Menu
/
"Emang bisa yah travelling yang naik-naik manjat-manjat kayak gitu pakai rok? 
"Serius lo, travelling ke alam gitu pakai rok? Pakai dress? Nggak takut ribet? Nggak takut nyangkut yah"

Pernah nggak sih kalian mendapat pertanyaan di atas, guys? Khususnya buat kamu-kamu yang hobi pakai rok, dress, dan teman-temannya kayak aku. Sebulan yang lalu, travelling singkat aku di Yogyakarta memang mendatangi tempat-tempat wisata alam yang melalui jalan lumayan mendaki dan ada adegan panjat memanjat.


Bahkan di salah satu foto dari koleksi Jogja trip yang aku unggah di instagram mendapat sebuah komentar seperti di bawah ini:
"Sist, asli lo manjat-manjat kayak gitu pakai rok?"
Pertanyaan singkat di kolom komentar dari teman semasa kuliah akhirnya menggelitikku untuk menuliskan postingan ini. Kenapa nggak aku menuliskan tips singkat untuk nyaman travelling menggunakan rok dan dress. Pakaian yang kita gunakan tentunya tidak akan menghalangi aktivitas kita. Apalagi untuk liburan yang tujuannya untuk bersenang-senang dan melepaskan beban serta pikiran.

So, here we go!



Tips Nyaman Memakai Dress dan Rok Saat Travelling


1. Pilih rok / dress dengan bahan yang nyaman dan mudah menyerap keringat

Di foto ini aku menggunakan dress tanpa lengan sebagai dalaman yang berbahan jersey :D

Ini penting banget, guys! Kenyamanan adalah nomor satu. Nggak mau kan travelling malah bikin ribet karena kamu salah pilih kostum dan bikin kamu ribet saat mengunjungi tempat wisata?

Big no deh buat bahan-bahan rok / dress yang bikin kamu berat melangkah. Aku sendiri prefer menggunakan rok / dress dengan bahan jersey yang super adem. 


2. Memilih dress / rok  dengan model dan potongan yang lebar sehingga bebas bergerak

Pencil skirt emang oke banget, guys! Tapi kalau kamu travelling ke tempat-tempat wisata alam yang jauh dari jalan mulus dengan tempat melangkah yang indah ala catwalk mending nggak pakai model rok sepert ini. Model A line dengan bagian bawah yang melebar merupakan pilihan yang tepat karena nggak bikin kamu jalan kesusahan dan bisa melangkah dengan lebar.


Udah cocok syuting twilight belum, bareng babang Edward Cullen? :D

Rok model lipit atau lebih dikenal dengan pleated skirt yang memiliki bagian bawah yang lebar sangat cocok untuk menemani liburanmu, guys. Seperti foto di atas saat ke daerah wisata Hutan Pinus Imogiri di Jogja. Biar dapat spot foto yang kece wajib banget naik ke atas spot foto tersebut yang berada di atas pohon.

Manjat is a must!

Karena pakai rok yang lebar, cus aja deh naik ke atas pohon. Rok dengan model A line yang memiliki potongan bawah lebar bisa kamu angkat dan ikat di pinggang untuk memudahkan memanjat tangga seperti situasi aku di atas saat berkunjung ke Hutan Pinus Imogiri.

Photoshoot ala-ala. Mumpung tempat mendukung dan ada fotografer kece. my lovely: Nia Nastiti

3. Memakai Celana Dalaman, ex: legging / training

Peralatan perang satu ini nih yang nggak kalah penting, guys!  Wajib banget hukumnya buat kamu yang hobi pakai rok / dress / gamis untuk memakai celana dalaman seperti legging / celana training. Celana sebagai dalaman ini maha penting saat kamu sedang di situasi yang mewajibkan untuk angkat-angkat rok. Tentunya juga jangan pilih celana dalaman yang terlalu ketat yah.


Duh kalibiru, pemandanganmu yang super indah bikin nggak bisa move on nih :D

Masih dari Jogja Trip, lagi-lagi demi mendapatkan spot foto yang super kece, aku dan teman-temanku, My Blogger Horeey babe harus menapaki tangga untuk naik ke spot panggung saat kami mengunjungi Wisata Alam Kalibiru. Tidak hanya spot untuk berfoto, jalanannya yang berbentuk curam dan banyak tangga juga menuntut kita untuk lebih berhati-hati agar tidak terserimpet dan terjatuh.

Makanya, penting banget gengs untuk memakai si celana dalaman itu, baik legging maupun training.

Tips selanjutnya adalah......

alas kaki

alias sepatu

4. Memilih Alas Kaki yang Nyaman dan Sesuai Kebutuhan

Selain jangan sampai salah kostum, jangan juga sampai salah sepatu. Karena alas kaki yang nyaman itu penting banget, gengs! Kalau salah pilih sepatu bisa-bisa kamu cranky lho karena kakimu lecet atau pegal-pegal. 

Hiiy nggak banget kan?

Padahal kamu udah sengaja meluangkan waktumu untuk relax dan refreshing.


Suatu ketika di Beukenhoff resto, Museum Ullen Sentalu
Saat liburan singkat kemarin di Jogja, aku yang memang anaknya mageran hanya membawa satu alas kaki saja. Mid-wedges yang menurutku merupakan perpaduan platform wedges dan sendal gunung ini nyaman untuk aku pakai liburan dengan destinasi wisata alam. Solnya empuk, asik. So far, aman dan nyaman sih digunakan dalam waktu lama.

Tapi emang lebih recommended pakai kets atau sneakers untuk jalan menanjak dan curam seperti di Kalibiru atau saat ke Kebun Buah Mangunan kalau kamu berkunjung ke Jogjakarta :D
Setelah naik turun di Kebun Buah Mangunan

Meskipun saat liburan singkat di Jogja kemarin aku sempat membeli sendal jepit kuning bermerk swallow saat ke Pantai Baron. Tadinya dikirain mau main basah-basahan di pantai. Selain itu tempat turun mobil juga mendukung banget buat beli sendal jepit, becek sist! Tapi sepatu sendal yang aku bawa tetap juara kok :D

Recommended banget lah, merknya MKS, bisa cek di instagramnya :D *bukanendorse* *cumaloyalcostumer*

Btw, postingan liburan Jogja Trip menyusul yah:)


Bersama sendal jepit kuning merona, swallow! :)


Jadi, buat kamu yang senang memakai rok ataupun dress sebagai outfit andalanmu sehari-hari nggak perlu khawatir lagi guys. Yang penting adalah pastikan kamu nyaman dan aman dengn outfit yang kamu pilih apapun situasinya. Sesuaikan juga kebutuhanmu yah guys. Meskipun menurutmu heels itu nyaman banget digunakan, tapi nggak lucu juga kan yah kalau ke pantai atau menaiki tangga-tangga curam, alas kakinya heels.

Btw, aku punya kabar gembira nih guys! Selain Hari Senin besok adalah peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan juga tanggal merah jadi kamu libur. Ada juga berita gembira lainnya nih, guys! 

SALE SALE SALE EVERYWHERE!!!!
Sudah bisa tebak kan ada apa? 12.12 = HARBOLNAS 2016, guys!!

Jadi persiapkan diri kamu menghadapi super sale tersebut.

Mau beli rok baru, dress baru, sepatu baru, ataupun sunglasses baru, maybe untuk persiapan liburanmu?

Nah, jangan sampai deh kamu melewatkan kesempatan belanja dengan diskon yang gila-gilaan di Harbolnas.

Terakhir, sekian fashion tips kali ini. Semoga tips-tips di atas bermanfaat yah :)

Feel free kalau kamu mau menambahkan tips andalanmu juga.

Love, 
Ifa :)

33 comments

Halo salam kenal ;) hore punya teman yang suka jalan2 pakai dress! Aku termasuk yang ke mana2 pakai rok dan dress, ga pernah merasa risi bahkan waktu harus manjat2 atau flying fox pakai rok :D setuju, yang penting nyaman dan aman. Kudu parepare juga. Satu tips lagi dari aku, kalau bisa warna legging/celana sama dengan rok luaran biar tetap merasa nyaman. ;)

Reply

*prepare (duh autocorrect) xD

Reply

Kompakan dulu kita bayik, emang paling enak tuh make rok kemana-mana hihihi....klo gie milih gamis biar ga rempong, potongan A line jadi tetep nyaman atau classic juga enak kok, bahan sih kemaren pakai jersey sama katun ima 😉

Reply

Yay nisa makasih udah mampir dan makasih juga tipsnya:D
Bener banget tuh ya pakai celana dalaman/legging dengan warna yg sama. Tapi nggak punya semua warna nih huhu

Hehe tp kalau aku biasanya pakai warna netral kayak hitam, abu, nude, sama baby pink:)

Reply

Yeaay tos mamtir:D
Iya pakai katun ima super adem juga yah:)

yg penting adem, nyaman dan nggak ribet. Jadinya happy deh selama liburan & travelling:)

Reply

foto2nya cakep banget deh, Jogja memang makin banyak aja spot wisata yang keren..
buat daleman celana panjang bahan apa sih yang nyaman buat jalan?
nggak betah pakai legging kalau seharian, panas he..he..

Reply

Hehe iyah nggak enak memamg kalau pake legging apalagi terlalu ketat seharian. Aku biasanya pakai bahan kaos yang adem hehe

Taunya bahan kaos aja nggak tau detailnya :"")

mamacih udah mpir ka monda.

Iya blm puas nih menjelajah jogja

Reply

Hehe iyah nggak enak memang kalau pake legging apalagi terlalu ketat seharian. Aku biasanya pakai bahan kaos yang adem hehe

Taunya bahan kaos aja nggak tau detailnya :"")

mamacih udah mampir ka monda♡

Iya blm puas nih menjelajah jogja :"")

Reply

Aku cenderung milih pake jeans atau celana pendek kalau lagi liburan. Tapi postingan kamu bikin mikir-mikir, lucu kali ya pake rok pas traveling. Hehehe.

Reply

Jujur sih fa, kalau aku masih ribet kemana-mana pake rok. Ngampus atau ngantor aja rasanya ganggu banget buat pake rok. tapi mungkin tips ini nanti berguna buatku pas tiba-tiba mesti pake rok pas travelling hehe

Reply

jangan lupa beli jas hujan yang bawahanya rok,,hehe kan ribet kalo celana padahal kita pakenya rok hahahaa

Reply

Aku pernah jugaa pake rok manjat2. Kalau udah biasa mah nggak jadi soal. Apalagi tips2 dri ifa ini memang membantu buat skirt user jadi nyaman manjat2. Aku setuju sama kamu. Hehe
Eh kok aku pas baca blogmu ini seperti mau aku naratorin deh. xixixi

Reply

Harbolnas ngga beli apa2 kaaak.. padahal pengen beli rok hahahah XD Banyak yg memilih memakai celana untuk traveling dengan alasan lebih praktis & ngga ribet, tapi semua alasan itu terbantahkan dengan tulisan ini. Good job bayik!

Reply

Kece ifa pakai rok pas travelling dan tetep fashionable 😍😍😍😍

Reply

Keceee iih ifa.. Ttp bisa pake rok yaa buat travelling

Reply

tipsnya aku catet bgt nih, pengen coba biasa pake rok tapi masih suka belibet sendiri jalannya, hehehe x)
btw itu sendal MKS nya cuco ih, udah lama pengen juga tapi belum beli aja :p

Reply

wkwkwk ayuk beki sist mumpung lagi sale~~~~


hihi cus dicoba biasain pakai rok :D

Reply

hihi asik deh dinaratorin~~


Yup rok masih oke dan nyaman kok buat dipakai bermanjat ria. Hehehe alhamdulillah yah tipsnya bisa diaplikasikan :D

Reply

Aku klo travelling masih pilih pake celanaaa. Kecuali jalannya jalan2 cantik semacam ke eropa kali yaaa,hahaha *ngarep*

Reply

Enakeun liat foto2nya mba meski pake rok keliatan ttp elegan n anggun namun ga membatasi ruang gerak. Nice sharing :)

Reply

aku belom bisa nih nyaman pake rok kecuali rok lebar :D

salam
nia

Reply

Hai Nia, salam kenal :D

Mungkin bisa pelan-pelan dicoba dan dibiasakan :D

Reply

Hehehe mamacih herva :D

Alhamdulillah yah kalo enak dilihat

Aslinya mah ku suka rempong~~~

Reply

wkwkkwkw amiin jalan jalan ke eropa. ku mau juga sist ke eiffel~~

Reply

Yeay!!! Makasih mamih udah mampirin :D

Reply

akupunya mantel yang ala ala coat panjang gitu Kak innayah. Atau jas ujan 10an tuh yang suka di stasiun heheheheh rok friendly kan :D

Reply

Cobain pake rok pas travelling kak wina dan rasakan sensasinya hehehe, jangan lupa pakai celana buat daleman :p

Reply

Eaaakkk!!! Ku tunggu foto foto syantik ema lagi travelling pake rok yah! <3

Reply

Mbaa Ifaa, cantik banget pakai roknya. Kalau pakai rok kadang malah kerasa lebih bebas ya mba. Bisa nari juga sambil melebarkan roknya, Hehhehe

Reply

tipsnya sangat membantu sekali kak palagi yang memang selalu bingung kalau mau memakai dress/rok saat travelling..

Reply

I like your posting as i am also planning to wear a long skirt. Searching for a reference. Mau pakai skirt di Jogjakarta juga.;D

Reply

Thankyou for visiting my blog. Let's connect & be a friend:D

Cheers,
Ifa

Powered by Blogger.