnya. Taman Pandang Istana ini merupakan taman dengan konsep modern tapi tetap ramah lingkungan. Keren yah? 

Di salah satu sudut Taman pandang istana terdapat dinding bertuliskan tujuan dibangunnya taman ini
Hasil karya seniman yang ikut dalam kolaborasi ini. bangku tipografi :D (image: blog retno)
"Aku rela dipenjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas," - Mohammad Hatta. 

Instalasi lantai dengan kutipan dari tokoh bangsa ini terbuat dengan kokoh dari stainless steel dengan produk andalan Holcim yang kokoh tapi tetap ramah lingkungan. Selain itu, dalam membangun taman ini, Holcim mengaplikasikan solusi-solusi unggulannya seperti ThruCrete (beton berpori untuk resapan air yang lebih baik), EzyFloCrete (beton dengan kemampuan mengisi ruang yang efektif), dan Holcim Mortar.
Salah satu karya seni instalasi dengan kutipan dari tokoh bangsa. Bapak  M. Hatta
Taman Pandang Istana atau Taman Holcim ini merupakan wujud kepedulian Holcim Indonesia terhadap kota dan warga Jakarta dengan memberikan produk terbaik yang ramah lingkungan. Press release resmi dari Holcim Indonesia bisa kamu baca di sini: http://www.membangunbersama.com/taman-pandang-istana-membangun-keberagaman-serta-semangat-kolaborasi-dengan-karya-seni-dan-kreativitas

Sebagai warga yang setengah Bogor-setengah Jakarta. Maklum anak commuter, pagi di Bogor, siangan dikit sampai malam di Jakarta, malamnya balik lagi ke Bogor, sudah tentu aku sangat mengapresiasi adanya Taman Pandang Istana ini sebagai salah satu tempat yang wajib dikunjungi di Jakarta. Setuju bukan kalau Jakarta butuh banyak lagi Taman Kota? Dengan adanya taman kota, warga Jakarta bisa saling berbagi aspirasi dan menginspirasi :D

Saat launching Hari Sabtu lalu, banyak komunitas yang menginspirasiku, seperti Komunitas Rajut Kejut dengan crochet yang menggemaskan, Komunitas Kaligrafina yang membuat kaligrafi cantik dengan sentuhan modern berisikan quotes favorit, serta membuat DIY lampion yang melibatkan pelajar dari tingkat sekolah dasar hingga mahasiswa. Tak hanya itu, saat awal dan akhir acara pun kami disuguhi dengan tarian dari Komunitas Animal Pop yang menggabungkan unsur tari dengan gerakan binatang, serta disuguhi nyanyian dari paduan suara adik-adik SD Kembang yang menggemaskan.

Paduan Suara dari SD Kumbang
Turut hadir pula Bapak Gubernur dalam acara peresmian Taman Pandang Istana. Ke depannya semoga lebih banyak lagi ya pembangunan taman kota di wilayah ibukota. Psst...taman kota ini tidak dipungut biaya sepeserpun lho, karena memang ditujukan sebagai ruang publik untuk masyarakat. Jadi, jangan lupa untuk berkunjung!

Harapan Ahok untuk Jakarta
Penulisan Harapan Ahok untuk jakarta (dok : kaka Sandraqueen)
Rute dari ST Bogor:
Turun di Stasiun Juanda, sambung dengan ojek 12K. Mungkin kalau kamu menggunakan ojek online akan lebih murah lagi. Bisa juga naik bajay atau berjalan kaki karena jaraknya tidak terlalu jauh.

Buat kamu pecinta Transjakarta:
Bisa turun di Halte Monas dan berjalan kaki menuju venue.

Aku sangat senang dengan keberadaan Taman Pandang Istana. Buat keluarga, tentunya taman ini bisa jadi referensi tujuan untuk berekreasi bersama keluarga. Buat anak muda juga asyik lho berkunjung ke taman ini. Kita bisa hangout di Taman Pandang Istana dan melakukan kegiatan kekinian, misalnya foto OOTD di mural atau di spot-spot lainnya di Taman Pandang Istana yang instagramable. 

Rasanya untuk sekolah yang mengadakan kegiatan study tour pun bisa memasukkan Taman Pandang Istana ke dalam list destinasi wisata selain Monas dan Museum Gajah.

Kenapa harus ke Taman Pandang Istana? Contohnya seperti pada foto-foto berikut.Mungkin kamu akan tertarik berkunjung setelah melihat foto-foto di bawah ini. Senang deh melihatnya. Gemay-gemay banget! :D

Crochetnya dibuat on the spot, lho.
Kaligrafi modern karya komunitas Kaligrafina
Crochet karya komunitas Rajut Kejut
Cocok banget yah buat OOTD-an, guys!:D

Memasuki venue, kalau dari samping seperti aku masuknya, akan langsung di sambut Mural ini:
OOTD di depan mural :)
Salah satu lampion handmade saat acara. Gemay banget!

Suasana saat malam hari ketika lampion sudah dinyalakan (dok: Holcim)
Rekomendasi aku sih, waktu terbaik untuk mengunjungi Taman Pandang Istana adalah di pagi hari, mungkin seusai CFD, serta di sore atau di malam hari sambil menikmati live music. Kalau siang sih panas banget yah kayaknya di sini, karena Taman Pandang Istana memang konsepnya ruang terbuka hijau jadi ya siap-siap aja kepanasan dan kehujanan.

Suasana saat malam hari dengan alunan live music (dok: Holcim)
Tiang harapan karya komunitas kaligrafina
Bagaimana fellas, tertarik untuk mengunjungi Taman Pandang Istana akhir pekan ini?  Jangan lupa share suasana terkini Taman Pandang Istana di akun instagrammu, ya!

Psstt...buat kamu yang berencana membangun atau merenovasi rumah, kamu bisa mendapatkan info lengkap tentang Holcim Indonesia serta berbagai penawaran menarik, di link di bawah ini. Atau bisa jadi akan ada lagi taman menggemaskan dan instagramable yang akan di bangun Holcim Indonesia. Semoga saja ya! :D

Kamu bisa menghubungi Holcim Indonesia via akun social medianya:
twitter : @holcimindonesia
facebook : https://www.facebook.com/holcimindonesia/?fref=ts
instagram: holcimid
website: http://www.holcim.co.id/

xoxo,
Ifa 

CONVERSATION

54 komentar:

  1. Chrocet nya cakepp.. Semoga ada yang rajin bersihin ya.. Secara pan pasti byk debu tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiin iyah sayang banget udah cantik gitu kalau kotor. Semoga pemprov dki care yah sama hal ini. makasih udah mampir kakak aie aryulie :)

      Delete
  2. Amin.. Semoga harapan pak ahok terkabul ya.. Jakarta jadi kota modern & manusiawi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaamin YaAllah seengganya jakarta nggak cuma terkenal sama macetnya aja ya hana :"""")

      Delete
  3. Keceeeee jkt juga udah mulai bnyk taman yaaa skr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih Kakput. hehe semoga jakarta bisa kayak bandung yang kece baday ya:D

      Delete
  4. Lumayan ya Fa skrg nggak nge-mol mulu jadinya. Nambahin tempat hengout outdoor. Semoga saling menjaga kebersihan para pengunjung

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahah ngemall tetep sih mamtir :p #kebutuhan wkwkwkwk
      Iyah lumayan juga buat kongkow bareng temen.
      bener banget, kayaknya harus ditambahin mural kayak pengingat gitu ya supaya tetap menjaga kebersihan. pastinya yang instagramable sih, jadi pada seneng liatnya:D

      mamacih udah mampir mamtir

      Delete
  5. Keren, nih, Jakarta! Gak nyangka sekarang Jakarta udah makin banyak aja RTH-nya. Mau, deh, di Bekasi ada beginian juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih Tya, Bogor udah lumayan sih perkembangan RTHnya. Semoga bekasi cepat menyusul yah:D

      Delete
  6. Tamannya keceeee.. semoga bisa tetap dijaga kebersihan & keindahannya yaa biar bisa terus dinikmati banyak orang.. yg penting jangan sampai ada yg bandel corat-coret atau buang sampah sembarangan :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sedih banget kalau udah kece malah dirusak secara engaja ataupun nggak sengaja yah:( semoga deh nggak cuma bikin aja, tapi juga concern dijaga dan dirawat:)

      Delete
  7. Rajutannya bagus. Tp emang bakal dipajang terus ya Ifa? :o

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kewl yah! Duh kalau itu saya kurang tahu sist wkwkwkwkwk. Silakan hubungi komunitas rajut kejut, sist :p

      Delete
  8. Enaknya taman ini gampang dicapai sama kendaraan umum yaa.. Susahnya kl pake kendaraan pribadi, ribet nyari parkir cyiin hiihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkkwkwkwkwkwkw pengalaman banget yah sist? hahaha iya public transportation recomemmended buat ke taman ini. Tapi kalo bareng keluarga emang mesti naik mobil sih. Mungkin tips kaka sandraqueen bisa dicoba parkir di RRI :P

      Delete
  9. Bagus tamannya ada lampionnya... kayaknya jarang ada taman pake lampion gt...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kece yah, pertanyaannya bakaln dinyalain tiap hari kayak gini apa nggak yah?

      Delete
  10. Semoga semakin banyak dibangun ruang publik seperti ini ya mbak.

    ReplyDelete
  11. Semoga semakin banyak dibangun ruang publik seperti ini ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaamiin YaAllah, biar jakarta makin indah yah Mbak Elisa:D

      Delete
  12. Unsur seni dan kreativitas di Taman Pandang Istana ini kece banget, dari sekolah dasar sampai mahasiswa dan publik ngumpul semua :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, seneng deh semuanya bisa berkumpul dan saring menginspirasi yah di bidang positif :D

      Delete
  13. Replies
    1. Iya Mbak Liza tempatnya nyenengin yah:)

      Delete
  14. Banyak yang bahas Taman Pandang Istana ini jadi penasaran pengen kesana dan popotoan disitu.

    ReplyDelete
  15. Kota modern yang manusiawi.
    Kece...
    Smoga terwujud utk JKT lebih baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin Mbak Ophi. Semoga segera terwujud yah!:D

      Delete
  16. Terpukau sama rajutannya.

    Ssmoga makin banyak tempat publik yg representatif di Jakarta. Bukan warga Jkt, tapi pas ke Jkt dan macetnya begitu.. Asli stress :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak Arina, cantik banget yah rajutannya. Iya banget kalo udah macet bawaannya stress dan emosi :"")

      Delete
  17. Keren ya tamannya. pas baca harapan pak ahok dibagian poin Jakarta harus lebih manusiawi, pikiran langsung menuju gambaran jakarta yang kehidupannya keras, mulai dari macet dsb...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya keren banget Mbak, kekinian juga heheh. #Jkartakeras udah bagian dari ciri khas kota jakarta :""""")

      Delete
  18. Wah dikasi rute naik KRL-nya, asyiiikk ntr maen ke sana ah :D

    ReplyDelete
  19. jadi mupeng deh ke sana, kadang suka iri dengan kota yang punya banyak taman, di cirebon mana ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga di Cirebon juga segera dibuat taman seperti ini yah Mbak Tira:D

      Delete
  20. kece ih tamannya... unik ada perpaduan dengan seni terutama chrocet nya gemay x)
    ada rute dari bandung gak kakaknyaa??? hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahhaa duh ingga. Dari Bandung naik travel aja sis :p turun di manapun tinggal gojek ae pasti sampai:P

      Delete
  21. Kaka ifaaa lengkap euy ada saran rute kalo pake transport umum. Kirain rajutan sm lampionnya cuma dipasang pas peresmian, ternyata masih smp hari ini. Seneng deh😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah seriusan? Cool banget! Makasih infonya kaka Retnooo <3

      hahaha iya biar anak kereta kayak aku lebih kebayang gimana cara ke sininya:D

      Delete
  22. suka sama lampion-lampionnya itu deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lampunya gemay yah. makasih udah mampir:D

      Delete
  23. Wah, sekarang ada tempat hangout baru di Jakarta ya...Desain tempatnya bagus dan artistik.Semoga bisa terus dipelihara keindahannya ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak Nurul seneng deh cuma sayang kalo siang panas heheh. bener banget justru PRnya itu merawatnya yah Mbak

      Delete
  24. Konsep tamannya keren ya mba.. semoga tetap terjaga. Aniwei ide bikin taman buat pendemo begini juga bagus jadi benar2 menerima aspirasi yg demo juga bisa adem dan ga gontok2an deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi pas demo lebih adem yah Mbak Ira hehehehhe :p

      Delete
  25. Tamannya kereen..
    Semoga aja taman2 lain kayak gini juga..

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin Mbak Oline, semoga makin banyak ruang terbuka hijau yang kekinian yah:D

      Delete
  26. Hai mba Ifa, salam kenal ya, tulisannya woke!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak Dina salam kenal juga. Pas event nggak sempat ngobrol yah. Semoga next time ketemu lagi:)

      Delete
  27. Wuah kereeen, crochet nya cakep-cakep ya.
    Aku sekalipun belum pernah ke Jakarta, smoga bisa ke sana suatu saat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Semoga aku jjga bisa main ke pantai2 indah di Jember yah Mbak:)

      Delete
  28. Ahhh, cantiknya yang pake pastel - pastel dan berpose di depan mural hhihihiihihi

    ReplyDelete

Thankyou for visiting my blog. Let's connect & be a friend:D

Cheers,
Ifa

Back
to top