Menu
/
Halo, girls? Gimana puasanya? Pasti lancar dong ya. Atau adakah yang sudah bolong akibat menstruasi? Cung, yuk!

Berbicara tentang menstruasi, banyak banget mitos dan fakta seputar menstruasi yang kadang percaya nggak percaya yaudah ikutin aja. Banyak juga hal yang membuat kita bertanya-tanya seputar menstruasi, misalnya idealnya berapa kali sih ganti pembalut? Kenapa sih pas awal menstruasi tuh bagian sebagian perempuan sakit banget. Bahaya nggak sih?


Alhamdulillah, seminggu yang lalu, di Oakwood Penang Bistro, aku mendapat undangan untuk hadir di Talkshow Hari Kesehatan Menstruasi yang membahas tuntas seputar menstruasi. Ngomongin Hari Kesehatan Menstruasi, sebelumnya apakah kamu sudah pernah mendengarnya? Kalau aku sih jujur aja baru dengar saat itu juga seputar Hari Kesehatan Menstruasi.

Okay, mari kita mulai buat ngomongin A-Z seputar menstruasi!

Hari Kesehatan Menstruasi

Hari Kesehatan Menstruasi sengaja diperingati supaya kita, para ciwi-ciwi selalu ingat buat menjaga kebersihan dan kesehatan aria kewanitaan, terutama saat menstruasi.

Why? Karena saat menstruasi resiko infeksi di area kewanitaan meningkat banget, girls! Dan dampaknya bisa berbahaya banget! Selain PH di area kewanitaan jadi nggak seimbang, bisa memicu infeksi dan penyakit serius seperti infeksi saluran kencing, infeksi saluran panggul, kerusakan sistem imun tubuh, infertilitas, dan kanker serviks. Hiiiy! Serem yah.


Selain itu, dampak dari kita nggak menjaga kebersihan area kewanitaan dengan benar bisa jadi kita rasakan sehari-hari, tapi kita nggak aware dan menganggap biasa aja. Contohnya keputihan, gatal-gatal di area kewanitaan, perih, dsb.

Kapan sih diperingati Hari Kesehatan Menstruasi?

Hari Kesehatan Menstruasi diperingati setiap tanggal 28 Mei, girls! Dan memang baru ditetapkan setahun yang lalu. Kenapa 28 Mei? Karena 28 hari merupakan siklus normal haid bagi perempuan an Mei yang menyimbolkan angka 5, diambil dari 5 hari, yaitu hari rata-rata perempuan mendapatkan menstruasi.

Jadi, udah jelas ya girls seputar Hari Kesehatan Menstruasi?

Di atas, aku menyenggol bahasan mitos dan fakta seputar menstruasi. Mari kita bahas, girls!

source: google
Mitos dan fakta seputar menstruasi. Yay or Nay?
1. Lagi menstruasi itu...... nggak boleh keramas dan gunting kuku
2. Lagi menstruasi itu...... perbanyak minum soda biar beresnya cepet
3. Lagi menstruasi itu...... nggak boleh melakukan aktivitas fisik kayak olahraga dan berenang
4. Lagi menstruasi itu....... apalagi pas PMS bawaannya sensitif banget dan pengen marah-marah terus
5. Lagi menstruasi itu....... minum susu biar nyerinya berkurang
6. Lagi menstruasi itu.......  bawaannya pengen makan terus

Hayoo siapa yang selama ini percaya mitos di atas? Yang mana mitos dan yang mana fakta.


Well, girls. Dari uraian di atas, yang tergolong ke dalam mitos saat menstruasi adalah no 1-3.Duh nggak banget deh rambut lepek semingguan karena nggak keramas. Dan minum soda ternyata nggak ngaruh lho, girls! Justru sebaiknya nggak mengkonsumsi soda karena bisa mengganggu keseimbangan nutrisi tubuh.

Minum es di siang bolong juga sah-sah aja kok. Makan daging dan ikan saat menstruasi justru dianjurkan lho untuk mengganti sel-sel darah merah yang hilang saat menstruasi. Karena daging dan ikan mengandung protein dan zat besi. Kalau masalah nggak boleh renang, lebih ke nggak nyaman aja sih ya. Jadi ternyata mitos yang ada seputar menstruasi justru  merugikan ya!

source: google
Masalah nafsu makan meningkat saat menstruasi, ternyata memang benar adanya dan udah ada penelitiannya. Hal itu diebabkan karena perubahan hormon. that's why rata-rata perempuan tuh mengkonsumsi 110-500 kalori lebih banyak pas menstruasi. Balik lagi ke kita sendiri girls, gimana pinter-pinter mengontrol nafsu makan.

Susu bisa meredakan nyeri saat menstruasi ? Nah ini ternyata fakta juga. Di dalam susu, terdapat kandungan magnesium dan kalsium yang bisa mengurangi nyeri saat menstruasi. Mari kita coba yah pas dapet!
source: google
Pas PMS bawaannya emosi jiwa dan ngennya marah-marah terus? Naah ini juga bener girls! Thats wht I feel haha apalagi kalau udah mah lagi nyeri dan kerasa sakit, ada aja yang nyari masalah. Pas PMS, terjadi perubahan hormon di dalam tubuh kita yang nyebabin perubahan fisik dan psikis. Dan banyak juga perubahan yang bikin kita ngerasa nggak nyaman saat menstruasi kayak pegal-pegal, jerawat, sakit punggung, dan nyeri perut. Buat para cowok-cowok ketje, kudu noted banget ini buat nggak nyari masalah pas ciwi-ciwi lagi PMS or menstruasi.

source: google
Kenapa nyeri saat menstruasi ? Lanjut dari pernyataan di atas, nyeri saat menstruasi terjadi karena kram yang disebabkan kontraksi pada otot rahim. Kontraksi ini mendorong luruhnya lapisan dinding rahim saat menstruasi. Selama sakitnya masih dalam batas wajar dan bisa ditolerir nggak berbahaya, tapi kalau udah kebangetan kayak pingsan-pingsan dan nggak bisa ngapa-ngapain banget lebih baik periksa dan konsul ke dokter.

Gimana cara menjaga kebersihan area kewanitaan saat menstruasi?

Hal apa saja yang harus kita lakukan, girls?
1. Mengganti pembalut secara berkala setiap -5 jam sekali, dan bisa lebih sering apabila darah yang keluar banyak. 
Jujur, ini masih peer banget buat aku. Secara paling banyak ganti pembalut cuma 3 kali. Pas mandi, di kantor, sama habis mandi pas pulang. Gimana sama kamu, girls?

2. Mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah menggunakan pembalut.
Nah ternyata ini penting banget. Kadang kan mikirnya cuci tangan pas udah beres aja yah. Ternyata sebelum mengganti pembalut, sangat dianjurkan untuk mencuci tangan dengan sabun. Karena kita nggak tahu kan ya bakteri apa saja yang menempel di tangan kita. Dan saat menstruasi tuh rawan banget terjadi infeksi di daerah kewanitaan.

3. Menggunakan pembersih antiseptik kewanitaan terutama bagian pubis (bagian luar) daerah kewanitaan.
Kapan sih sebaiknya menggunkan pembersih antiseptik kewanitaan? Ini udah pernah banget di bahas di blog aku, lho! (Baca: chit-chat seputar daerah kewanitaan bersama Betadine dan Alodita

Pembersih antiseptik kewanitaan tidak dianjurkan untuk digunakan setiap hari, tapi digunakan ketika dibutuhkan saja. Antiseptik yang digunakan untuk membersihkan kewanitaan harus mengandung povidone - Iodine yang terbukti bisa mengurangi jumlah bakteri buruk sekaligus mengembalikan kondisi flora bakteri natural pada daerah kewanitaan. Salah satu antiseptik kewanitaan yang bisa kamu coba adalah Betadine Feminine Hygiene dari mundipharma.


4. Membasuh area intim dari depan ke belakang dan dikeringkan dengan baik.
Nah poin ini masih banyak terjadi juga, girls! Jadi mulai diingat dan diamalkan yah kalau membersihkan itu dari depan ke belakang bukan dari belakang ke depan karena khwatir bakterinya akan lebih menyebar. Dan jangan malas untuk mengeringkan daerah kewanitaan setelah buang air besar atau kecil atau mandi. Biar jamur nggak tumbuh dan berkembang dan nggak menimbulkan gangguan di daearh kewanitaan kayak gatal-gatal.

Di talkshow Hari Kesehatan Menstruasi yang menghadirkan Dr Eni Gustina, MPH, Direktur Kesehatan Keluarga Kementrian kesehatan Republik Indonesia, Dr. Botefilia Budiman, SpOG KFER, Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), dan Adi Prabowo, Manager Consumer Health Mundipharma Indonesia sebagai narasumber ini memberikan banyak insight baru bagi aku, khusunya seputar menstruasi . Jadi tahu deh mana yang mitos aja dan mana yang emang fakta.

foto narasumber (maafkan gelap, pencahayaan minim sist!)
Selain itu, aku juga baru tahu lho kalau ada program pemerintah tentang Manajemen Kebersihan Menstuasi. 
"Perempuan harus dapat menggunakan pembalut yang bersih, dapat diganti sesering mungkin selama periode menstruasi, dan memiliki akses pembuangannya, serta dapat mengakses toilet, sabun, dan air untuk membersihkan diri dalam kondisi yang nyaman dengan privasi yang terjaga."
Makanya program Pemerintah saat ini seputar Manajemen Kebersihan Menstruasi di antaranya adalah pengen banget di setiap sekolah itu ada toilet terpisah untuk laki-laki dan perempuan sehingga nggak risih kalau di sekolah mesti ganti pembalut. Dan ke depannya, nggak cuma tisu yang ada di kamar mandi, baik di sekolah maupun d tempat umum, tapi juga tersedia pembalut. Karena dapet menstruasi itu an nggak ada yang tahu ya, dapetnya nggak disangka-sangka tiba-tiba udah datang.

Di bidang pendidikan, khususnya untuk usia sekolah, juga penting banget untuk diajarkan tentang menstruasi  sejak dini, jadi pas dapet menstruasi  pertama kali nggak ngeri dan kaget. Salah satunya adalah melalui instrumen komik MKM tentang menstruasi.
Faktanya, 1 dari 6 anak perempuan terpaksa tidak masuk sekolah selama 1 hari atau lebih saat menstruasi .

Masih inget banget deh pas pertama kali dapet tuh deg-degan banget dan sedikit ngeri sama bingung gimana ceritanya. Karena kaget banget ada bercak kecoklatan di celana dalam. Untungnya cerita sama mama. Tapi ya gitu, aku juga merasakan dampak psikologis kayak malu gitu pas pertama kali udah dapet. Apalagi jaman SD yah. Suka diledekin nggak sih kalau ketahuan dapet sama anak-anak cowok.


Jadi perlu di bold dan jadi noted tersendiri tentang pendidikan menstruasi  bagi usia dini. Setuju?

Sekian insight baru yang aku dapatkan seputar menstruasi . Semoga bisa bermanfaat ya!

Feel free buat sharing pengalaman dan info lainnya seputar menstruasi  yang kamu tahu, guys!


See you!
-Ifa-
6 comments

Setuju banget mba, makasih udah share ilmunya..bermanfaat banget :)

Reply

Ku tak mau percaya lagi mitos2 yang tidak terbukti kebenarannyaaa

Reply

Baru tau ada hari kesehatan Menstruasi .........

Reply

sama=sama Alvi. Thanks udh mampir :)

Reply

iya ada kak, dari tahun 2016

Reply

wkwkwk iya sist. bhaaay mitos!!!

Reply

Thankyou for visiting my blog. Let's connect & be a friend:D

Cheers,
Ifa

Powered by Blogger.