Menu
/
Halo! Happy weekend! Kali ini aku mau berbagi racikan morning skincare routineku yang menurutku paling pas buat kulitku saat ini. Dan sejujurnya aku tuh merasa kondisi kulitku lagi dalam keadaan yang terbaik. Ya meskipun problem utama kulitku si komedo masih bertengger dengan pedenya sih ya. Tapi ya itu, kulitku tuh lagi moist banget, lembut, kenyal, dan lagi nggak ada masalah yang berarti. Bye-bye kusam-kusam club juga! So happy!!! Apa sih racikan morning skincareku saat ini? Kuy langsung aja aku sharing morning skincare routine andalanku di tahun 2019!
 
Kok cuma morning skincare routine? Emang cuma skincare-an pagi doang? Jawaban yang sesungguhnya adalah kalau dibikin di satu postingan kepanjangan beb! Kalau aku nggak mager aku bakalan bikin versi night skincare routinenya yah!!! Meskipun pagi seringnya buru-buru, aku tuh berusaha banget buat disiplin sama morning skincare routineku. Tahapannya pun nggak banyak-banyak kok! 6 tahap aja! Buat daily ke kantor aku memang biasa skincarean aja. Makeup cuma lipstick aja karena lipstick adalah koentji muka nggak kumel dan pucat.



Ini dia 6 tahapan morning skincare rutinku yang jadi andalanku di tahun 2019: 
  1. Phyto Niacin Whitening Essence dari Nacific
  2. Power 10 Formula VC Effector with Vitamin C derricatives dari It’s Ski
  3. Mamonde Rose Water Soothing Gel
  4. L’oreal White Perfect Day Cream
  5. Petal Velvet Sunaway SPF 50+ PA++++ dari Althea
  6. Eau Thermale Avene Cold Cream Lip Balm

Pertama-tama sebagian skincare andalanku memang skincare Korea. Kedua, aku tuh bukan penganut paham 10 tahapan skincare dan mesti urut banget ada serum, essence, moisturizer, dkk. Buatku yang lebih penting adalah tahu mana skincare yang cocok buat kulit kita masing-masing dan alhamdulillah skincare yang ku jembrengin di atas so far so  good di kulitku. Mari kita bahas satu-satu ya!

Phyto Niacin Whitening Essence dari Nacific

Essence dari Nacific ini merupakan skincare yang pertama kali aku pakai setelah mandi. Ini aku pakai tiap pagi dan malam. Kalau pagi hampir ga pernah sekip. Kalau malam kadang sekip karena suka ketiduran habis pakai sheet mask hehehe jangan ditiru guys!



Pertama kali beli Phyto Niacin Whitening Essence dari Nacific pas lagi pusing-pusingnya merasa kulit mukaku tuh kusam banget. Pas ngaca melihat muka sendiri tuh nggak banget! Alhamdulillah pas udah dua bulanan pakai essence dari Nacific ini aku merasa mukaku tuh ada peningkatan banget. Jadi lebih cerah, nggak kusam, dan kulit wajah lebih merata. Looove banget! 



Nacific sendiri merupakan singkatan dari Natural Pacific. Biasanya banyak yang pakai yang varian herb essence dan lebih cocok buat kamu yang punya masalah kulit jerawat. Di mana belinya Nacific Phyto Niacin Whitening Essence? Tentu saja di ecommerce andalanku dong di Althea! Lebih murah, original pula. 


Buat harganya sendiri, Phyto Niacin Whitening Essence dari Nacific berukuran 50 ml ini aku beli di Althea dengan harga kurang lebih 125 ribuan. Menurutku cukup affordable sih karena pakenya tuh irit banget. Cukup 3 tetes aja. Untuk bentuknya, karena pakai pipet jadi lebih hemat dan nggak gampang tumpah. Aku udah pakai dari akhir Desember dan baru habis setengahnya. Padahal aku rutin pakai tiap hari loh. So, worth it banget kok dengan harga segitu! Tiga tetes aja cukup untuk satu muka.



Buat wanginya ngga ada wanginya sih cuma masih kecium dikit aja untuk yang hidungnya sensitive kaya aku. Pas pertama kali di aku sih smooth-smooth aja ngga ada tingling sensation atau side effectnya gitu. Untuk warnanya cairan berbentuk bening gitu. Botolnya pun minimalis warnanya bening dengan tutup botol warna putih dari bahan karet yang dilengkapi dengan pipetberwarna bening buat mengeluarkan cairannya. Btw karena bahannya dari botol beling gitu kudu hati-hati banget gengs naruhnya, 



Next, produk selanjutnya yang aku pakai adalah Vitamin C effector dari It’s Skin. Kalau aku lihat sih kaya serum gitu yah.

Power 10 Formula VC Effector with Vitamin C derricatives dari It’s Skin


Jujur aku beli Power 10 Formula Vitamin C effectornya It’s Skin karena penasaran aja. Dan aku tahu sih manfaat vitamin C tuh baguus banget! Jadi penasaran buat nyobain skincare yang mengandung vitamin C. Pas iseng-iseng browsing di Althea dan scroll-scroll nemu ini deh. Dilihat harganya wah oke banget! Lihat reviewnya banyak yang bilang bagus. Jadi kenapa nggak aku coba buat beli? Hehehe. 



Nah si effector vitamin C ini aku beli barengan sama Phyto Niacin Whitening Essencenya Nacific. Ternyata pas dipakai barengan hasilnya combo bagus gitu di kulitku. Kalau essencenya bikin wajah cerah, Power 10 Formula VC Effector dari it’s Skin bikin wajahku tampak merona. Jadi nggak sekedar cerah pucat gitu. I love banget dan makin pede buat bare face aja! 

Gimana sih klaimnya? It’s Skin Power 10 Formula VC Effector ini punya klaim lighten dark spots and brightens your complexion. Jadi bisa menyamarkan noda-noda hitam gitu dan bikin wajah lebih cerah juga. Pas aku baca lagi, nggak cuma kaya dengan vitamin C aja tapi ada ekstrak green teanya dan ada castor oilnya juga. Waw semakin mantap lah aku belinya. Manfaat lainnya dari vitamin C effector ini adalah bikin kulit lebih lembap dan bikin tekstur kulit lebih halus. Kebukti nggak sih klaimnya? IYA BANGET! Itu yang aku rasain di kulitku!!



Nyesel ngga belinya? Tentu saja tidak! Klaimnya beneran aku rasain di kulitku soalnya. Nah selain itu part yang paling aku suka adalah pas pakai Power 10 Formula VC Effector It’s Skin ke mukaku. Wanginya enak banget! Wangi citrus gitu jadi kaya nemplokin orange juice ke muka hehehee. 

Untuk teksturnya sudah pasti berupa liquid tapi agak thick gitu nggak cair banget. Warnanya kuning yang melambangkan vitamin C. Pas dipakai formulanya ringan banget dan gampang banget menyerap ke kulit. Terus nggak berasa lengket dipakenya.



Buat harganya, aku beli di Althea yang ukurannya 30 ml seharga 96 ribu. Aku udah pakai hampir dua bulanan belum ada setengahnya habisnya. Botolnya sama kaya si phyto niacin terbuat dari kaca. Jadi kudu hati-hati juga pas pakai dan menyimpan skincarenya. Untuk modelnya sama juga pakai pipet. Cukup 3 tetes aja udah cukup banget buat semuka dan di tap-tap gitu biar menyerapnya makin sempurna. Worth it nggak sih? Buatku sih Power 10 Formula VC Effector It’s Skin ini worth it banget dan bikin kulitku kalem dan hydrated juga!



Selanjutnya, kita move on ke skincare ketiga. Setelah pakai essence dan serum alias si effector di atas, step selanjutnya yang kupakai adalah mositurizer. Biar kulit nggak dehidrasi beb. Selain pakai aloe vera soothing gelnya Nature Republic, ternyata aku jatuh cinta sama soothing gelnya Mamonde.

Mamonde Rose Water Soothing Gel


Pertama kali beli Mamonde Rose Water Soothing Gel sama juga awalnya karena iseng aja pengen nyobain. Kebetulan pas order ini tuh aloe vera soothing gel Nature Republicku tuh lagi habis. Selain itu, sebelumnya aku nyobain tonernya Mamonde yang varian rose water juga. Sama tonernya aku cocok banget, wanginya pun suka banget. Wangi rosenya Mamonde tuh bener-bener bikin aku relaks dan nyaman banget wangi rosenya. Pas scrolling di Althea nemuin soothing gelnya penasaran terus langsung order deh. Eh ternyata suka banget!



Pas sampai di rumah shock sendiri karena ternyata ukurannya gede banget! Alhamdulillah sih jadi lebih lama pakainya. Total aku udah memasuki bulan ke-empat pakai Mamonde Rose Water Soothing Gel dan sekarang tinggal seperempat botol aja sisanya. Mesti beli bulan depan sih ini. 

Btw selain buat moisturizer suka aku pakai jadi sleeping mask juga. Yang paling aku suka, soothing gel ini tuh meresap sempurna. Jadi pas bangun tidur paginya tuh udah nggak berasa pakai soothing gel karena udah menyerap ke kulit. Suka banget pas bangun kulitku berasa kenyal.



Selain wangi dan cocok sama kulitku, aku suka pakai Mamonde Rose Water Soothing Gel karena ada cooling sensationnya. Berasa dingin-dingin empuk gitu dan nambah mood. Ini dipakai juga sama adikku dan dia juga suka. Recomemmended deh buat kamu coba guys. 

Aku beli di Althea, Mamonde Rose Water Soothing Gel dengan ukuran 300 ml seharga Rp 101,000. Menurutku dengan sizenya yang gede banget, worth it banget sih harganya. Untuk benefitnya sendiri adalah moisturizing dan soothing. Menurutku sesuai sih klaimnya dengan yang aku rasakan. Psst…bisa buat semua jenis kulit juga loh!



Tahap ke-4 dari skincareku adalah udah masuk ke day cream. Di sini aku pakai day cream dari L’oreal yang series white perfect. Sebelumnya aku udah pernah review loh rangkaian L’oreal White Perfect series dari mulai day cream, night cream, sampai essencenya. Alhamdulillah semuanya cocok di aku dan kelihatan progressnya pas pakai rutin. Bisa dibaca dulu yah sebagai bahan pertimbangan kamu buat beli rangkaian ini.

(Baca juga: L'oreal White Perfect Clinical Series Review)

L’oreal White Perfect Day Cream

Sebelum memakai sunscreen, menurutku harus ada jembatannya dulu sih antara kulit yang sudah pakai base skincare ke sunscreennya. Di sini aku pakai day cream. Karena bagiku sunscreen itu step terakhir yang menjembatani makeup dengan skincare. Untuk day cream aku belum banyak pengalaman sih. Day cream pertamaku ya L’oreal White Perfect Day Cream dan itu sebenernya karena job review gitu. Luckily emang beneran cocok di aku. Untuk day cream yang lagi rutin aku pakai lagi sejak akhir desember ini sesungguhnya aku dapetin dari PR Package akhir tahun 2018nya L’oreal. Lumayan menghemat guys.



L’oreal White Perfect Day Cream yang aku pakai hampir tiap hari termasuk Sabtu dan Minggu kalau lagi ke luar rumah yang bukan ke mall doang isinya udah mau habis. Lumayan awet sih karena total udah jalan aku pakai 4 bulan sih dan masih bisa bertahan. Tapi di bulan ini kudu beli sih. Aku udah intip harganya kalau di counter L’oreal di mall harganya 146 ribu sedangkan di Shopee 120 ribuan. Tentu saja sebagai anak hemat aku bakalan ordernya di Shopee aja hehehe.


Teksturnya krim gitu warna putih. Ngeblend di kulit sih pas dipakai. Cukup pakai dikit aja tapi merata di seluruh bagian wajah. Enteng kok pas dibakai dan nggak lengket di kulit. 




Step kedua terakhir adalah sunscreen. Sesungguhnya andalanku untuk sunscreen adalah Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50 yang tentu saja sudah kureview dan sudah ku repurchase lebih dari 10 kali. Kebetulan saat itu sunscreen Biore ukuran normalku habis. Ada nya yang mini travel size tapi sayang buat dipakai sehari-hari karena buat cadangan pas travelling dan di makeup pouch ready to go. Pas banget sunscreen lagi habis eh dikirimin skincare sama Althea yang baru aja ngeluarin sunscreen. Pas dicoba ternyata suka. Jadi dipakai deh sampai sekarang. Maklum nunggu sunscreen Altheanya habis baru deh beli si sunscreen andalanku.


Althea Petal Velvet Sunaway SPF 50+ PA++++


Aku tuh lumayan picky urusan persunscreenan. Pas dikirimin Althea dan dipakai beberapa kali eh ternyata suka! Ya meskipun baunya agak sedikit ganggu sih. Bau kelopak mawar tapi bukan kaya wangi mawarnya Mamonde. Pas aku pakai si Althea Petal Velvet Sunaway SPF 50+ PA++++ langsung takjub sendiri. Ini sunscreen atau tone up cream yah? Jadinya makin jadi andalanku deh karena cukup pakai sunscreen aja udah kaya pakai tone up cream. Super praktis dan efisien!



Aku udah pakai sekitar 5 bulan dan belum habis-habis sih Althea Petal Velvet Sunaway SPF 50+ PA++++ ukuran 55 ml ini. Karena emang pakainya sesedikit itu. Cukup 1-2 kali pencet aja. Di atas aku bilang ini sunscreen tapi kayak tone up cream, jadi jangan kebanyakan pakainya. Bisa keputihan cuy! Di packagingnya ada tulisan moisturize filled sebum control dan meamng hasilnya tuh pas dipakai muka semi matte gitu. Bye-bye wajah minyakan. Mantep sih ini. Kekurangannya buatku cuma wanginya aja yang agak ganggu. Tapi untungnya tetep bisa ditolerir karena aku pakai setiap hari.


Packagingnya gemas gitu warnanya pink dan putih. Bentuknya nggak pasaran meski agak bulky. Buat harganya kalau aku intipin di Althea untuk ukuran 55 ml  harganya Rp 145,000. Cukup pricey sih ya, tapi karena teksturnya meski cair, liquid krim berwarna putih gitu tapi dia tuh sebenernya cukup thick cairannya. Jadi kamu Cuma butuh dikit banget si Althea Petal Velvet Sunaway SPF 50+ PA++++ untuk dipakai ke satu muka. Bahkan aku kadang masih sisa jadi aku retain aja di punggung tangan. 


Menurutku masih oke banget buat kamu cobain si sunscreen keluaran Althea ini.

pas diaplikasiin di tangan

 
Terakhir deh, skincare terakhir yang aku pakai dan menutup rangkaian morning skincare routineku adalah lip balm dari Avene. Aku tuh emang sehari-hari nggak pakai makeup bahkan alis aja jarang sekarang. Well semenjak pindah kantor dan nggak dituntut harus makeup aku emang semager itu buat makeup hehe. Kecuali ada meeting atau ada event baru deh makeupan.

Tapi meskipun nggak makeupan aku tuh pantang banget buat nggak pakai lipstick. Jadi ya tentu saja aku lipstickan tiap hari. Suka gonta-ganti lagi jenisnya. Kadang lipstick, kadang lip tint, kadang lip cream. Jadi menurutku wajib banget pakai lip balm. Biar nggak kering shay.

Eau Thermale Avene Cold Cream Lip Balm


Menutup rangkaian morning skincare routineku, aku tuh biasain rutin pakai lip balm sebelum pakai lipstick. Karena tiap hari selalu pakai lipstick, kesehatan dan kelembapan bibir itu penting banget buat dijaga. Biar nggak cracking, nggak pecah-pecah, dan nggak kering, sebelum pakai lipstick aku pakai dulu Eau Thermale Avene Cold Cream Lip Balm. Sebenernya aku baru nyobain juga sih lip balmnya Avene ini. Dan jujur ini tuh hadiah dari Kak Dilla. Kayanya kalau aku beli sendiri nggak masuk budgetku sih hehehhee!


Selain pakai lip balm aku juga rutin seengaknya seminggu sekali pakai Laneige Sleeping Mask. Biar bibirnya tetep warna pink dan nggak menghitam. Terus bebas dari masalah bibir deh. Kalau aku inti psi Eau Thermale Avene Cold Cream Lip Balm ini harganya Rp 239,000 di Tokopedia. Mahal banget sih ini menurutku. Ya meskipun hasilnya maksimal di bibir tapi aku nggak tega dengan harga segitu sih hehe. So far udah pakai dari desember masih banyak banget sih lip balmnya.



Buat teksturnya sendiri, Eau Thermale Avene Cold Cream Lip Balm warnanya warna putih dan nggak ada rasanya apa-apa sama nggak wangi spesialnya juga. Nggak berasa berat sih di bibit, klaimnya dari cold cream lip balm ini adalah menutrisi bibir, melembutkan bibir, melembapkan bibirm dan menghindari dari bibir kering dan pecah-pecah. Tapi ya mesti banyak minum air putih juga yah. Jujur Eau Thermale Avene Cold Cream Lip Balm tuh enak banget di bibit tapi harganya nggak enak di kantong hehe.

ini dia bagian dalam lipbalmnya, Warnanya putih gitu



Sekian 6 tahapan morning skincare routine yang jadi andalanku di tahun 2019 ini. Overall semuanya nggak bermaslaah di kulitku dan membuat kulit wajahku berasa lebih baik. Aku sih yes untuk repurchase skincare di atas. . Di luar si lip balm yah karena nggak kuat aku tuh.

This is my bare face using my morning skincare routine....

tim mager me'ap ngantor

Ada yang pakai skincare samaan juga nggak kaya punyaku? Boleh dong share di kolom komentar guys! Atau ada yang mau sharing morning skincare routine versi kamu juga?  Boleh banget loh! Siapa tahu bikin aku tergoda juga buat nyoba.



Males makeup boleh, skip skincare jangan yah guys! Inga-inga, ting!

Love,
Ifa yang pengen punya kulit glowing cerah merona 2019.



15 comments:

  1. Lengkap banget iffa reviewnya. Belum ada yang sama dengan aku skin care nya ni hehehe..

    ReplyDelete
  2. Wew skin care lengkap ya mba iffa. Tapi saya senang baca reviewnya komplit.

    ReplyDelete
  3. Nggak heran kulit Ifa kinclong, skincarenya lengkap banget euy!

    ReplyDelete
  4. aku tertarik sama Phyto Niacin Whitening Essence dari Nacific, pingin icip rasanya, btw buat serum Power 10 Formula VC Effector It’s Skin kujuga pake.. selain yang whitening itu lho.. aahh sehati kita

    ReplyDelete
  5. issshhhh beneran merona loooh kulitmu mba :). cocoook memang skin carenya :). pada dasarnya kulitmu jg udh keprotect banget krn ada serum, vit c, moisturizer dan sunscreen. apalagi rutin dipake ;).

    aku sendiri ritual skin carenya utk pagi hari hampir sama. Facial wash, toner, FTE SKII, spot essence skii, eye crem skii, moisturizer skii, trakhir sunscreen skii. baru deh bedak.

    tp utk siang hari kalo abis wudhu, aku semprotin juga Spray FTE nya skii supaya kulit seger lagi. seminggu sekali pake sheet masknya juga. Trus kalo aku kurang tidur, ada krim sleeping mask skii yg ampuh banget bikin kulit ga kusam walo tidur cm bntr.

    utk malam ritualku ampir sama, hanya FTE nya aku ganti yg spray khusus utk malam kluaran skii juga. :D. itu aja sih..

    ReplyDelete
  6. Kalimat terakhirnya, duh... Ngerasa aku ya males makeup ya skincare jg, huhu... Paling banter moisturizer aja.
    Pantesan Mbak wajahnya glowing, ternyata disiplin skincare routine

    ReplyDelete
  7. Penasaran euy sama Nasific, harganya murah dan awet juga ya. Jd sebotol itu bisa dipake 4 bulanan x ya mba. Semoga kulitnya makin bagusss yaaa, tar ak bkn skincare routine jg ahhh hihihihi

    ReplyDelete
  8. semua skin routine di atas nggak ada yang aku pake..hihihi..tapi udah lama pengen nyobain mamonde. Buat oily skin cocok juga kah?

    ReplyDelete
  9. Banyak banget skin care yang dipake ya mbak... Saya sih kalo mau keluar rumah di pagi hari cukup day cream + BB cream, trus langsung bedakan deh, hehe...

    ReplyDelete
  10. Mamonde Rose Soothing Gel-nya bikin penasaran! Harganya reasonable ya, duh udah lama ngga jajan di Althea. Mungkin ini waktunya, hihihi.

    ReplyDelete
  11. Penasaran banget udah sering liat si Phyto Nacin seliweran tapi ga pernah sempet cobain haha.

    ReplyDelete

Thankyou for visiting my blog. Let's connect & be a friend:D

Cheers,
Ifa

Powered by Blogger.