Fashion Trend: Bell Sleeves Madness

Fashion Trend: Bell Sleeves Madness.  Halo! Akhirnya setelah sekian lama absen, kembali berjumpa dengan postingan bertema fashion. Di postingan ini aku mau sharing tentang salah satu model busana yang sedang tren belakangan ini. Model busana ini juga jadi model busana favoritku saat ini. Yuk kita mulai aja :D


Bell Sleeves Madness
Setuju nggak sih kalau belakangan ini busana dengan model bell sleeves alias busana dengan tangan berbentuk lonceng sedang in saat ini? Tengok saja gaya busana artis idolamu, selebgram yang mondar mandir di timeline instagrammu, busana teman kerja, teman kuliah, bahkan gaya busana dari orang yang kamu temui di pusat perbelanjaan, pusat rekreasi ataupun sarana transportasi umum seperti kereta api, bis, bahkan angkot.

Pasti kamu nggak asing deh dengan gaya busana yang satu ini alias busana dengan model bell sleeves.

Contohnya kayak gini nih:



Apasih yang dimaksud dengan model busana bell sleeves ?
Aku sih seneng banget dengan model busana ini, terutama dengan bentuk lonceng yang lebar di manset tangan, sementara bentuk lengan hingga sebelum manset alias pergelangan tangannya bermodel lurus. 

Meskipunpadu padan outfit yang kita kenakan simpel, bentuk lonceng pada atasan bell sleeves sudah memberikan aksen dan sentuhan tersendiri pada gaya busana kita. Aku sih menangkapnya busana model bell sleeves ini menghilangkan kesan kaku dan membosankan pada gaya busana yang kita pakai. Setuju nggak, guys?

Bukan hanya melebar pada bagian pergelangan tangan, bentuk bell sleeves bermacam-macam. Ada juga baju model bell sleeves yang mulai melebar pada bagian setengah lengan bawah setelah siku, ada pula yang bentuk lengannya mulai melebar setelah siku.


ilustrasi bell sleeves top (dibuat menggunakan pinterest)
Model bell sleeve merupakan busana yang populer di era 70-an dan identik dengan gaya retro bohemian. Menariknya, busana dengan model bell sleeves cocok untuk digunakan ke berbagai kesempatan, baik acara santai, semi formal, maupun formal. Tergantung dengan padu padannya. Padu padan yang tepat akan membuat kamu terlihat semakin gaya dan modis.

Tren fashion selalu berulang, mungkin dulu model busana bell sleeves jadi andalan mama atau nenek kita ya guys. Kini terulang lagi :D

Busana Bell Sleeves koleksiku
Seperti biasa busana favoritku nggak jauh-jauh dari dress tanpa lengan. Kadang kalau beli rok pas dipakai jatuhnya kepanjangan di aku. Jadi harus direparasi dulu deh sama tukang jahit sebelum bisa aku pakai dengan nyaman tanpa takut terseret-seret di jalan. Yap, i'm not a princess with pretty heels. Mungkin kalau alas kaki favoritku heels nggak bakal kejadian yah rok kepanjangan jadi masalah.

Balik lagi ke model busana bell sleeves, di bawah ini adalah beberapa contoh gaya padu padanku dalam memadukan busana bell sleeves. Gaya di bawah ini aman dan cocok kamu pakai untuk ngantor dengan dresscode casual chic ataupun menghadiri event yang nggak mengharuskan kamu memakai busana telalu formal atau busana yang terlalu elegan.

look 1 : Memadukan bell sleeves top berwarna putih dengan vest kuning mustard  dan bawahan batik


Outfit ini aku pakai ketika menghadiri Workshop IHB (Indonesian Hijab Blogger) from Blog to Vlog. Reportasenya menyusul ya! Pemilihan outfit ini nggak terlalu santai karena dipadukan dengan rok batik. Kalau aku sih nggak masalah memakai padu padan look ini untuk menghadiri undangan semi formal ataupun ke pesta pernikahan temanku. Tinggal makeup nya aja kali ya kalau kondangan ditambah clutch khusus pesta dan wedges.

Mamacih bundo olanatics udah fotoin aku. Sorry banget yak modelnya masih kaku :D

Di look ini aku mengkombinasikan 3 warna, yaitu putih, kuning mustard, dan coklat. Serta memberikan sentuhan motif batik untuk mengimbangi warna kuning mustard yang playful. Ceritanya sih pengen terlihat ceria tapi nggak berlebihan gitu :D

captured perfectly by: Nia Nastiti . maacih sisteriuz!:D
Another look with bell sleeves top
closer looks: ada pita yang bisa diikat manual di bagian lengan yang melebar (ps: maafin pashminanya lecek)
Second look, 
Di gaya busana yang kedua ini, aku memadukan warna pastel lembut dengan warna tua yang lumayan mencolok. Warna yang menurutku masih dalam satu keluarga dan memang terkesan girly abis, yaitu ungu muda, ungu tua, dan pink muda.


difotoin Kak DIlla. Mamacih :)
Model busana bell sleeves dalam looks kedua mulai melebar pada bagian siku dengan variasi berbentuk setengah lingkaran pada bagian depan dan lebih panjang di bagian belakang. Agak tricky sih pakai baju ini, bisa bikin kelihatan lebih kurus, bisa juga kelihatan buncit kalau salah duduk huhu. *curhat mode on*



Tips di look ini, meskipun nggak ada sentuhan motif dan terkesan plain, kamu bisa membuatnya terlihat lebih hidup dengan memadukan tiga warna sekaligus yang masih senada. Gabungkan warna tua dengan warna-warna muda atau pastel. Komposisi warna yang lebih tua bisa lebih menjadi pusat perhatian.

the last, 
Koleksi terakhir busana dengan model lengan bell sleeves milikku berwarna peach dengan bahan bubble crepe yang strectch dan super adem. Bentuknya melebar dari siku ke bawah dengan aksen lipit di antara batas lengan model lurus dan melebar. Di look kali ini aku memadukan bell sleeve top berwarna peach dengan pashmina dan dress tanpa lengan berwarna navy alias biru dongker. Untuk melengkapi penampilan, aku mengenakan kalung dengan warna senada.


detail bell sleeves top
Untuk detail ke-3 akan aku update yah karena stok fotonya kurang oke :D

How to mix n match ?


Kali ini aku langsung memberikan rekomendasi untuk memadukan busana bell sleeves yang kamu miliki dari selebgram yang jadi favoritku yaitu Dwi Handaanda dan Shella Alaztha. Aku suka banget cara mereka memadukan outfitnya, effortless stylish gitu kesannya.

Dwi Handayani (Uwik)
swing swing swing ~~ (sumber : instagram dwihandaanda)
Uwik, sapaan akrab Dwi Handayani memadukan atasan model bell sleeves berwarna putih dengan vest bernuansa coklat sebagai pelengkap gayanya. Padu padan busana bernuansa coklat dan nude memang merupakan ciri khas Uwik yang senang bergaya bohemian dengan pilihan warna earth tone alias warna bumi dan tanah . 

Kamu yang menyukai warna-warna aman seperti coklat, abu-abu, dan krem juga bisa mencontoh gaya busana andalan ala Uwik lainnya, seperti foto di bawah ini:


Menampilkan kesan stand out di bagian lengan, pastikan padu padanmu tepat dan tidak berlebihan. Untuk kamu Hijabers yang senang mengenakan rok, kamu bisa memadukan atasan bell sleeves dengan maxi skirt ataupun pencil skirt kesayanganmu. Hindari rok yang terlalu bertumpuk dan mengembang yah karena menurutku bentuk lonceng di bagian tangannya sudah ramai, jangan buat semakin berisi.

Shella Alaztha
Contek gaya preppy chic ala Shella Alaztha untuk padu padan busana bell sleeves yang lebih stand out.

sumber: instagram shellaalaztha. Stunning banget yah!?

Kamu bisa mencontek gaya Shella Alaztha yang memadukan overall dress, legging, dan bell sleeves top. Sunglasses dan hijab motif akan membuat penampilanmu lebih sempurna.

Tips & rekomendasi
Meskipun mengulang tren masa lalu, kamu bisa tetap tampil stylish dan kekinian dengan pemilihan warna yang tepat untuk busana bell sleevesmu. Misalnya memilih warna powder blue (biru pastel) atau pink pastel pantone yang merupakan warna kekinian di tahun 2016

Jika kamu pecinta fashion terkini, busana dengan model bell sleeves merupakan must have item yang harus ada di wardrobemu. Sepertinya tren ini akan everlasting dan berulang lagi nanti. Tidak ada ruginya untuk menambah koleksi busana di lemarimu dengan atasan berlengan bell sleeves. Masukin di list belanja bulan depan, kak! :D

Tertarik mengenakan atasan dengan model bell sleeves? Kamu bisa menerapkan tips padu padan atasan model bell sleeves ala-ala aku, Uwik, Shella, maupun gaya busana andalanmu. 

Selamat mencoba, guys! Semoga postingan fashion kali ini bisa bermanfaat :)

with love,
Ifa yang maafin ya OOTDnya masih kaku ciyn! :')

CONVERSATION

41 komentar:

  1. Ooow ini namanya bell sleeves toooh hahahah kudet akuh masalah per fashion-an. Punya model baju kayak gini meski rada males pake ginian karena bagian dalam tangan suka keliatan & harus pake manset XD KAlau Dwihananda yg pake mah semua jg keliatan cetar yess hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mamacih mamiqueen udah mampir di mari. Haha tapi mamiqueen tetep fesyenebel yah :p


      Pilih yg ga terlalu lebar mamih tangannya. Ada ko hihi


      Iya dwihandaanda selalu cyetar

      Delete
  2. Aku pun suka baju dengan lengan model lonceng ini, hampir dibilang banyaklah bajuku yang seperti itu :D
    Nanti mau coba mix seperti saranmu ah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeay tos kak kita penggemar bell sleeves. Hihi boleh banget kak dicoba. Jangan lupa upload ig dan tag aku :)

      Delete
  3. Oh ini namanya bell sleves toh? Aku kurang suka karena klo makan pasti ada tragedi lengan kena sambel dan kena kuah segala 😂😂😂

    Secara aku tukang makan hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaa aku pernah ini kena kuah soto temenku mbak nining wkwkwk untuk bukan warna putih. Kalo warna putih langsung cry cry cry

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Oooh ini namanya bell sleves toh fah, baru tau. bentuknya kaya lonceng atau bunga kecubung ya haha. nice post!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mamacih emah udah mampir dimari. Yup macem bunga terompet em. Bunga kecubung gue bsru tau. Sodaraan kali yah:""")

      Delete
  6. ifaaa, mayan kok ootd nya, cantek dan fotogenic enough :) aku suka lengan lonceng gini, dulu tapinya, kl skrg jarang.. skrg aku konsisten gamisan terus inshaallah, nah boljug dong bikin ulasannya, yg hijab syar'i fa :D

    btw aku suka warna kayak Uwik itu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi kak pritaa:D
      Duh kalo hijab syari yg gombrong macem larissa chou aku tidak pede kaka:"""')

      Alhamdulillah. Lanjutkan ksk prita:)

      Delete
  7. Waaahh baju lengan terompet ini buat aku jadi naksir gegara sering banget dipakai sama Uwi dan Shella Alazthaaa hahaa.. hits bgt ya dipake merekaa... Ya Allah Moga2 suamiku meng acc aku bergaya kayak gituuu.. hahaha *maklum laki eike suka sebagai penentu do or donts nya fashion aku :))) hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkkwkwkwk segera dikonsul sama suaminya kak inka biar bebas pake baju model bell sleeve hehehe


      Iya uwik shella emang juara:)

      Delete
  8. Aku belum pernah coba model bell sleeves kecuali kebaya nikahan dulu. Baca tip di sini jd pingin coba beli.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cus beli model gini ka noe biar makin cihuy hehehe

      Delete
  9. Alamak cantik amat sih kak! Gemes dehhhhh... Kalau aku yang pake, bakalan kayak gimana ya ahahahha *mikir keras*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bakalan bagus bagus ajah kok kakput. Cus beli baju model bell sleeves nya kakak:D *macemspg*

      Delete
  10. Cantiiik. Aku belum punya model ini nih. Ketinggalan mode >,<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Segera koleksi Mbak helen hihihi. Makasih udah mampur :)

      Delete
  11. eh aku punya baju tangan lonceng ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeay tos mbak inna:D team baju model bell sleeves yah kita :D

      Delete
  12. aku pertama lihat model begini di vlognya jennifer bahcdim ih kalau kurus mah cocok aja, lah kalau lengannya gede kaya aku,hihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk jangan sedih sist lenganku juga gede kok. Tapi aku pede pede aja pake baju model bell sleeves hehehe

      Delete
  13. Fashion mode akan selalu berulang ya. untuk model yg satu ini Aku punya ..aku punya... yeeeea

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeay! Tos mbak uwien kita samaan demen baju model bell sleeves :)

      Delete
  14. Belum pernah coba model begini. Kira2 cocok gak ya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asal padu padannya tepat insha allah cocok cocok aja kak lingga pake baju model bell sleeves :)

      Delete
  15. Punyaaa.. udah dr dulu2 sih sblm ini ngetrend. Tp risih kyk ada yg mengganjel ato ganggu gitu dtangan hehe.. malah mau dpotong, eh liat postingan mba, saya ga jd motong deh, tfs mb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai kak shona makasih udah mampir:D
      Waduh jangan dipotong hehe soalnya yang gemesnya dan ciri khasnya bell sleeves justru di bagian tangannya :)

      Delete
  16. Begitulah fesyen, muter trennya. Jadi pengen buka lemari cari baju model gitu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget kak. Fashion selalu berputar dan berulang. Apalagi model bell sleeves emang selalu hits.

      Cus diubek ubek lemarinya kak:)

      Delete
  17. Belum punya keknyaaa, beli aaaah, hahaha. *Alesan* Cuma kan hrs pake manset lagi yaaa. Tapi kamu cocok dan cakep bayi pake baju model beginiii.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cus beli. Mungkin yg td colek di ig wkwkwkkwk.

      Sayangnya aku mager pake manset hiks

      Maaci kaka♡

      Delete
  18. Yaaah ga ada foto aku,pdhl aku juga lagi suka pake bell sleeve lho hahahaha *bcanda

    Keceee ifaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkkwkwkwk kakputri. Okey nanti aku update yah. Kaputri mix pake pleats hihi

      Delete
  19. Belum punya model baju yg bell sleeve beginii, mau beli jadinyaa ifaa tanggung jawab, hehe

    ReplyDelete
  20. Bentar lagi gajian kak anin. Cus belanja:p

    ReplyDelete
  21. Bentar lagi gajian kak anin. Cus belanja:p

    ReplyDelete
  22. enaknya tuh kalau model bell sleeves gini jadi gampang buat wudhu.. ya kan ya kan.. :D

    Btw cakep banget deh foto-fotonya... gak keliatan kaku kok, kan udah ada pengarah gayanya hahahaha..

    ReplyDelete
  23. Pingin nyooba juga sih tapi kudu pake daleman lagi ya? biar aurat di lengan tertutupi. Kamu cucok bayik pakai bell sleeves ini. :)

    ReplyDelete
  24. Baru tau kalo namanya bell sleeves kakk. Selama ini ku kira namanya cutbray hehehe. Ditunggu postingan tentang fashion selanjutnya, Kak Ifa^^

    ReplyDelete

Thankyou for visiting my blog. Let's connect & be a friend:D

Cheers,
Ifa

Back
to top