THE INTERNSHIP

Halooo!!!! Balik lagi akhirnya bikin postingan di blog. Hurray!!!!
Sedih deh bulan April cuma bisa posting 3 blog post. *failed*

Seperti sudah aku janjikan di salah satu postingan instagramku, aku akan sharing tentang kegiatan magangku di Clozette Indonesia. Jadi, judul postingan kali ini bukan judul film baru ataupun judul drama korea yang lagi aku tonton. The internship di sini means kegiatan magangku di Clozette Indonesia periode Januari-April 2016. Yup, tiga bulan!

Okay, check this out ya!

Foto saat event Clozette bersama Lancome di PIM. Hayo siapa yang datang?


prolog....

Jadi awalnya aku yang saat itu baru aja selesai sidang, setelah bergelut dengan skripsi berbulan-bulan lamanya, lagi melakukan kegiatan favoritku, scrolling timeline instagram (boleh follow ig-ku : imusyrifah). Kebetulan memang aku sudah follow instagram ClozetteID dan pernah mengikuti acara Blogger Babesnya juga waktu di Intercontinental Hotel. Remember my blog post about it? (Baca juga : Blogger Babes Gathering ) 

Nah pas lagi kepo-kepo ternyata ada lowongan internship gitu. "Okedeh boleh dicoba", pikirku saat itu.
Psst, jadi memang cita-citaku dulu adalah magang dulu selepas kuliah. Well, meskipun saat itu sih rencananya memang pengen banget magangnya di GoGirl! Magazine ( Yah, masih obsesi banget gitu ceritanya, kalo sekarang sih ku sudah merelakan :'DDD). 

Balik lagi ke lowongan magang, ternyata yang dibuka adalah divisi Marketplace, which is menghandle Clozette SHOPPE. Hayooo udah ada yang pernah belanja via Clozette SHOPPE belum? kalau belum, boleh lho, dicoba. Banyak lho, produk-produk kece dari dalam dan luar negeri. Cuss deh belanja! :D Banyak juga promo-promo menarik dari Clozette SHOPPE yang bekerja sama dengan Berrybenka atau Hijabenka.

Setelah melihat jobdesknya apa, saat itu aku pun mencobanya dan mengirimkan CV serta application letter. Ya boleh lah ya dicoba? Sebulan, dua bulan, okey nggak ada panggilan apapun. Sempat kepo ke temenku yang bekerja di Clozette, Cynda, kata Cynda sih tunggu aja kalo memang aku terpilih sebagai kandidat maka akan dihubungi.

And the day comes.... Lupa tanggal berapanya tapi di bulan Desember 2015, aku dipanggil untuk interview, saat itu kantor Clozette masih di Menara Gracia. Karena belum familiar dengan daerahnya ya sudah ku percayakan dengan babang gojek. Alhamdulillah ku bisa sampai lebih awal di kantor bernuansa pink di ruang tunggunya. Sesi interview berlalu, ada semi tes nya juga sih. Dan yaudah byee, waktu terus berlalu dan belum ada kabar. Aku kira, mungkin memang belum rezeki. Ya sudah mari kita move on. And finally....di awal Januari aku mendapat panggilan dan diberitahukan bahwa terhitung 11 Januari 2016 aku sudah terdaftar sebagai anak magang. Horray!!!
My Very First Fashion Friday! :DDD

Apa sih Clozette Indonesia?

Kalau kamu aktif di socmed dan suka dengan fashion & beauty pasti sudah kenal dong ya dengan Clozette Indonesia? Okey aku jelasin ya. Jadi, Clozette merupakan fashion social network pertama di Indonesia yang dikhususkan untuk para wanita yang menyukai fashion dan beauty. Di sini, kamu bisa mendapatkan banyak informasi dan inspirasi untuk style terkini dan tren update terbaru mengenai fashion, beauty, dan hijab. Kamu juga bisa berbagi personal style kamu, make up haul, ataupun gaya hijabmu. Intinya bisa sharing dan mendapatkan informasi.

Psstt..setiap bulannya juga Clozette Indonesia mengadakan event lho. Don't miss it! Selain mendapatkan informasi baru, teman baru, kamupun bisa belanja lho di Clozette Indonesia melalui Clozette SHOPPE! Lengkap kan yah? All you want is here! So, buat kamu pecinta event, fashion, beauty, hijabers dan juga blogger, jangan ragu untuk bergabung dengan Clozette Indonesia sebagai member. Jangan lupa download appsnya di playstore dan app store!

Eits, ini bukan promo berbayar kok. I'd just like to share :DDD

The jobdesk.....

Jadi ada beberapa teman juga yang sering bertanya ke aku, "Kerjaan lo di sana ngapain aja sih?"
Nah jadi aku magang di divisi Marketplace sebagai Marketplace Content Specialist. Tugasku setiap harinya adalah membuat konten alias status-status untuk social medianya Clozette Indonesia, tapi khusus untuk bagian Clozette SHOPPE. Status di sini merupakan konten informatif mengenai sebuah jenis produk, misalnya jumpsuit.

"Jumpsuits bisa jadi andalan kamu untuk tampil effortlessly stylish. Cukup dengan satu fashion item saja, kamu akan terlihat modis. Sempurnakan penampilanmu dengan kalung simpel. Belanja jumpsuits dengan model terbaru yuk di #ClozetteSHOPPE!"
Nah, contohnya seperti di atas. Setelah membuat status atau copynya. Tahap selanjutnya adalah memilih gambar yang tepat. Memilih jumpsuit yang menurutku menarik dari koleksi jumpsuit yang ada di ClozetteSHOPPE. Jadi, ketika statusnya sudah dishare di social medianya Clozette seperti twitter, instagram, Clozette APP & website, facebook, dan BBM channel, readers bisa langsung mengklik link dan sampai ke halaman khusus jumpsuit. Tinggal cus belanja deh!

PS: jangan lupa di klik kakak-kakak kalau menemukan status bertagar ClozetteSHOPPE. Bisa jadi produk fashion & beauty impianmu ada di link tersebut. Jangan lupa juga di love yah kakak :DD *promosi*

Selain itu, aku pun bertugas untuk membuat style report berisi artikel tentang tren terkini, tips&trick, serta padu padan yang tepat untuk sebuah gaya, misal denim on denim atau spa at home. Artikel yang ada di style report sudah dilengkapi dengan produk pilihan, lho. Jadi bisa langsung klik dan belanja deh. Cus!
Ceritanya ilustrasi ini mewakili jobdesk aku gitu ya. Ada skin care, make up, fashion & clothing, shoes, bags, accessories, and all beauty product!

Next, how about the ambience? the work environment? work partner?
Ini juga merupakan salah satu pertanyaan yang sering aku dapatkan. Jawabannya adalah feels like home! Pada baik-baik semua, nggak rese, dan welcome banget meskipun statusku saat itu adalah anak magang. Nggak ada deh ceritanya disuruh fotokopiin sesuatu ataupun bikin kopi. Anaknya asik-asik dan nggak rese. Oiya aku mau cerita, jadi setiap jumat di awal bulan, di Clozette ada sebuah tradisi unik yaitu fashion friday. Di hari itu, kita wajib memakai dress code yang sudah ditentukan. Kalau nggak, berarti dapat hukuman menyediakan snack untuk satu kantor selama seminggu penuh. Gemes yah? 

Dan waktu terus berlalu. *cailah* Tiga bulan rasanya berlalu begitu cepat. Banyak momen seru dan berkesan selama aku magang di Clozette Indonesia. Banyak juga pelajaran baru, ilmu baru, dan skill baru yang aku dapatkan dari Clozette Indonesia. Working was so fun, here! And now....alhamdulillah. Aku sekarang sedang menjalani masa percobaan. Now I'm officially on probation time as Clozette Crew. Semoga yah aku lulus. Doakan-doakan, gaes! Aamiin :DD

By the way, sekarang Clozette Indonesia lagi berulang tahun, lho! TWOnderful Journey for Clozette Indonesia. Jangan lupa ikutan challengenya! Banyak banget hadiah-hadia yang super worth it banget. Jangan sampai ketinggalan gengs!!! Cek-cek instagramnya ya!!!

Do what you love and getting paid is a real happiness. Happy birthday dear Clozette Indonesia!!!!

By the way, happy long holiday!!!

KISSES.
Ifa

CONVERSATION

7 komentar:

  1. Wah ifaaa seru yah kayaknya, ternyata lanjut ke probation. Semoga lancar ya prosesnya! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah hehe. Makasih Retno!Aamiiin:DDD

      Delete
  2. Saya sudah 3 tahun terakhir ini kurang produktif ngeblog di bulan April. Aneh memang.. hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waww...bisa gitu ya. Tanya kenapa ini sih judulnya? hehe thankyou udah mampir!:)

      Delete
  3. Keren anet sih neng ipah clozette. Semoga lancaaar.. btw yg lancome aku, aku,aku datang lhooo..hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mamacih sister hitz lisnatuljannah~~~ Terimakasih juga sudah mendengarkan curhatanku jaman awal magang hihi

      Delete

Thankyou for visiting my blog. Let's connect & be a friend:D

Cheers,
Ifa

Back
to top