Menu
/
Hola manteman! Di postingan kali ini aku mau mengangkat tulisan dari section travel. Akhirnya yah! Cerita dikit nih guys, meskipun Bandung nggak jauh-jauh amat dan dalam setahun pasti ada aja ke Bandungnya, bukan berarti bisa menjelajah sepuasnya. Salah satu tempat wisata yang pengen banget aku datangi dari list visit Bandungku adalah The Lodge Maribaya. Well, siapa sih yang nggak pengen ke sana? Apalagi kalau scrolling timeline instagram dan nemuin postingan teman yang lagi main ke The Lodge Maribaya. Duh, bikin mupeng!!

And finally I can unlist my wishlist! Jadi pertengahan November lalu, aku dan teman-teman kuliahku yang tergabung dalam Sengklek memang sudah merencakan buat Arisan di Bandung sekaligus nengok Mbak Yuni si Bos Cimory. Setelah menyusun itinerary mau ke mana saja selama di Bandung, alhamdulilah bisa terselip nih buat main ke The Lodge Maribaya. Hooray!!!


Sekilas tentang The Lodge Maribaya


Kenapa sih pengen ke The Lodge Maribaya? Jujur aja karena main ke The Lodge Maribaya merupakan salah satu goalsku guys! Hahaha!! Maafin anak millenials ini yah guys~ Asli deh foto-foto yang main ke sana tuh bagus-baguuus banget. 

Kalau dilihat dari postingan di instagram yang ngetag dan pasang location di The Lodge Maribaya tuh bagus pisan pemandangannya. Sebelum datang ke sana, bayangan awalku sih udaranya bakalan seger banget dengan dikelilingi sekitarnya yang serba hijau-hijau. Mirip-mirip waktu aku main ke Kalibiru di Yogyakarta.

Seperti yang kamu ketahui juga guys, kalau The Lodge Maribaya kaya akan spot-spot kece yang instagramable. Sebelum melangkah ke referensi spot-spotnya aku mau jelasin dikit tentang kawasan wisata The Lodge Maribaya ya!

setelah membeli karcis, kita akan memasuki gerbang ini untuk menuju wahana

The Lodge Maribaya terletak di kawasan Lembang. Buat menuju ke sini ada dua alternatif jalan sih bisa lewat Dago bisa lewat Lembangnya guys. Pilih aja yang lebih dekat dengan lokasi kamu menginap yah!

Buat lokasi lengkapnya, The Lodge Maribaya berada di Jalan Maribaya N0 149/252 RT 3 RW 15 Babakan Gentong, Cibodas, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, 40 391. Nah sebagai generasi zaman now, lebih gampang sih ikutin pentunjuk dari google maps atau waze ya guys. Karena kemarin sih aku juga gitu. 

Berada di kawasan pegunungan, jadi jalan menuju The Lodge Maribaya memang berkelak-kelok, naik-naik, dan cukup curam ya guys. So, pastikan mobil yang dipakai dalam kondisi yang prima. Kalau naik motor sih aku kurang menyarankan ya guys, soalnya watir apalagi kalau hujan. Kecuali kalo kamu udah pro yah dan menguasai medan.
viewnya asyik yah hijau-hijau gitu.

Udaranya sejuk dan viewnya bagus. Cuma ya kalau siang terik tetap panas yah guys. Meksipun panasnya Bandung beda sama Jakarta yah. Kalau di Bandung tuh meskipun panas masih ada sepoi-sepoinya.

Setelah menyewa mobil akhirnya berangkatlah kami dengan formasi kurang lengkap, yaitu aku, Dira, Yuni, Anna, dan Nay. Kurang Busui Dinda nih. Semoga next trip bisa kumpul secara lengkap dan udah bersama pasnagan masing-masing. Tsah!

Fasilitas yang ada di The Lodge Maribaya


Nggak hanya menawarkan spot-spot kece untuk berfoto yang super instagramable, seperti kebanyakan tempat wisata lainnya, The Lodge Maribaya juga menawarkan tempat untuk makan, tempat ibadah, cafe, parkir, dan toilet. Selain itu ada juga lho tempat buat outbond, wedding venue, dan glamping (glamour camping). Jadi bisa camping manja ala-ala gitu guys. 

Buat tempat pernikahannya menarik sih konsep outdoor dan garden party gitu, cuma aku sih kasian sama undangannya hehhee jauh pisan dan macet buat menuju ke venue. Nggak disarankan juga buat ngadain resepsi di musim hujan. Yang ada bubar jalan.

sumber: instagram the Lodge maribaya. kayak gini nih guys glampingnya~

Next, kita mengulas secara lengkap tempat-tempat mana aja sih yang asyik buat berburu spot foto instagramable yang hits dan kekinian pas main ke The Lodge Maribaya!


6 spot instagramable di The Lodge Maribaya


Setelah aku hitung-hitung, ternyata ada 6 spot nih guys yang cuamik banget dan instagramble banget di The Lodge Maribaya. Spot-spotnya adalah sebagai berikut: gantole, hot air balloon, sky bike, sky swing, sky tree sama bamboo sky.

Berikut penjelasan singkatnya yah, kalau hot air balloon itu spot foto di balon udara gitu. Jadi kalau mau foto ala-ala naik balon udara nggak perlu jauh-jauh ke luar negeri guys. Berfoto di hot air balloon pas kamu main ke The Lodge Maribaya udah cucmey kok! (Baca: cucok meyong. Bahasa gaul anak zaman now).  Buat kamu yang suka tantangan yang challenging gitu, saranku wajib coba gantole sama skybike. 
spot hot air ballon alias balon udara
Biar ada foto bareng yang cucmey yang dijepretin abangnya, aku dan teman-temanku memutuskan untuk menaiki wahana hot air ballon. Selain memang pengen, biar ada kenang-kenangan gitu foto bagus yang bareng-bareng. Karena meskipun Dira bawa kamera tetap aja ya nggak semua orang yang dimintain tolong bisa motoin dengan baik dan bagus hasilnya.

Gantole ini berbentuk paralayang gitu guys, cool banget sih ala-ala penerjun gitu. Nah karena cuma spot foto aja, jadi bebas bergerak dan bebas berekspresi karena gantolenya nggak beneran terjun beneran gitu. Alias nggak melayang-layang di udara. Tapi tetep lumayan ngeri-ngeri sedap sih yah.
spot gantole dan bamboo sky

Kalau sepeda layang alias sky bike sih meskipun spot foto tapi ada effortnya gitu ya guys, kita beneran pake alat-alat keamanan dan beneran naik sepeda di udara meskipun ditarik pake tali gitu. Cukup challenging dan ada effortnya. Tadinya aku dan teman-temanku tertarik banget buat nyoba spot ini. Sayangnya antri buat fotonya aja paling cepet 2 jam guys. Mundur pelan-pelan deh kita.

Next, spot foto yang nggak kalah instagramable  yaitu sky swing. Jujur selain hot air balloon, spot ini nih yang paling menarik perhatianku dan jadi goals foto aku hehe. My favoritr spot, so far. Yap swing swiing di atas ayunan!! Meskipun nggak diayun tapi cukup challenging lho guys karena memang kita naik beneran ke atas ayunan di atas ketinggian gitu.

Sisa wahana bamboo sky dan sky tree aku kurang tertarik sih karena aku udah pernah fefotoaan di spot yang mirip di Kalibiru Yogyakarta. Kalau di Kalibiru asli challenging banget dan manjat-manjat banget. Kalau spot yang mirip di the Lodge Maribaya nggak serem sih naiknya. Buatku yaah. Pendek soalnya guys.

Next kita move on ke ticketing yah. bagian ini pasti juga kalian tunggu-tunggu kan guys? :p

Tiket wahana The Lodge Maribaya


Buat tiketnya beda-beda nih guys antara weekday dan weekend. Seperti biasa weekend lebih mahal ciyn! Untuk weekend tiketnya dibandrol seharga 25.000 sedangkan tiket untuk weekday seharga 20.000. Tiket masuk The Lodge Maribaya ini bisa ditukarkan dengan minuman yaitu milo ataupun lemon tea.

Saranku tukerin pas pulang aja. Kan udah capek dan haus tuh. Pas deh buat nukerin tiket sama minuman yang dingin-dingin.

Nah, ternyata nih guys tiap wahana tuh ada tarifnya masing-masing gitu huhu. Wahana-wahana yang kurang challenging kayak sky tree, bamboo sky dan hot air ballon tiketnya Rp 20.000 sekali antri. Sedangkan buat wahana yang challenging kayak sky swing dan aky bicycle dibandrol dengan harga Rp 25.000. Lumayan yaaah...

Berfoto di depan spot gratisan yang nggak kalah ramai peminatnya

Nggak cukup di situ guys, memang sih ya kalau kita antri dan naik wahananya ada fotografer yang profesional banget yang hasil fotonya baguuus banget bikin banyak-banyak bilang subhanallah masyaAllah saking bagusnya, yang siap menjepret kita dan kita tinggal bergaya aja sih. Klik klik klik pose sekitar 8x-10x gaya. Asyik sih yah dapet foto yang bagus banget hasilnya. Tapiii masih ada yang bikin sedih nih.

Eng...ing...eng...

Ini dia yang bikin sedih. Kalau mau ngesave fotonya, ada biayanya lagi nih guys yaitu Rp 10.000 per foto. Oiya ngesavenya tuh bakalan dikirim pake share it, jadi mending download duluan yah aplikasinya di playstore. 

Nah kan lumayan banget tuh. Demi budget wise, biar uangnya bisa dipakai yang lain, aku dan teman-temanku memutuskan untuk menaiki 2 wahana saja yaitu Hot Air Balloon dan Sky Swing. Tadinya tertarik sama si sepeda, Berhubung antrinya lama banget. Yaudahlah. Bhay!
Geng Bandung yang kurang komplit. Dari kiri: Anna, Yuni, Dira, Aku , dan Nay
Untuk tiap wahananya, waktu antrinya sekitar 45 menit (paling cepat) sampai 2 jam. jadi memang mesti sabar-sabar yah guys dan buat kamu yang mau datang ke sini dan mau punya koleksi foto hits kekinian kudu sabar antri yah. Kalo misalnya kamu tipe yang gengges dan malas antri sih saran aku mending nggak usah ke sini. karena nanti kamu kesal sendiri. Untungnya aku dan teman-temanku tipe yang slow santai. Jadi, nggak masalah deh antri.


Tips biar hemat saat main ke The Lodge Maribaya


Apaan sih dikit-dikit bayar deh...

Buat kamu yang mau main ke The Lodge Maribaya, aku mau kasih tips nih biar tetap hemat sesuai pengalamanku main ke sana. Karena biar bisa foto aja udah bayar, tips pertama yang aku sarankan adalah bawa kamera sendiri. Handphone canggih pun tak masalah tapi kalau ada kamera lebih baik sih. Jadi foto yang dihasilkan nggak kalah kece sama yang difotoin mamang-mamangnya. Jangan sampai lowbat yah!
sky swing. lets swing swing swiiinggg! Hasil foto mamang-mamangnya nih. emang kece sih!
Biar hemat, bikin budget maksimal yang mau kamu habiskan saat main ke The Lodge Maribaya. Bikin jatah berapa yang bisa kamu habiskan untuk berfoto di spot yang kamu inginkan dan menyimpan foto hasil jepretan mamang-mamangnya. Jadi kalau udah ada budgetnya kamu bisa bikin prioritas deh spot mana aja yang mau kamu naikin. Kalau saran aku sih maksimal 3 spot foto saja. Buat menyimpan fotonya maksimal 3-5 foto saja paling banyak. Idealnya 3 foto sih.

Meskipun punya foto yang kece kamu nggak bakal kena kanker alias kantong kering deh. Karena foto yang banyak dan sepuasnya pakai kamera sendiri. Hihi.

Tips kedua adalah sedia payung dan pakai sendal atau sepatu yang nyaman. Berhubung jalannya berundak-undak dan naik turun, aku sih nggak menyarankan kamu buat pakai heels atau alas kaki yang bikin repot pas jalan yah guys. Bisa-bisa kamu jatuh dan tergelincir deh. Pilih yang nyaman biar nggak cepet cape juga. Ada sih teman bloggerku Kak Kania yang super kece foto di sky swing pake heels. Nah kalau ini Kak Kania baru ganti pas mau naik ayunannya yah. Tapi saran dariku sih pakai sneakers aja atau sepatu sendal yang nyaman.

biarpun ngantri kudu tetep happy ya!!

Kenapa sedia payung? Karena takut hujan guys. Selain itu bisa dipakai juga kalau pas lagi panas banget.

Tips ketiga alias terakhir dari aku adalah bawa snack secukupnya, tidak dalam kondisi kelaparan, dan bawa cadangan minum. Namanya tempat wisata maka harga makanan dan minuman ringan akan melambung ya guys. Nah kalau pergi bareng-bareng lebih baik bawa satu tempat minum sih buat minum barengan. Jadi meskipun jajan nggak tekor-tekor amat. Karena jalannya naik turun, dan lumayan banyak jalannya jadi better datang ke The Lodge Maribaya jangan pas lapar yah. Bisa-bisa kamu cranky guys. Belum lagi antri. Yang ada bad mood deh.

Overall, aku sih nggak nyesel main ke The Lodge Maribaya. I'm soo happy!! Apalagi udah nggak penasaran dan dapet stok-stok foto yang super kece. Lelahnya ngantri terbayarkan deh. Untungnya main ke sini bareng temen-temen super kece yang enjoy aja meskipun ngantri. Justru bisa jadi banyak ngobrol kesana kemari yah.

Kalo ini foto yang difotoin Mbayun pake kamera Dira. beda tonenya sih tapi tetep suka:)

Kalau dari aku sih The Lodge Maribaya ini recommended buat didatangi bareng sahabat, orang-orang terkasih, sister date, sepupu, kekasih, ataupun buat yang baru abis kewong dan mau nambah stock foto post wedding. Buat pre wedding nggak disaranin sih ya. Yang ada makeupnya keburu luntur ciyn dan keburu bete. Buat datang sekeluarga yang bawa anak kecil atau orangtua kamu nggak betah antri sih mending nggak usah aja sih menurutku. Kalau bad mood kan nggak happy.

Oiya, kayaknya datang pas weekday lebih ga antri yah. Antrinya sepertinya lebih manusiawi.

Sekian sharing pengalamanku main ke The Lodge Maribaya. Buat kamu yang kebetulan ke Bandung jangan lupa mampir ke sini yah!!

Main ke The Lodge Maribaya udah. Next masih ada kawah putih yang ada di wish list aku hehehe. Dan masih banyak spot yang pengen didatangin lainnya!

Postingan Bandung selanjutnya adalah berburu kuliner halal di Sudirman Street dan hunting foto yah di Sudirman Street. Sampai jumpa di edisi explore Bandung berikutnya! Habis ini kayanya mau gantian cerita pas travelling ke Belitung. Udah mulai loh posting pembuka pas visit belitung. Bsa dibaca ya: 3 spot OOTD kece di replika SD Laskar Pelangi.

Thank for great experience Bandung.
Nuhun pisan  Bandung yang selalu ngangenin.

Luv, 
Ifa yang butuh liburan
20 comments

seru bangett...asli bikin mupeng...

Reply

Kayanya nih fa, mamangnya pas rekruitmen emang diuji kemampuan fotografinya dulu haha

Reply

Tempat ini cocok buat yg suja wisata foto, not for me. Haha. Aku pas ke sana shock ama antrian fotonya. wkwk

Reply

Well noted. Ini aku mau year end ke sini sama teman kantor. Sambil glamping lucu kali yak, hahaha. Btw supaya ngga kena antri parah sebaiknya datang jam brapa fa? Aku mau ke sana hari biasa sih.

Reply

cus ke sana unii. Tapi abis lahiran aja hehe. Atau babymoon ke sana tapi pake sepatu kets

Reply

kayaknya sih skill fotonya nyari yg biaa motoin model ya sis wkwk. sama kameranya terfujilah yg super canggih nih

Reply

Aseek glamping2 lucuk gitu asyik tuh siis. Hmm weekday kayaknya lebih sepi yah. Kalo saranku mending jam 10an sis belum panas. Nanti sorenya makan2 cantik di lereng anteng deh :D

Reply

Nah kaan daripada bete ya sis dan ga happy mending dari awal udah ga kesini yah :D

Reply

Huaaaa tempatnya asyik bangettttt sihhh cucok banget yes buat foto-foto pamer di IG hehe ��

Reply

yes sistaa. tinggal ngumpulin duitnya dulu buat tiket sama nebus foto:"") ini bisnis kekinian banget ye sis

Reply

Bayik...itu mamang-mamang sampe di bawa juga hahahaha. Mahal anet ya, pas di Kalibiru kayaknya IDR5k/foto ya. Emak mau ke sini sih tapi aku males kalau pas libur hahaha, maunya orang kerja aku libur *eaaa

Reply

Yah paralayangnya boongan ya. Aku justru pengen coba yang asli. Hehehe.

Reply

Itu kamu foto di ayunan ngantri berapa lama? Hehehe, penasaran juga sama tempat ini tapi ya ngga tahan sama macetnya Bandung saat weekend.

Reply

Setiap lihat The Lodge selalu ingat foto orang yang di ayunan tinggi. Antara serem dan pengin coba juga. Hahaha. Dari spot2 instagrammable-nya, suka sama bagian ada hot air balloon itu.

Reply

ayunan lebih cepet kak. 30-45 menit aja. soalnya yg antri banget yg ayunan berdua. Cus ke the lodge maribaya kak!

Reply

samaa!! Hot air ballon huga favoritku. Tapi sebel kalo mau foto sendiri sama mau foto bareng ngantrinya kudu beda :')

Reply

kalo mau beneran yg di puncak aja sis, lebih deket tuh:D

Reply

nah iyaa emang pricey di sini. tapi hasil tidak mengkhianati wkwkwkwkkw

cus ke sini pas wikdey sis

Reply

Hoalah mau foto di tempat hits cape ngantrinya yah ternyata :)

Reply

wow keren alamnya ya, cuma kalau ke sana itu daerah macet ya apalagi week end

Reply

Thankyou for visiting my blog. Let's connect & be a friend:D

Cheers,
Ifa

Powered by Blogger.