Menu
/
Momen mudik merupakan momen setahun sekali yang paling ditunggu-tunggu. Momen berkumpul dengan sanak saudara setelah bekerja kerasa di perantauan, dan momen mempererat silaturahmi yang renggang ditelan kesibukan. So, nggak ada salahnya untuk memberikan yang terbaik di momen spesial ini. Di postingan fashion kali ini aku mau berbagi Tips dan Trik Memilih Outfit Mudik yang tepat, nyaman, nggak too much tapi anti salah kostum. 
Here we go!



Mudik identik dengan perjalanan panjang. Entah menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Mudik juga erat dengan kemacetan dan panas-panasan. So, penting banget memilih outfit yang nggak bikin kita rewel, guys! Selain memilih bahan yang nyaman, menurutku memilih outfit dimulai dari jumlah outfit yang kita bawa. Jumlah outfit ini mengacu pada berapa lama kita mudik, berapa lama di perjalanan, dan berapa lama kita stay di kampung halaman. Satu poin lagi yang nggak boleh ketinggalan adalah memungkinkan nggak ada proses cuci-mencuci baju. Kan gamungkin ya bawa outfit kelewat ngepas kalau nggak ada kesempatan cuci baju sama sekali?

Pilih Outfit Berbahan Dasar Kaos

Outfit yang aku pakai selama perjalanan adalah berbahan dasar kaos yang menyerap keringat. Modelnya simpel aja tapi ada statementnya. Di sini aku memilih outfit untuk atasan berupa kaos dengan detail color block, perpaduan warna hijau toska dan hitam. Simpel dan casual banget tapi nggak monoton.

Selain di perjalanan aku juga pakai bersilaturahmi ke saudara ayahku dan sempet main ke sawah juga. Ini pas untuk cuaca panas juga. Nggak lucu kan ke sawah pakai baju bahan suede atau organza? Saltum banget, gengs! Too much dan nggak pantes aja gitu kan ya. Nggak lucu juga silaturahmi ke pedesaan di siang bolong pakai outfit berbahan wol tebal. Kecuali di daerah yang dingin sih gapapa ya.

Gapapa backlight yang penting main ke sawah~~
Ternyata nggak ada foto OOTD buat look yang ini.
Mianhae guys.......

Sesuaikan Outfit dengan Occasion

Rules nomer 2 untuk Tips dan Trik Memilih Outfit Mudik adalah sesuaikan dengan tempat yang kita datangi serta pilihlah bahan outfitmu sesuai pada tempatnya dan keadaan masyarakat sekeliling. Jangan sampai salah kostum karena memilih busana tidak pada tempatnya.Memilih bahan baju yang tepat sesuai momen juga pentiiing banget! Jangan sampai outfitmu merusak momen.

Selain baju kaos yang santai, aku juga membawa baju yang proper untuk datang ke momen yang penting ataupun berjalan-jalan. Istilahnya baju yang bagus tapi nggak lebay dan tetap nyaman. Biar pas difotonggak malu-maluin gitu.Nah di lebaran hari ketiga aku berkeliling silaturahmi ke keluarga besar ayahku. Aku memadukan outfit berbahan chiffon dengan motif floral dengan dress tanpa lengan berwarna coklat muda.




Sedia Payung Sebelum Hujan 

Tips dan trik selanjutnya untuk memilih outfit yang tepat saat mudik adalah mix n match outfit yang tepat sesuai cuaca. Jadi sediain aja outfit yang bisa dipake pas panas-panasan, dan sediain juga jaket jeans kalo tiba-tiba kedinginan. Jaket jeans adalah penyelamat outfit di saat mager. Kalau kamu berencana ke daerah pantai nggak ada salahnya sih bawa baju renang. Sesuai yah dengan pepatah, sedia payung sebelum hujan. Mending effort daripada repot.

Outer to The Rescue!

Karena perjalanan mudik 2018ku adalah road trip Jawa Timur- Jogja dan kembali ke Jakarta, aku juga sedia outfit yang bisa pasangcopot alias kutungan di dalam mobil tapi pas keluar mobil nggak ribet langsung ready to go. Untuk situasi dan kondisi seperti ini, outer to the rescue! Untuk outfit simpel anti gerah dan nggak pakai ribet aku memadukan atasan tanpa lengan hitam berbahan adem (model tanktop gitu) dengan outer berwarna putih berbahan cerutti. Anti panas-panas club deh! Di mobil tinggal buka outernya aja.

Buat kerudungnya aku pilih kerudung segiempat berbahan voal yang gampang dilepas pakainya. Intinya untuk outfit mudik pilihlah yang bahannya nyaman, nggak cepet lecek, nggak panas, nggak ribet, casual, tapi fleksibel untuk berbagai occasion, nggak salah kostum, dan nggak berlebihan. Tetap stylish jadi poin tambahan sih. Yang penting tetap sesuai dengan style kamu.


forever fav: simple and casual outfit!

Selain memilih outfit yang tepat, memilih tas yang tepat juga menambah poin lebih. Aku sih udah kepo-kepo dan punya tas incaran yang masuk to buy wishlistku: tas merek massilca. Banyak variasi tas merek massilca yang bisa kamu pilih sesuai dengan style kamu. Kalau mau beli tas koper juga bisa.

Tapi untuk mudik sih nggak perlu gede-gede. Kecil tapi fashion statement, kamu bisa pilih tas merek massilca yang jenis sling bag dengan ukuran yang nggak terlalu besar ataupun terlalu kecil. Btw untuk alas kaki, selalu sedia sendal jepit yah. Sendal jepit to the rescue!! Untuk bad situation kayak ke kamar mandi umum, becek, atau hujan, sendal jepit adalah pilihan terbaik. Ya kaaan?. Dan sediakan lagi boleh sepatu sandal, boleh sepatu untuk alas kaki yang lebih proper.

Semoga bisa tips di atas bisa jadi referensi buat mudik selanjutnya ya guys! 


my comfort zone: outer & sling bag

Sekian tips dan trik memilih outfit mudik ala aku. Semoga bisa bermanfaat ya. Biar lebih enak sih kamu bikin list dulu tuh sebelum mudik mau kemana aja, ngapain aja, dan berapa lama. Baru deh dipikirin outfitnya. Effort lebih bukan masalah karena momennya pun super spesial. Ya kaan? Bonusnya bakal lebih terlihat kece saat difoto gengs! Lebaran dan mudik nggak bisa lepas dari fefotoan kan buat kenang-kenangan? Namanya libur lebaran ya sedikit banyak adalah ya jalan-jalannya. Betul?

Tentunya habis mudik semangat sudah terrecharge dan jadi lebih semangat menghadapi rutinitas dong ya. Selamat bekerja kembali, gengs!

Cheers!

XOXO,
Ifa yang udah kangen liburan lagi



8 comments

Wow sis sekarang semakin merambah jadi fesyen blogger ya 😍 kece banget outfit-outfitnya. Bahan kaos emang paling juara apalagi ke Kota yang terkenal panas. Itu tasnya juga cucok sis, praktis, nggak ribet. Aku juga sekarang lebih sering pakai sling bag deh 😁

Reply

Junjunganque ini mah keceh bener, tumben make coklat biasanya pastel colors yang fun ^^ semakin dewasa makin kalem tapi tetep signature-nya Ifa nggak hilang ^^

Reply

Ifa kamu kok seger banget sih wajahnya. You look so happy!

Reply

Ifaaa seger banget, seneng lihatnyaa :D
Iya bener bikin list dulu, biar gak kebanyakan bawaan juga yaa

Reply

iyah kaak biar bawanya cukup tapi ga kurang juga :D

hehhee makasih kaaak!

Reply

hihi maaci bebekuuu kan kayak kamu seger! #tsah

Reply

maaci mamtoor jungjungankoe jugaaa hehehehe iya nih lagi suka pake earth tone color aku

Reply

maaci sistuuur hehhee iyanih sekalian emang demen foto2 why nit ngga bikin postingan juga... #eaaa

Reply

Thankyou for visiting my blog. Let's connect & be a friend:D

Cheers,
Ifa

Powered by Blogger.