Inspirasi Bisnis Dari Dua Kodi Kartika


Inspirasi Bisnis Dari Dua Kodi Kartika. Selamat Hari Senin fellas! Selamat kembali bekerja dan beraktivitas. Semoga kamu-kamu semua termasuk #teamwelovemonday ya:D Nah biar Senin-mu makin bersemangat, aku mau sharing tentang Dua Kodi Kartika. Apa sih Dua Kodi Kartika? Nanti akan dikupas tuntas secara perlahan di postingan ini. So, stay tune ya!

Standing banner // photobooth Dua Kodi Kartika


Dua Kodi Kartika.
Apa yang pertama kali terlintas di benakmu saat mendengar Dua Kodi Kartika? Kalau aku sih waktu langsung kepikiran sesuatu yang dijual di Tanah Abang hehehe. Kata-kata ‘dua kodi’ nya itu, lho. Nah ternyata memang nggak seratus persen salah, dan nggak seratus persen benar juga.


Dua Kodi Kartika merupakan film dokumenter mengenai perjalanan membangun bisnis Keke busana muslim oleh Ika Kartika-owner Keke Busana. Saat menonton film ini, kita akan mengetahui dan merasakan perjalanan Ika Kartika memulai bisnis Keke busana hingga sekarang.Istilahnya sih dari nol banget sampai sekarang alhamdulillah sudah mampu menyekolahkan kedua putrinya di luar negeri, memiliki bisnis yang sistemnya sudah terstruktur dan lebih professional, serta memperluas jangkauan Keke Busana sebagai produsen busana muslim ternama nasional.

“Emang ada yah film Keke?”

Jadi alhamdulillah, Kamis malam yang lalu (1 September 2016), aku dan beberapa teman blogger: Nia, Kak Aie, Mamtir Anggi, Uni Dzalika, Ema, Fifah, Aris, dan Risapu berkesempatan menghadiri pemutaran film dokumenter Keke Busana yang berjudul Dua Kodi Kartika: The Heritage of Love di XXI Epicentrum. 

Sebelum menonton ilm, disuguhi dengan alunan lagu nan syahdu
Sebelumnya aku memang sengaja nggak browsing-browsing terlebih dahulu tentang film dokumenter Keke ini. Biar surprise sih ceritanya. Dan satu hal yang membuatku cukup kaget adalah aku nggak menyangka kalau film ini merupakan film dokumenter. Jadi jangan salahkan aku aku ya kalau di awal hingga menuju pertengahan aku masih bertanya-tanya: “Kok filmnya nggak mulai-mulai yah? Prolognya lama amat?” hehehe.

Oke abaikan testimoni awal menonton film di atas. Kita langsung menuju pembahasan filmnya saja ya, guys. Jadi Dua Kodi Kartika ini diadaptasi dari buku berjudul serupa Dua Kodi Kartika: 40 Kisah pembelajaran Hidup Pemilik Keke Busana yang ditulis langsung oleh CEO Keke Busana, Rendy Saputra.  

Kebetulan aku belum membacanya bukunya tapi baru melihat cover belakang buku yang merupakan laman sinopsis dan mini testimoni aku sudah tertarik untuk membacanya. Sepertinya kisah di buku Dua Kodi Kartika sangat menarik dan inspiratif! 

Met the cast, sutradara, dan produser

What I’ve got from this movie?

Balik lagi ke film Dua Kodi Kartika, sepanjang menonton film aku nggak berhenti mendapatkan pelajaran hidup. Tentang bagaimana berjuang untuk mewujudukan mimpi, indahnya silaturahmi, mimpi yang menjadi nyata, hangatnya keluarga, indahnya saling berbagi antar sesama, dan sikap pantang menyerah dan selalu berusaha untuk lebih baik lagi.

Film dokumenter di mulai dengan perjuangan Ibu Ika Kartika saat pertama kali memutuskan untuk resign dari kantor dan memulai bisnisnya sendiri yang diawali dari 40 potong pakaian yang dibeli di Tanah Abang. Uniknya, Bu Ika Kartika sendiri tidak memiliki basic apapun tentang cara berdagang bahkan dunia fashion dan bisnis.

Salah satu scene di film dokumenter Dua Kodi Kartika: testimoni nenek - Ibunya Bu Ika Kartika
Bu Ika justru terinspirasi dari ncus  (baca: asisten rumah tangga) yang bekerja di rumahnya. Wah, Bu Ika ini merupakan sosok nyata bahwa selagi ada nia yang kuat, kerja keras pantang putus asa, dan selalu berdoa pada yang Maha Kuasa, maka akan ada saja jalannya untuk berhasil dan menuai kesuksesan  meskipun tidak instan tapi butuh proses yang panjang.

Ku salut banget sama perjuangan Bu Ika meraih mimpinya. Jadi inget cita-citaku yang (masih) tertunda: jadi fashion desainer dan punya butik serta clothing line sendiri. Semoga someday yah, aamiin. Btw nggak seru dong kalau kamu aku ceritakan secara lengkap film Dua Kodi Kartika tanpa menontonnya sendiri. 

Di sini kamu bisa menonton trailernya ya!



Btw nggak seru dong yah kalau nggak ada bumbu-bumbu konfliknya. Di film Dua Kodi Kartike juga ada konflik antara Bu Ika dan Bu Rus, partner kerja Bu Ika sedari awal membangun bisnis. Untungnya happy ending dan berakhir dengan indahnya silaturahmi.

Kritik dan Saran Dua Kodi Kartika

So far, ceritanya menarik dan banyak pelajaran hidup. Nggak membosankan juga. Ada part yang bikin tertawa dan ada pula yang mengharu biru. Yang menurutku agak ganggu saat menonton sih adalah cara pengambilan gambarnya. 

Ada beberapa bagian yang membuatku sedikit pusing hehehe tapi saat ku kroscek ke temanku aka Nia, katanya memang teknik tersebut memang teknik pengambilan gambar kekinian untuk film dokumenter. Agak kurang nyaman aja sih buatku.

Buku Dua Kodi Kartika bisa kamu dapatkan di toko buku terdekat, guys!
Setelah menonton film Dua Kodi Kartika aku merasa sayang banget kalau perjalanan hidup inspirasional miilik Ibu Ika Kartika dalam membangun Keke hanya tertuang dalam film dokumenter. Kayaknya lebih kece lagi kalau dibuat film lebih profesional dengan mengajak para artis. Pastinya bakalan lebih menarik lagi menontonnya dan penonton akan diajak untuk merasakan sendiri kisah Ibu Ika Kartika. Sekedar saran aja sih ya dariku.

Oiya pasca menonton Dua Kodi Kartika ini aku jadi lebih mengenal produk Keke Busana. Sudah sejak lama sih aku mengenal Keke, tapi sebatas Keke merupakan produk busana muslim ternama dengan segmen anak-anak. Ternyata Keke Busana juga menyediakan busana muslim cantik dengan warna-warna colorful untuk remaja dan dewasa.

Lah, aku ke mana aja ya selama ini? Hehehe

Salah satu produk Keke Busana untuk remaja (sumber: google)
Film ataupun buku Dua Kodi Kartika cocok banget buat kamu yang ingin membangun bisnis, sedang merintis bisnis ataupun sedang kurang semangat dan menemui hambatan dalam bisnismu. Banyak inspirasi bisnis yang bisa kita peroleh dari Bu Ika.

Oiya, ternyata Keke berasal dari kata keukeuh dalam bahasa Sunda, lho. Pengambilan kata Keke dari Keukeuh ini sesuai dengan sifatnya Bu Ika Kartika yang Keukeuh alias pantang menyerah dan berpegang teguh.

Bersama 3 personil Blogger Horeey: mamtir, kakaie, sisteriuz

Akhir kata, aku mendapat banyak pengetahuan serta ilmu baru yang sangat bermanfaat untuk kehidupan dari film Dua Kodi Kartika. Sukses selalu untuk Keke Busana, semoga desainnya meskipun syar’i tapi tetap kekinian ya! Siap banget kalau next time, diundang lagi sama Keke Busana (cc: Aris dan Kang Rendy)

Bersama Blogger Muda Gesrek:Rrisapu, Ema, Fifah, Uni, Aris
Have a beautiful day, guys!

xoxo,
Ifa yang next bakalan post OOTD pake produk Keke

CONVERSATION

33 komentar:

  1. Makasi suda menyebut nyebut namaku, kusayang kamu juga Faa. *kabur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaampun another komen tak terduga dari sisteriuz :p

      Delete
  2. Butiknya Keke ada deket banget rumah aku, selama ini cuma ngira kl produk Keke itu buat anak2 doang, ternyata ngga ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mami Queen akupun baru tau sekarang hihihi :D

      Delete
  3. film yang cocok untuk entepreneur ya :D
    inspiratif, aku baru tau setelah baca postingan ini mengenai film Duo Kodi Katika ini :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Yusi. Aku kira karena dokumenter bakalan bosenin heehe ternyata seruu:D

      Delete
  4. Duh aku jd terinspirasi untuk resign *loh salah* Ditunggu foto OOTDnya hihihi... Aku suka banget sama gaya penulisannya😘

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkkw boleh sist resign asal udah mumpuni #eyaaak

      mamaci Retno 😘

      Delete
  5. Wah ada bukunya yaa.. Covernya keren :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya hana, tapi aku belum sempet baca hehehhe. Hana kalau mau pinjem boleh banget:D

      Delete
  6. Baru tau aku klo ini ternyata film dokumenter yah..

    ReplyDelete
  7. Aku menunggu next post ya, penasaran sama produk keke nya euy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku lagi mikir kapan ya waktu yang tepat buat pake produk Kekenya hehe. Buat sholat Idhul Adha kali ya :D

      Delete
  8. wah baru tahu cerita dibalik label keke yag keukeuh.
    pernah mampir beli rok di ruko yg deket talang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah Mbak Inna heheh. Wah aku malah belum pernah beli kayanya...Adikku sih yang kayanya punya:D

      Delete
  9. Waaa kayaknyaa seru nobarnyaa. Kalau ada nobar nobar selanjutnya ajak aja yaa sist :3

    ReplyDelete
  10. Nobar yang seru ya mbak, dan filmnya sangat menginspirasi sekali :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak hehe worth it banget nontonnya:D

      Delete
  11. Nanti kalian ber 4 ceritain endingnya yaaaa, hahaha. Penasaran sissss..

    ReplyDelete
  12. Jadi terinspirasi untuk memulai bisnis. Thanks mbak atas sharingnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget Mbak Lina. kalau Bu Ika saja bisa, berarti kita juga punya kesempatan yang sama untuk sukses :D

      Delete
  13. aduh serunya nobar bareng.
    Aroma filmnya nyampe banget nih, padahal belum liat trailer atau nonton langsung
    ada bukunya juga ya. Bisnis itu emang perjuangannya wow banget
    thanks telah berbagi Kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Kak. Hehhe iyajadi semangat untuk mengejar mimpi juga:)

      Delete
  14. Inspiring banget. Lucu amat sih, Keke ternyata dari keukeuh. kadang kita mmg harus keukeuh jumeukeuh ya, hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iya Mbak Anne. Nonton filmya komplit banget ada cekikannya, ada haru birunya juga

      Delete
  15. Wah, saya suka kisah zero to hero kayak gini mba. Bikin saya jadi punya energi baru untuk memperjuangkan cita-cita.
    Makasih sharingnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mbak Ety, alhamdulillah kalau bermanfaat:)

      Bener banget akupun jadi semangat lagi untuk memperjuangkan cita-cita tertundaku:D

      Delete
  16. Ternyata bu Ika yang bikin bisnis ini ya, aku sih punya gamis KeKe beli dari online shop semarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya hehe akupun baru tau setelah nonton film ini :D

      Delete
  17. saya kenal nih mba ama anaknya bu kartika.. satu komunitas.. kalo gak salah dia bikin grup macam sekolah bisnis juga deh. di duakodikartika(dot)com kalo gak salah. pas banget tuh buat mereka yang pengen belajar cara pintar dan rasional buat mulai bisnis..

    salut buat bu kartika.. dan anaknya tentunya..

    ReplyDelete
  18. Ayoklah kita OOTD bareng pakai KeKe, siapa tau Horeey jadi modelnya KeKe #aamiin

    Btw, gimana kalau kita bikin cloth line. Cocok lah fa, mamtir passion jualin nya bayik passion design nya dan Horeey jadi one stop butiknya ;)

    ReplyDelete

Thankyou for visiting my blog. Let's connect & be a friend:D

Cheers,
Ifa

Back
to top