Barang Ketinggalan Di Kereta? Ini Solusinya...

Barang Ketinggalan Di Kereta? Ini Solusinya...


Hallo, selamat sore. Teman-teman pernahkah ketinggalan barangnya di kereta? nah, saya baru banget kemarin mengalami hal itu. Sebagai pengguna KRL alias commuter line setiap harinya, baru pertama kali barang yang saya bawa tertinggal di kereta. Sealu ada pengalaman pertama untuk suatu hal bukan? Mungkin sudah takdir kali yah...

sumber google, dengan editan di canva
Kereta pada malam hari saat pulang kerja mauapun pagi hari saat berangkat kerja terkenal dengan penuh sesak. Jangankan untuk duduk, untuk berdiri saja sudah berdesak-desakan. Sudah bagus tak terinjak dengan penumpang lainnya. Untuk itu, demi bisa berdiri dengan lebih leluasa, barang bawaan sepert tas, goodybag, maupun plastik belanja sebaiknya ditaruh di tempat penyimpanan barang. 

Sayangnya penyimpanan barang terletak di atas tempat duduk jadi rawan untuk tertinggal. Apalagi seperti saya yang pejuang kereta PP, Setelah berdiri sepanjang Tebet hingga Depok, biasanya saya mendapatkan tempat duduk di Citayam atau Bojong gede. Nah, resiko tertinggal  karena lupa semakin besar ketika akhirnya mendapat tempat duduk.

Kok bisa ketinggalan?

Jadi kemarin ceritanya saya habis mini halal bihalal dengan teman-teman blogger ala-ala saya di Plaza Semanggi. Di sana kami berbagi oleh-oleh dan akhirnya pulang ke rumah bawa oleh-oleh banyak deh. Ada Kak Lisnatuljannah dengan sanjaynya, kak Sandra dengan kerupuk seblak, Kerupuk udang dari mami tiri Anggi Swastika, dan getuk pelangi dari sisteriuz Nia Nastiti. Dan seperti biasa, ditraktir dessert favorit sama ratu chatime Aie Aryulie.

Keseruan mini halal bihalal ala-ala (sumber : instagram imusyrifah )

Nah drama menuju barang ketinggalan bermula ketika di Stasiun depok saya dapat duduk. Duduk anteng deh sambil nonton drama korea yang baru didownload ; doctors. Baru episode awal ternyata seru. Untungnya stasiun tempat saya turun nggak terlewat. Turun dari kereta saya masih asyik menonton, tanggung tin ggal dikit lagi beres. Ketika saya tap exit kartu multi trip saya, barulah saya sadar: "Ya ampun, oleh-olehnya ketinggalan!!"

Hmm..awalnya saya sempat berpikir, yah ya sudah deh diikhlasin saja. Tapi saya berpikir lagi: Masa sudah dikasih oleh-oleh dibiarkan begitu saja?  Akhirnya saya memutuskan untuk berbalik arah dan bertanya pada petugas stasiun KA. 

Barang ketinggalan di kereta memang bisa balik?
Bisa kok, ini dia solusinya....

yeay, infografis pertamaku!!!:D (dibuat dan diedit di canva)
Ini dia langkah-langkah yang harus kamu lakukan supaya barang kamu yang ketinggalan bisa kembali. Check this out!

1. Lapor pada petugas KA terdekat
Jangan mudah putus asa dan terlanjur mengikhlaskan yah, guys. At least, ada usaha yang kamu lakukan. Jelaskan ke petugas bahwa barang kamu tertinggal di kereta dan tanyakan apa yang harus kamu lakukan. Kalau pengelamanku semalam, aku di arahkan menuju ruang announcer untuk melapor.

2. Jelaskan secara detail pada petugas di ruang announcer
Ceritakan selengkap mungkin barang kamu yang tertinggal dan kereta yang kamu naiki. Berhubung aku kemarin baru turun kereta langsung melapor, maka petugas di ruang announcer masih hafal nomor keretanya. Tapi pasti hafal sih, soalnya tertera di layar komputer sih. Kemarin aku menceritakan sedetail mungkin : Barang saya plastik transparan dengan ukuran lumayan  besar, ada tulisan malang Strudelnya pak. Di dalamnya ada kerupuk seblak, sanjay, sama kerupuk udang.

Setelah mendapat informasi lengkap, petugas di ruang announcer akan langsung menghubungi petugas yang berwenang di stasiun selanjutnya. 

3. Surat Bukti Kepemilikan Barang
Agar meyakinkan petugas di tempat kita mengambil barang, eptugas KA tempat kita melapor akan memberikan surat bukti kepemilikan. Sebelumnya sudah ditelfon juga ke petugas berwenang di stasiun selanjutnya dan diinformasikan bahwa kita akan mengambil barang yang tertinggal. 

4. Yeay, barangpun kembali!
Tiba di stasiun selanjutnya, tempat kita mengambil barang, barang kita sudah diamankan di ruang informasi. Tinggal tunjukkan bukti kepemilikan barang dan barang kamu kembali deh:D

Nah, ternyata barang kita yang tertinggal di kereta bisa kembali. So, jangan buru-buru panik dan putus asa duluan yah kalau mengalami kejadian seperti saya. Tetap tenang, berpikir positif, dan melapor pada petugas KA terdekat yah.

Tearkhir bonus foto yah :)
Our happy face 
Semoga tips ini bermanfaat yah manteman. Kalau mau turun kereta diingat-ingat lagi barang yang dibawa, jangan sampai kejadian kayak saya yah. Tapi...setelah saya pikir-pikir, kalau semalam barang saya nggak ketinggalan saya nggak akan tahu langkah apa yang harus saya lakukan kalau ada barang saya, keluarga, ataupun teman yang tertinggal di kereta.

Well, pengalaman adalah guru paling berharga.

Ciao! happy weekend:D

xoxo,
ifa yang besok libur. hurray!







CONVERSATION

19 komentar:

  1. Lucu infografisnya fa... ternyata ga seribet yg dikira ya kalo ada barang ilang. Thanks infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mamaci udah mampir retno. Iya Alhamdulillah yah ternyata jangan buru2 yaudah deh kalo ketinggalan pasrah aja:D

      Delete
  2. Wah suami baru aja ngalamin juga mba menjelang lebaran. Unthngnya oetugas tanggap..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya alhamdulillah yah Mbak Ira. untung ketemu petugas yang baik:D

      Delete
  3. Eh, ternyata bisa ya? Biasanya kita bakalan langsung mengikhlaskan saja hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak nurul ternyata bisa. haha pelajaran yang aku dapet : jangan mudah mengikhlaskan :'DD

      Delete
  4. Ahay nampang di blog Neng Ifa hitz ;)

    ReplyDelete
  5. Aaah baru bacaaa!! Nampang di blog heitsnya Ifa, jadi brasa kece bgt... Plus infonya berguna banget sissi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwk mami chef. Makasih udah mampir :D

      Delete
  6. Wah bermanfaat sekali infonya ifa :D makasih ya udah sharing :)

    ReplyDelete
  7. ya ampun, anak bawang....mami jadi terhura bisa nampang di blog ketjeh ini #berkaca2
    Alhmadulillah ya masih rejeki oleh2nya balik lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakakak lebay nih mamtir!!! Iya alhamdulilah yah mamtir :'D

      Delete
  8. Yaduuuuu ketinggalan barang di kereta emang riskan banget yaa! Btw thank you Ifa udah sharing, berhubung daku anak kereta juga jadi langsung alert, hehe.
    Main-main ke blog yaa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya banget ratri jadi sekarang kayak agak waspada gitu. Kan pengalaman adalah pelajaran berharga #tsah. Oke ku akan main ke blognya Ratri:)

      Delete
  9. kalo aku jadi petugas keretanya aku mau minta jatah keripik sanjay sm malang strudel wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkkw jangan dong kakak nanti jatahku berkurang ehhehehe. untung bukan mbak nining yah petugasnya :p

      Delete
  10. Aku baru tau loch caranya gitu.. Kayaknya kalo aku palimngan juga udah pasrah, ya udahlah yaaa.. hahaha
    Nice share ifaaaa... ^^

    ReplyDelete

Thankyou for visiting my blog. Let's connect & be a friend:D

Cheers,
Ifa

Back
to top