2016 Travel Wish: Visit Belitung

2016 Travel Wish: Visit Belitung. Hola! Halo! Bagaimana kabarnya guys? Tetap dalam mood yang baik dan berbahagia dong yah? Apapun yang kamu hadapi jangan lupa untuk tersenyum dan tetap bersemangat yah!

Sesuai judul di atas,yaitu travel wish aku di penghujung 2016, aku pengen banget mengunjungi pulau Belitung, atau lebih dikenal dengan Belitong. Awal mula berkenalan dengan Belitung dimulai dari tetralogi Laskar Pelangi yang aku baca saat SMP hingga SMA. Sejak saat itu, aku sudah berniat untuk bisa visit Belitung suatu saat nanti.


Banyak tempat yang ingin aku kunjungi di 2016 Travel Wish: Visit Belitung. Baik tempat wisata maupun tempat bersejarah. Aku jatuh cinta dengan keindahan pantai-pantai yang ada di Belitung. Pantai Tanjung Tinggi dan Pantai Tanjung Pendam, misalnya. 

Aku juga penasaran setengah mati dengan tempat Ikal dan Arai menuntut ilmu, yaitu SD Muhammadiyah. Hingga kini berdiri Museum Kata Andrea Hirata yang colorful dengan dekorasi vintage yang membuatku tak sabar untuk mengabadikan foto di sana.

Semakin lama aku browsing itenerary liburan singkat trip ke Belitung, membaca postingan blog teman yang berkunjung ke Belitung, sampai melihat foto liburan artis yang aku follow, Alika Islamadina salah satunya yang mengunggah foto liburan keluarga di Belitong, semakin menguatkan tekadku untuk mewujudkan 2016 Travel Wish: Visit Belitung.

Nggak sabar liburan singkat ke Belitong!


Berhubung lumayan banyak tempat yang ingin aku datangi, setidaknya aku ingin menghabiskan 4 hari 3 malam di Pulau Belitung. Rencananya sih aku berangkat di hari Kamis, dan kembali bertolak ke Jakarta di Hari Minggunya. Cuti dua hari gitu yah....\

Tempat wisata apa yang ingin aku datangi?

Rencananya sih list itinerary 2016 Travel Wish: Visit Belitung yang aku buat adalah sebagai berikut, itinerary ini aku buat dari hasil browsing dan googling, membaca blog teman blogger yang sudah berkunjung ke negeri Laskar Pelangi, serta bertanya kepada temanku, Dwi, yang kebetulan rumahnya di sana. 

Yeay, Belitong, i'm coming!

1. Museum Kata Andrea Hirata

Wajib banget buat berkunjung ke sini! Baru lihat fotonya aja udah gemas banget sama tempat ini! Dan sejujurnya melalui tetralogi Laskar Pelangi yang aku baca, I am a big fan of Andrea Hirata :D Bahkan waktu naik level di Lia untuk lulus step English for Teenager atau English for Adult yah aku lupa, presentasiku tentang Laskar pelangi, lho! 

Singkatnya, aku excited banget sama Laskar Pelangi dan keindahan Belitong:D 

photo credit: museumkataandreahirata.com ; www.travelerien.com
Gimana setelah melihat foto-foto di Museum Kata Andrea Hirata? Semakin timbul niat menggebu-gebu ingin berkunjung ke sana, kan?

Di Museum Kata yang didirikan Andrea Hirata pada tahun 2010 ini, akmu bisa mengeksplorasi berbagai macam literatur baik musik, seni, foto-foto, potongan kata-kata, panggung ekspresi, dan pastinya koleksi novel karya Andrea Hirata. Hal lain yang bikin aku penasaran sama Museum Kata selain museumnya merupakan padu padan warna warni menarik yang memanjakan mata banget, Museum kata Andrea Hirata juga super unik.

Dari hasil browsing dan googling, aku jadi tahu bahwa di bagian tengah Museum Kata Andrea Hirata, terdapat kafe. Selain itu, kamu bisa menemukan ruang khusus mirip kantor pos di mana kamu bisa menulis dan mengirimkan kartu pos, serta suratmu, lho! Tidak hanya sebagai tempat wisata, Museum Kata juga merupakan tempat anak-anak Belitong mempelajari bahasa inggris. Jendela warna-warni di museum ini menggambarkan bahwa buku adalah jendela dunia. Unik dan cool banget yah!

2. SD Muhammadiyah Gantong aka Sekolah Laskar Pelangi 
Bukan berwisata ke Belitung namanya kalau nggak berkunjung ke Sekolah Laskar Pelangi. Setuju nggak guys?
sumber: google
Mari sejenak kita rasakan euforia dan semangat anak-anak Laskar Pelangi dalam menuntut ilmu, semangat Bu Muslimah yang mengajar dengan penuh cinta kasih, dan tekad Pak Harfan yang ingin anak-anak Laskar Pelang mengenyam pendidikan dengan baik meskipun dalam keterbatasan.

Mahar, Arai, Ikal,Flo, Harun, Trapani, A Kiong, Lintang, dll....aku selalu terinspirasi kisah kalian!

3, Pantai Tanjung Tinggi

Kalau kamu nonton Laskar pelangi pasti tahu pantai hits ini kan? Pantai yang dikeliling oleh batu-batu besar dengan hamparan langit biru dan warna lautnya yang memanjakan mata banget. Pasti dong kalau ke Belitung aku nggak mau melewatkan pantai ini sebagai destinasi wisataku.

photo credit: terselubung
4. Pantai Tanjung Pendam

Selain Pantai Tanjung Tinggi, aku juga ingin menikmati sunset di Pantai Tanjung Pendam ditemani dengan hamparan pasir putih dan ombak yang tenang. Indah banget dan damai banget pasti yah :D Nggak lupa aku juga aka berkeliling di sekitar pantai untuk melihat hasil lukisan serta kerajinan masyarakat setempat.


Selain memandangi matahari terbenam, kita bisa juga melihat Pulau  Kalimau yang berada di tengah lautan.
sumber: www.indonesiakaya.com
5. Pulau Lengkuas

Puas melihat keindahan pantai, destinasi yang ingin aku datangi selanjutnya adalah Pulau Lengkuas sambil melihat mercusuarnya. Di Pulau Lengkuas ini aku juga ingin melakukan snorkeling. Coba lihat postingan temanku, Kak Sandra, postigan blognya bikin aku ingin segera terbang ke Belitong.

photo credit: Kak Sandra (www.kidneybean.com)
6. Danau Kaolin

Rasanya nggak afdhol yah kalau pergi ke Negeri Laskar Pelangi yapi nggak napak tilas ke perusahaan yang berjaya pada masa lampau. Kalau kamu baca atau nonton Laskar Pelangi pasti tahu PN Timah dong yah? Nah Danau Kaolin ini terbentuk dari sisa-sisa penambangan yang dilakukan PN Timah.

photo credit: Kak Sandra
6. Batu Berlayar

Terakhir, belum sah berkunjung ke bumi Belitung alias Negeri Laskar Pelangi kalau nggak pose ala-ala avatar the legend of aang di atas batu berlayar. Lagi-lagi Kak Sandra menginspirasiku untuk mengikuti jejaknya dalam berpose.

Nah kamu juga jadi ingin berpose seperti ini nggak melihat foto yang diunggah Kak Sandra di Instagramnya?

Tentunya selain membuat itinerary yang baik untuk mewujudkan  2016 Travel Wish: Visit Belitung yang rencanany akan aku lakukan dalam 4 hari 3 malam, barangt-barang yang ingin aku bawa harus dipersiapkan dengan baik agar tidak ada yang tertinggal. Pastinya sunglasses, sunblock, dan powerbank berada di urutan teratas.

Sepertinya aku lebih memilih backpack untuk liburan singkatku ini. Mau simpel dan nggak ingin ribet. Meskipun memakai backpack, aku tetap akan memilih backpack yang stylish. Biar travelling harus tetap gaya dong ya? Travel in style in a must

Untungnya saat browsing aku menemukan backpack yang memenuhi kriteriaku: simpel, bisa bawa banak barang, dan modis. Backpack dari Herschel yang aku temukan saat browsing di Zalora merupakan pilihan tas yang tepat untuk menemani liburan singkatku ke Negeri Laskar Pelangi. 

Hmm... jadi makin nggak sabar untuk membuat 2016 Travel Wish: Visit Belitung menjadi nyata. Ada sarankah destinasi wisata apa lagi yang perlu aku kunjungi di Negeri Laskar Pelangi? Terutama destinasi kulinernya dan oleh-oleh khas Belitong apa yang wajib dibawa pulang :D

xoxo,
Ifa yang pengen liburan

CONVERSATION

27 komentar:

  1. AMIIN! Semoga bisa terlaksana jalan-jalan ke Belitung ya Ifa :)
    Bagus banget emang alam disana, ngga rugi deh dan benar-benar happy waktu jalan2. Sayang aku ngga sempet ke SD Muhamadiyah, tapi itu aja dah seneng.. :D Hope your wish will do come true!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaamiin makasih mamih doanya. Balik lagi ke Belitng mamih :p

      Salah satu racun yg bikin makin pengen ke Belitung itu blog mamih queen :p

      Delete
  2. Yeeaaay...setuju banget tuh Belitung emang indah lho. Bunda satu kali pernah ke Belitung, dan menikmati santap siang dengan hidangan ikannya yang aduhai lezatnya. Jadi pengen ke Belitung lagi nih dan merasakan apa masih kuat ya, menuruni undakan tangga yang segitu banyaknya menuju pantai yang berpasir putih bersih trus naik lagi....eee...masih kuat koq walau pun ngos-ngos-an.. Salam kenal dari Bunda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi bunda salam kenal. Wow keren udah pernah ke sama. Seru banget yah di belitung? Doakan aku segera ke sana ya bun:)

      Delete
  3. Amin! semoga kewujud ya mbaak. Aku jga pengen kesanaaaa. :D
    Pengen ngelihat SD Muhammadiyahnyaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeay semoga tahun ini rezeki kita ke sana yah kak:)

      Delete
  4. Aminnn! Semoga segera terwujud faaa. Aku juga pengen banget, penasaran mau liat Danau Kaolin :'D

    ReplyDelete
  5. Samaaaa, aku juga pengen ke Belitung tapi belum kesampaian nih hiksss

    ReplyDelete
  6. Semenjak Belitung populer, jadi banyak sampah berserakan nggak ya di sekitar pantainya? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah aku nggak tahu Kak Dee hehehe kalau aku udah ke sana aku ksh tau jawabannya yah :D

      Delete
  7. Liat penampakan pantainya, memang bikin mupeng ya... saya suka liat penampakan lautnya, terutama Pantai Tanjung Tinggi, bagus banget ya...

    ReplyDelete
  8. Baca Laskar Pelangi emang seperti kena sihir ya. Terpukau dan tergambar jelas tempat2 di sana meski hanya digambarkan lewat tulisan. Temenku ada yang udah bolak-balik ke Belitung. Saking cintanya. Ha wong dia dapet jodohnya juga dari sesama fans Laskar Pelangi.Pas nikahan Andrea Hirata dateng uwuwuwuw...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serius mbak Rotun? Ih keren amaat hihi. Jodoh gaaa yg tahu yah :D

      Ihiiy didatengin Andrea hirata.

      Iya laskar pelangi emang magis banget Mbak. Meskipun termasuk buku yg menurutku masuk kategori lumayan berat dan lumayan serius tapi asik bgt bacanya.

      Mau nonton yg ke4 deh di filmin hehe

      Delete
  9. Pengen ke Belitung.
    Tempatnya teryata kece kece ya mba. Sukakk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Lid kece banget yah temapt tempat wisatanya Belitong:D

      Delete
  10. Liat foto-fotonya jadi mupeng. Belitung pantainya bagus-bagus.
    Terlebih pengin juga liat tempat fenomenal itu, tempat syutingnya laskar pelangi.
    Mudah-mudahan kesampaian Mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin makasih Mbak Ety. Iya bagus banget yaj :")

      Delete
  11. Pengen banget ke belitong, mudah2an bisa sesegera mungkin kesanaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin banget Mbak Tuty. Semoga segera yah. Makasih udah mampir :D

      Delete
  12. Au juga kepengen banget ke Belitung. Semoga bisa terlaksana dalam waktu dekat aamiin :D

    ReplyDelete
  13. semoga kita semua bisa jalan2 ke Belitung ya, aamiin
    keren2 tempatnya, pengen banget ke sana.

    ReplyDelete
  14. Hiaaa mempesonanya belitung... mupeeeng

    ReplyDelete
  15. Cakep banget pantai-pantai di Belitong ini. Masukin wishlist juga ah

    ReplyDelete
  16. Aamiin.. Smoga twujud ya ifa
    Destinasi yg lain yg bs kmu datangi adlh bukit berahu, rumah adat belitung, pantai manggar, tanjung kelayang, rumah bambu, pulau pasir, kampung ahok, dan byk lg saya lupa... Kulinernya bs coba mie belitung "mie atep", mie ayam d sn jg enak "mie ayam taman" depan monumen batu satam, seafoodnya jg enak, oleh2nya macam2 ada getas, kemplang,dll. Syngnya akhir tahun sy mudik ke makassar, ga ke belitung. Klu sy lg d belitung ifa bisa main ke rumah ^^

    ReplyDelete

Thankyou for visiting my blog. Let's connect & be a friend:D

Cheers,
Ifa

Back
to top