Kenali Bahaya Listrik Di Rumah, Yuk!

Kenali Bahaya Listrik Di Rumah, Yuk! Assalamualaikum, guys! Bahasan kali ini memang beda dari biasanya, bukan tentang passionku tapi sebuah informasi baru yang related sama kehidupan kita. Eits, tenang aja, aku nggak alih profesi jadi tukang listrik kok :D

Sadar nggak sadar, bahaya listrik mengintai kita di rumah setiap saat lho, guys! Ada beberapa kebiasaan yang kita anggap hal yang wajar dan tanpa kita sadari bisa membahayakan kita. Bahaya listrik yang mengintai kita di rumah macam-macam, mulai dari kesetrum hingga kebakaran.


Sering nggak sih di rumah mengalami ngejepret alias listrik mati saat menyalakan mesin cuci, air dari pompa listrik, rice cooker, dan mesin cuci secara bersamaan? Kalau aku di rumah, di waktu tertentu sering terjadi dikarenakan daya listriknya nggak kuat. Kalau mati, tinggal dinyalakan lagi deh MCBnya.

Apa itu MCB akan di bahas di bawah yah! Postingan kali ini juga merupakan event report yang diadakan KEB bersama Schneider. Yuk mari kita simak:D
Sebelum kenalan sama alat-alat kelistrikan, aku mau sharing dulu kebiasaan-kebiasaan apa aja yang nggak kita sadari bisa membahayakan kita di rumah. Meskipun sebagai perempuan, kita tetap harus waspada terhadap bahaya listrik.

KEB Schneider Blogger Gathering

Sebelumnya. kita kenalan sama Schneider Yuk! Schneider merupakan perusahaan asal Perancis yang berfokus pada alat-alat listrik. Schneider sendiri sudah berdiri di Indonesia sejak 5 tahun yang lalu. Di event ini, Schneider berkolaborasi dengan KEB (Kumpulan Emak Blogger) untuk membuat kaum perempuan lebih aware dan sigap dalam menyikapi bahaya listrik di rumah.

Kak Mira Sahid sebagai moderator dan Pak Frankco perwakilan dari Schneider
Alhamdulillah banyak banget informasi baru yang aku dapatkan di KEB Schneider gathering  yang bertempat di Hongkong Cafe, Sabtu kemarin. Talkshow yang dipandu oleh Kak Mira Sahid dengan pembicara Bapak Frankco Nasarino ini berlangsung dengan santai tapi padat dengan ilmu baru.

Uniknya, Pak Frankco ini ternyata seorang blogger juga, lho!

Kebiasaan yang membahayakan

Bahaya listrik bisa terjadi karena kebiasaan-kebiasaan di bawah ini:
1. Meletakkan stop kontak di lantai karena alasan estetika.
Ini bahaya lho guys, membiarkan stop kontak tergerai di lantai akan memudahkan anak-anak untuk menjangkaunya.

2. Di dalam 1 stop kontak dicolokkan terminal/kabel gulung dengan banyak colokan di dalamnya.
Wah ini aku banget! Di kamarku tergerai kabel gulung dengan 3 colokan yang sering aku pakai untuk ngecharge hp, laptop, pasang kipas angin, ataupun ngecharge modem.

Kadang kalau mau charge sambil main hp aku letakkan di tempat tidurku. Bahaya banget yah ternyata  karena antar colokan bisa nemimbulkan bunga api yang merupakan cikal bakal kebakaran. Hiiy!:'D

Di meja registrasi akan disambut ini. Cantik banget yah :D
3. Jangan membiarkan kabel listrik yang sudah terkelupas
Peralatan listrik yang sudah terkelupas seperti kabel jika dibiarkan akan berbahaya. Kadang hal-hal seperti ini kurang diperhatikan dan diberi alternatif seperti mengisolasi kabel tersebut. Hayooo siapa yang pernah?

4. Menganggap fenomena ngejepret adalah sesuatu yang biasa
Nah ini juga harus diwaspadai guys! Fenomena ngejepret merupakan pertanda bahwa ada sesuatu yang tidak beres dari alat listrik tersebut.

Hayoo apakah salah satu dari kebiasaan di atas merupakan kebiasaanmu? Kalau aku jawabannya iya semua :'D

Tingkatan Bahaya Arus Bocor Bagi Manusia

Nah, ini perlu kamu waspadai lho, guys. Berikut tingkatannya: 



Jadi hati-hati yah, jangan sampai disepelekan/ Kesemutan alias kesetrum ringan merupakan pertanda awal bahwa ada arus yang bocor. Jika berhubungan dengan alat listrik yang bocor, Pak Franco memberikan tips bahwa lebih baik memakai sandal agar arus listrik dan tubuh kita tidak sama-sama menyentuh tanah.

Di KEB gathering ini aku juga baru tahu kalau ternyata listrik di rumah kita dengan tegangan 220 volt bisa membunuh seekor gajah. lho. Serem yah.

Kenalan sama peralatan instalasi listrik di rumah

Di atas aku sudah menyebut nyebut MBC kan yah? Jadi berkat hadir di KEB Schneider gathering aku jadi kenalan sama peralatan instalasi listrik di rumah seperti MBC, ELCB, RCBO, dan lain-lain. nah apa aja sih yang di maksud MCB, RCBO, dan ELCB? Yuk kita kenalan satu-satu. 


alat instalasi listrik dari SChneider
MCB 
MCB merupakan Miniatur Circuit Breaker yang berfungsi melindungi listrik bila terjadi pemakaian daya yang berlebihan dan hubungan singkat arus listrik alias melindungi dari bahaya korsleting atau konslet alias ngejepret. jadi kalau ngejepret yang kita nyalakan adalah MCBnya :D

MCB dan RCBO (dok: afifah mazaya)
Untuk MCB pada umumnya sudah terpasang di rumah-rumah.

Selanjutnya kita kenalan sama ELCB yuk!

ELCB 
Berbeda dengan MCB, ELCB berfungsi melindungi kita dari sengatan listrik dan bahaya kebakaran akibat adanya gangguan pada instalasi listrik yang tidak baik. ELCB ini akan membantu MCB untuk mengamankan arus berlebih yang bisa menimbulkan kebakaran.


Ini nih penampakannya RCBO
RCBO 
Nah agar lebih simpel dan praktis, sebagai solusinya dibuatlah RCBO yang merupakan gabungan antara MCB dan ELCB. RCBO berfunsi sebagai proteksi terhadap arus bocor atau korsleting. Nah coba ditengok di rumah masing-masing, kalau belum ada kamu wajib banget pasang RCBO supaya rumahmu terlindungi dari bahaya listrik :D

Listrik memang berguna bagi kehidupan dan tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita. Untuk itu perlu penanganan yang baik supaya rumah kita terlindungi dari bahaya arus bocor listrik. Perlu digarisbawahi juga kalau berurusan dengan instalasi listrik harus ditangani oleh orang yang ahli bahkan seharusnya hanya dilakukan oleh orang yang bersertifikat, lho.

RCBO ini sebaiknya dipasang di tempat yang lembab dan berada di jangkauan anak-anak. Tujuannya untuk menghindari anak-anak dari bahaya kesetrum. Biar kamu nggak pusing, kamu bisa tanya-tanya langsung ke Schneider seputar kendala yang kamu hadapi yang berhubungan dengan instalasi listrik.

Kamu bisa nonton video di bawah ini terlebih dahulu:





Pusat layanan Pelanggan ( Jakarta ) :
Telephone : 1500055
Fax : (62)(21) 750441516
Email : Customercare.id@Schneider-electric.com
Seperti biasa nggak afdhol dong kalau nggak ada photo session? Di akhir acara kita foto bersama :D



Btw aku senang banget aku jadi juara kedua lomba live tweet, yeay! (Maaf norak, pengalaman pertama kak :D)


Makasih fotonya fifah :D
Happy weekend semua!:D

love, 
Ifa



CONVERSATION

22 komentar:

  1. Wahh iyak Ipah menang live tweet.. selamaat yeaaay !! Nambah ilmu, nambah hadiah juga yaa ipah.. sayang ga sempet foto berdua ipah..

    ReplyDelete
  2. Blogmu cantik, kaya yang punya. Iya acara kemarin bikin kita jadi tahu bahaya listrik ya

    ReplyDelete
  3. Wah aku tuh paling takut kalo urusannya sama listrik. Takut kesetrum yang sering kena,ejet..ejet dah kapok.

    Nah kalo kabel terkelupas, aku banget pernaaah juga huahhaa.
    Ampoon, langsung ganti ahh

    Makasih ya pencerahaannya Ifa ;)

    ReplyDelete
  4. makasi pencerahannya mak Ifa, seru banget event kemarin yaaa

    ReplyDelete
  5. Mak Ifa meski blm jadi emak2 ternyata udah peduli sama urusan pelistrikan. Nanti diterapkan dirumah ya, jangan lupa bantuin mama-papa biar listrik rumah ngga mahal bayarnya hihihi XD

    ReplyDelete
  6. Sama-sama, Iffah. *ini komen apa, sih*

    ReplyDelete
  7. Ifa....Itu tulisan "seekor hajah" typo :p

    Iyes, sekarang sistem listrik udah mendingana da MCB sama ELCB. Kalau dulu masih pakai sekring lumayan lho...serem.

    Nah gie sering banget di cerewetin si mamah kalau soal colokan dan sebagainya, makanya gie juga jadi cerewet. Lebih baik mencegah dari pada mengobati kan.

    ReplyDelete
  8. Gini nih yang kece. Belum jadi emak tapi udah care banget sama urusan listrik rumahan. Mantap Non

    ReplyDelete
  9. Aloo ifah.. aku uciggg hihii
    Baru skali ksini ya kynya aku..
    Seruu gamesnya ya,live tweet menang yaa ifah, congrats ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Kak Uciggg. Maacih yah udah mampir :D

      Delete
  10. Kebiasaaan yang membahayakan itu jangan dilakukan lagi yaa. Biar rumah juga jauh dari bahaya. Makanya kita kudu belajar dan paham juga soal listrik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mbak uci hehhehee at least niat dulu yah buat ngerubah kebiasaan:")

      Delete
  11. Asik asik menang live tweet, selamat ya Ifa ^^

    ReplyDelete
  12. Akhirnya ada personel blogger gesrek yang ikut acara emak emak *eh

    ReplyDelete
  13. selamat mak menang live tweet dan acaranya beneren seru ya

    ReplyDelete
  14. Salam kenal buat yang menang livetweet ^_^

    ReplyDelete
  15. Iya mak listrik itu rentan banget dan bahaya jika tidak hati2 dan waspada.

    ReplyDelete
  16. Wah asyik dapet hadiah live tweet :D

    ReplyDelete

Thankyou for visiting my blog. Let's connect & be a friend:D

Cheers,
Ifa

Back
to top