Menu
/
Halo! Kali ini mau sharing seputar tempat wisata sejarah di Banda Aceh.
Ada yang sudah pernah berkunjung ke Bumi Serambi Mekkah? Kalau aku sih belum, tapi Aceh termasuk salah satu kota di Indonesia yang ingin aku kunjungi.

Guys, Indonesia merupakan negara kepulauan. Jadi sudah pasti wilayahnya memiliki keragaman destinasi wisata yang mengagumkan, bahkan terbentang dari Sabang, Banda Aceh hingga ke Merauke, di Papua sana. Buat kamu yang hobi travelling, Wisata ke Banda Aceh akan menjadi pengalaman yang menarik banget.

Naggroe Aceh Darussalam menyajikan destinasi wisata yang cukup berbeda, mulai dari wisata bahari, rohani juga seni dan budaya hingga kulinernya. Bencana alam tsunami tahun 2004 yang pernah meluluhlantahkan Banda Aceh justru menjadi titik awal majunya kondisi kota di ujung Pulau Sumatera ini, terutama dalam sektor pariwisatanya.


Penasaran nggak sih, tempat mana saja yang menjadi spot favorit jika melakukan wisata ke Banda Aceh? Langsung saja disimak aja yuk, guys!


Masjid Baiturrahman 

Masjid Baiturrahman merupakan salah satu ikon Kota Banda Aceh yang populer. Sebagai masjid tertua, bahkan di wilayah Asia Tenggara, Masjid Baiturrahman memberi pengaruh besar. Selain sebagai pusat ibadah umat Islam, juga menjadi basis pendidikan ternama dan telah dikenal mendunia. Bangunan masjid yang indah dan megah menjadi daya tarik lain untuk menikmati wisata religi di Kota Serambi Mekah ini.


Masjid Baiturrahman harus masuk itinerary kamu nih guys kalau berkunjung ke Aceh! :D
Masjid yang telah didirikan di masa Kesultanan Iskkamur Muda Mahkota Alam sejak tahun 1612 ini semakin dikenal saat terjadinya bencana Tsunami sekitar 12 tahun silam. Bangunan masjid ini tetap berdiri kokoh saat gelombang tsunami yang dahsyat menerjang dan memporak-porkamukan seluruh wilayah Banda Aceh.

Sumber: photosmariaismawi.flickr.com

Subhanallah banget yah, guys!  Memang kalau Allah sudah berkehendak apapun bisa terjadi :D

Pesona Masjid yang memiliki kubah hitam ini semakin bertambah dengan keindahan arsitekturnya dan juga tambahan kolam di bagian depan Masjid Baiturrahman yang menyejukkan.

Tjakep banget deh ya!

Museum Tsunami

Nah, Museum Tsunami berjarak cukup dekat lho dengan Masjid Baiturrahman, yakni di Jalan Sultan Iskkamur Muda, Sukaramai. Saat memasuki ruangan museum ini, kamu bakal ngerasain  suasana yang membangkitkan kembali memori duka saat terjadinya tsunami Aceh. Arsitektur dan detail museum ini juga cukup memberikan gambaran mengenai perietiwa dahsyat tersebut. 

Masih di Museum Tsunami, saat kamu memasuki ruang depan museum, kamu akan melewati lorong-lorong gelap ditambah dengan suara gelombang, juga efek rintikan air dari atas yang terkesan cukup nyata. Uniknya museum yang dilengkapi perangkat tekhnologi canggih ini semakin dipermanis dengan unsur estetis.

Pada bagian atas Museum akan terlihat seperti gelombang laut, sedangkan bagian bawahnya didesain menyerupai rumah panggung tradisional Banda Aceh. Uuww, kece banget kan yah?!

Museum yang dirancang oleh arsitek ternama, Ridwan Kamil di tahun 2009 ini memang sudah menarik perhatian banyak wisatawan. Tidak hanya bermakna simbolis untuk mengenang peristiwa bersejarah tsunami, tetapi juga memberi informasi dan edukasi dalam banyak hal.

Sumber: trover.com
Di Museum tsunami Aceh, terdapat beberapa ruang utama seperti Memorial Hall Museum, Ruang Tell Net, berbagi Pengalaman Bencana, Ruang Pamer Tsunami dan masih banyak lagi.
Pengunjung akan mendapat banyak pelajaran, baik tentang wawasan mengenai bencana tsunami, beragam tekhnologi, juga pesan moral yang mendalam untuk siapapun yang menyakasikan beberapa peninggalan dan cerita menyedihkan bencana ini.

Jadi nggak Cuma jalan-jalan dan refreshing saja, pastinya wawasanmu akan bertambah, guys!

Lokasi Museum Tsunami Aceh sangat berdekatan dengan kawasan museum Sejarah Aceh, termasuk area pemakaman Kerkhoff Peucut.

Sekarang kita bahas Museum Sejarah Aceh, yuk!

Museum Sejarah Aceh

Masih seputaran wisata sejarah di Banda Aceh, Museum Sejarah Aceh juga menarik untuk kunjungi. Beberapa benda peninggalan berupa pakaian adat, peralatan rumah tangga, pertanian, hingga senjata tradisional tanah rencong tertata rapih di museum ini.

Selain itu, beberapa manuskrip kuno beserta foto dan rangkaian sejarah perkembangan Masjid Baiturrahman juga dapat kamu simak di sini, gengs!

Sumber: lintasnasional.com
Beralih ke bagian lain Museum Sejarah, kamu akan dibuat terpesona oleh lonceng Cakradonya yang telah berusia ribuan tahun, sekitar 1400 tahun usianya. Lonceng ini merupakan pemberian Laksamana Cheng Ho yang ditujukan kepada Sultan Iskkamur Muda.

Sumber: google

Sebagai Museum peninggalan kerajaan Aceh, di Museum Sejarah, kamu juga akan menemukan kompleks makam dari para Sutan Aceh, salah satunya adalah Sultan Iskandar Muda, juga beberapa pemimpin dan pembesar Kerajaan Aceh yang telah membawa kerajaan Aceh menjadi sangat berjaya sekitar abad ke-13 hingga 19. 

Taman Gunongan / Taman Cinta Sultan Aceh

Tak hanya mengenai perkakas dan benda peninggalan kerajaan, Taman bernama Gunongan juga turut melengkapi jejak sejarah punggawa Kerajaan Aceh. 

sumber: google
Menurut cerita sejarahnya, taman ini sengaja dibangun khusus untuk istri Sultan Iskandar Muda agar bisa mengenang kampung halaman istri sang Sultan yang berasal dari Pahang, Malaysia.

Sumber: http://baritoko.blogspot.co.id/2011/04/gunongan-budaya-sejarah-aceh.html
Yang dimaksud Gunongan adalah bangunan berwarna putih yang ada di dalam taman tersebut. Gunongan merupakan bangunan unik seperti gunung kecil yang menyerupai perbukitan yang mengelilingi Istana Putroe Phang di Pahang.

Duh duh, Sultannya cinta banget yah sama istrinya. So sweettttt:D

Komplek Pemakaman Kherkoff Peucut

Beralih menuju ke bagian wilayah sekitarnya, kamu akan menemukan komplek pemakaman Belanda bernama Kherkoff. Para tentara Belanda yang kalah dalam pertempuran perang Aceh dimakamkan di area ini.

sumber: google 

Jadi. pemakaman Kherkoff Peucut merupakan saksi bisu dashyatnya Perang Aceh ya, guys!

Jika cukup tertarik mengenal lebih dalam sejarah kerajaan Aceh, pastinya kamu nggak akan melewatkan museum yang berada di Jalan Alauddin Mahmud Syah ini.  Selain kaya dengan wisata sejarahnya, aku juga penasaran sama kuliner-kuliner Aceh.

Any idea guys? Secara anaknya cuma tahu mie Aceh aja hehehehe :””)

Jadi, tetap cintai negerimu, dan kenali sejarah bangsamu, guys! Happy Traveling.

Love,
Ifa


20 comments

Mau banget makan mie goreng Aceh langsung di Aceh :9

Reply

aku belum pernah ke Aceh nih sist

Reply

Aku mau ke aceeeeeh. Kebetulan ada pabrik semen andalas juga di sana, eaaaa.. *lan jalan sambil karejo* :))

Reply

Whislist semoga suatu hari kesampaian ke Aceh :D

Reply

Sudah sering aku membaca tentang wisata di Aceh.. makanya jadi penasaran banget pengen ke Aceh suatu saat nanti.. semoga kesampaian deh..

Reply

banagunana museumnya keren banget , aku suka lihat museum, waktu ke padang juga bangunan museumnya keren pakai rumah adat gitu

Reply

Whoaaa aku pengen ke Padang juga. Mau makan sate padang langsung di sana. Mau ke jam gadang juga :D:D:D

Reply

Aaamiiin hihi. Thankyou vika udah mampir :D

Reply

Iya nih Mbak Rita, sama akupun penasaran abnget sama Aceh, sama wisata Aceh dan kebudayaannya :D

Reply

Cus ke Aceh sist masukin list travelling :D

Reply

azeeek sambil menyelam minum air yah sist :p

Reply

SAMAA KAKWINA!! hihi mau kulineran di Aceh langsung di Acehnya :D

Reply

saya tinggal di aceh mbak, hihi.. klo k aceh jgn lupa k pantai2ny juga mbak, hehe. Salam kenal

Reply

Denger kabar ada gempa lagi aceh ya mbak.... Mbak dina amankah?

Reply

Mudah-mudahan Aceh bisa kembali membaik, aamiin.

Salam,
Syanu

Reply

museum tsunaminya baguuusss >.<
kapan ya bisa aceh ini :(

Reply

Insya Allah aceh dapat pulih segera, aamiin

salam
gabrilla

Reply

Sama dong, aku juga tahunya Mie Aceh :D
Kalo makanan cepet deh nyahutnya :p

Reply

Pantai di Sabang - Aceh bagus banget katanya. Baru katanyaaa belum kesana langsung hiiiks ��

Reply

Kalo ada kesempatan, pengen banget ke sana, jelajahin tiap-tiap sejarahnya <3

Salam,
Gianta

Reply

Thankyou for visiting my blog. Let's connect & be a friend:D

Cheers,
Ifa

Powered by Blogger.