-->
Menu
/
Yayy! My travel stories is back! Pernah nggak sih punya suatu tempat yang pengeeen banget kamu kunjungin? Aku tebak sih pasti iya kan jawaban kamu? Kalau buatku selain Bangkok, karena ide travelling ke Bangkok itu baru muncul pas SMA atau kuliah gitu ya lupa-lupa inget. Aku tuh pengen banget berkunjung ke Belitung. Dan alhamdulillahnya, di pertengahan tahun 2017 kemarin aku berhasil mengunjungi destinasi impianku sejak lulus SD. Tepatnya sejak pertama kali membaca tetralogi novel Laskar Pelangi.

Btw disclaimer: tulisan ini akan panjang ya guysss.

Finally I did it!!!! Visit Belitung 2017!!! By the way, sebenarnya aku masih hutang buat cerita liburan di Malang, Bandung, maupun Jogja. Next ya!! Kenapa aku pengen nyeritain duluan kemana aja sih aku pas Visit Belitung 2017 kemarin? Karena I'm sooo excited sama cerita travelling aku pas liburan singkat ke Belitung kemarin. Secara gitu ya Belitung merupakan travel goals aku. Pas kesampaian bisa ke Belitung tuh rasanya masih kayak mimpi. Percaya nggak percaya gitu. ALHAMDULILLAH dan MAKASIH YA ALLAH. So happy!

"Bermimpilah, karena Tuhan  akan memeluk mimpi-mimpi itu."
-Andrea Hirata, Sang Pemimpi


Buat teman-teman semua selamat menikmati dan semoga yang mau liburan ke Belitung bisa terbantu ya dengan destinasi Visit Belitung aku. Liburan aku ke Belitung tahun kemarin awalnya cuma iseng-iseng dan masih wacana bareng Mbak Karin, my office sister soul. #azek 

Nah pas ide ini ngomongin sama anak-anak yang lain, geng millenials di kantor, ternyata pada mau juga dan pada excited banget. Mulailah kita menabung deh. Terhitung sejak satu atau dua bulan sharing-sharing Visit Belitung, akhirnya kita sepakat buat jalan-jalan ke Belitung sebelum bulan puasa.

Di Visit Belitung ini, aku bersepuluh bareng teman-teman kantorku. Ada Mba Karin, Kak Dilla, Esther, Bella, Icat, Rifky, Dyar, Mutia, dan Mas Aldy. Berhubung kta masih fresh graduate jadi bikin budget liburan yang budget friendly. Untuk harganya sesungguhnya aku lupa-lupa inget yah guys, tapi untuk biaya pesawat PP pakai pesawat Sriwijaya Air dan NAM Air kena budget kurang lebih 760ribuan. Cukup hemat kan ya? 

Kalau untuk bersih segala macam dari penginapan, pesawat, transportasi, parkir, tiket masuk pantai, hopping island, dan akomodasi (minus tiket masuk Museum Laskar Pelangi, makan, oleh-oleh dan jajan pribadi) masih di bawah 2 juta sih all in. Ini aku lupa-lupa inget ya, nanti ku make sure dulu ya sama sesi budgetting.

peta Belitung

Buat jajan juga ngga banyak-banyak banget kok guys. Paling jajan di pempek Mamario, Es Jeruk Koentji, nongkrong di Kong Djie, makan Mie Atep, dan Aqua aja. Sama snack ringan sih kalau yang mau. Sisanya udah full time sama jalan-jalannya. Buat yang pengen dapet mantai, island hopping, berenang, snorkeling, pokoknya pengen manjain mata dan diri dengan keindahan yang alam banget dan nggak macet aku sih rekomen banget kamu buat Visit Belitung.

So, ini dia destinasi aku dan geng millenials klojet pas Visit Belitung 2017 dengan total waktu menginap 3 hari 2 malam. Aku bagi per hari aja yah gengs! Soalnya kalau langsung day 1-3 pasti akan kepanjangan banget.

DAY 1: Replika SD Laskar Pelangi, Museum Kata, Kampung Ahok, Pantai Burung Mandi, Vihara Dewi Kwan In, Kopi Kong Djie, Makan Seafood

Aku dan geng millenials sampai di Belitung jam 11an gitu kalau nggak salah. Oiya untungnya temanku, Rifky, tahun lalu sudah pernah liburan ke Belitung tapi deseu belum puas karena pas kesana musim hujan. Jadinya kami sudah aman untuk urusan transportasi. Tinggal duduk anteng. Sesampainya di Bandara Internasional H.A.S Hananjoeddin, kami sudah dijemput oleh Pak Temi (supir sekaligus guide yang menemani kami berwisata di Belitung).

Oiya untuk bersepuluh kami memilih menaiki mobil Hi-Ace. Masih sisa satu slot, guys.

Kesan pertama pas sampai di bandara: "Wew, ini bandara apa kantor kecamatan?" hehehe. Jadi pas keluar lintasan dan turun dari pesawat terus masuk bandaranya langsung kelihatan tempat ambil bagasi dan nggak jauh langsung ke pintu keluar. Sisi positifnya adalah nggak bakal nyasar kalau ke sini.
foto di photobooth bandara

Turun pesawat biar ala-ala turis gitu, kita foto-foto dulu deh. Sayang nggak komplit personilnya karena ada yang ngurusin bagasi dan ada yang antri kamar mandi.

Oke, kita mulai dari destinasi pertama Visit Belitung 2017 yaitu Replika SD Laskar Pelangi. 

Replika SD Laskar Pelangi

Jujur aku excited banget pas berkujung ke sini!!! Bahkan ngeentar-entarin jajan pas pulang aja karena nggak sabar buat eksplore ke dalam hehee. Keren ngga tuh pesona Replika SD Laskar Pelangi yang bisa buat seorang Ifa si anak demen jajan jadi bisa menahan diri dulu? The power of dream dan Laskar Pelangi memang ya.

Jarak dari bandara ke Replika SD Laskar Pelangi sekitar 45 menit (kalau aku ngga lupa ya) dan ini tanpa macet guys. Jalannya lancar banget ngga ada macet setitikpun. Kece yah. 

Di depan gerbang masuk replika SD Laskar Pelangi
tampak depan sd laskar pelangi

Aku dan manteman geng millenials sampai pukul 12an di Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi, Manggar. Dan itu lagi hot-hotnya banget alias lagi super duper panas guys. Makanya pas turun dari mobil buru-buru ngolesin sunblock lagi. Biar nggak item, sis!

Bawa topi dan sunglasses juga penyelamat banget jadi nggak silau dan nggak panas. Pas kami sampai di replika SD Laskar Pelangi lagi lumayan penuh banget guys, ada rombongan yang lagi outing dan yang liburan juga. Buat foto di tengah lapangan udah ngga kece sama sekali pokojnya saking ramainya. Jadi kita antri foto di dalem kelasnya dulu deh.

recreate lagi belajar geng laskar pelangi

Sesi foto di dalam kelas seru karena recreate ala-ala geng laskar pelangi lagi belajar. Jadi ngebayangin mereka dulu belajar kaya gimana. Btw, buat yang belum tahu, SD Muhammadiyah Laskar Pelangi yang kami datangi merupakan replika dari SD muhammadiyah Manggar yang sesungguhnya. Tapi dibuat semirip mungkin dengan aslinya. Sementara bangunan asli SD Muhammadiyah Laskar Pelangi kini sudah direnovasi menjadi Madrasah Aliyah pokonya yang sejenis SMA gitu, ini aku diceritain sama Pak Temi.

Me,kak DIlla and Bella

Aku dan teman-temanku terutama Mutia sih dan Dyar pengen banget foto ala-ala upacara gitu di depan bendera. Tapi karena lagi ramai jadi kurang oke sih hasilnya. Oiya, berhubung banyak tempat yang penuh akhirnya manteman aku pada inisiatif nyari spot foto yang kece. Kak Dilla sama Bella nemu spot OOTD yang super kewl dan sudah kutulis juga di blog. Kalau MbaKarin dan Esther asyik foto-foto di dekat plang SD Laskar Pelangi yang ngga kalah oke juga.

mejeng dulu depan sekolahan

Btw, the perks of gapake jasa tour & travel adalah kita bebas menentukan waktu. Jadinya mau foto-foto juga aman dan nggak diburu-buru waktu. Akhirnya setelah 30-45 menitan rombongan yang outing dan study tour buba, yash kita benas foto-foto. Berasa jadi punya sekolah deh jadinya. Meskipun udah panas banget yah karena udah tengah hari.

( Baca juga: SPOT OOTD Wajib Di Replika SD Laskar Pelangi )

Ini dia ya beberapa foto-fotonya. Buat yang cowok-cowok ngga kuat mereka nungguin cewek-cewek OOTD sampai puas hahaha! Jadi mereka ngadem dan nongkrong deket tempat jual jajanan. Pas sebelum pulang jajan es jeruk koentji yang subhanallah mashaAllah Allahuakbar enaaak banget segernya puoool guys! Harganya 8000 aja. Btw ke Replika SD Laskar Pelangi bayar tiket masuk sebesar Rp 3.000 rupiah. Murmer kan?



Di SD Laskar Pelangi ini aku nggak berhenti buat flashback ngebayangin potongan scene Laskar Pelangi dari film yang aku tonton dan buku yang aku baca. Rasanya magical banget gengs! Like dreams come true. Yap. Aku seseneng itu.

Next kita pindah ke destinasi selanjutnya, yaitu Museum Kata Andrea Hirata. Karena banyaaak banget fotonya dan banyak bagian yang ingin dibahas, nanti akan aku bikin 1 postingan blog terpisah yah hehehe tapi jangka waktu nggak ditentukan ya guys. 

Museum Kata Andrea Hirata

Masih sama-sama di daerah Manggar dan nggak jauh-jauh amat dari Replika SD Muhammadiyah Manggar. Museum Kata Andrea Hirata jadi destinasi kedua Visit Belitung 2017 Day 1. Di destinasi ini nggak semua yang masuk guys. Cowok-cowok lebih memilih ngadem di mobil dan ciwi-ciwi lainnya fefotoan di depan museumnya. Buat masuk ke Museum Kata Andrea Hirata kamu harus merogoh kocek 50 ribu rupiah. Jadi yang masuk aku dan Mbak Karin doang yang notabene memang ngefans berat sama Andrea Hirata dan memang penasaran banget sama Museum Kata.

tampak depan pas udah masuk gerbang

Setelah menjelajahi setiap sudut Museum Kata Andrea Hirata yang menurutku masih kurang lamaaaa banget karena pengennya sih kayak diem, bengong, mandangin dulu setiap sudutnya sampai puas gitu hehehe. Menurutku tiket sebesar 50 ribu rupiah itu super duper worth it!! Kenapa? Karena aku SUPER BAHAGIA banget pas masuk ke dalam Museum Kata Andrea Hirata. Berasa di negeri lain dan kayak Alice in Wonderland gitu kayak ada di negeri dongeng. GEMEEEES BANGET guysss!! Warna-warni everywhere dan super colorful. Aku banget lah pokoknya.

Happy kids!!

Jadi sebenernya tiket yang kita bayarin itu  bukan tiket juga sih karena kita akan mendapatkan buku karyanya Andrea Hirata yang bisa kita bawa pulang. Selain berisi karya-karya Andrea Hirata juga menggambarkan rumah tradisional jaman dulu Belitung. Kayak dapurnya gimana, dan lain-lain. Asli aku berasa bayangin rumahnya Ikal, Mahar, Arai, Lintang, dan geng Laskar Pelangi dulu. Terus quotes buku adalah jendela dunia diilustrasikan dengan cakeeep banget dan sangat indah di sini guys. Ada ruangan di bagian dalam  Museum kata Andrea Hirata yang isinya jendela-jendela warna-warni gitu. Super duper cute maksimal.


Foto selengkapnya nanti di postingan khusus yah.

Me & Mba Karin

Setiap mandangin foto-foto di Museum Kata Andrea Hirata dan inget-inget suasananya tuh bikin bahagia dan hati adem. Dengan 50 ribu rupiah kalau kamu tipe kaya aku dan Mba Karin akan merasa tempat tersebut bikin hati damai dan adem. Hehehe! Dan as u can see, banyak banget spot foto menarik di sini guys. Setelah dipikir-pikir prewed bagus juga yha di sini.

Pose yang tercipta akibat kegirangan: mandangin tanah sambil mikir: BENERAN W DI SINI?

Puas dengan Museum Kata Andrea Hirata yang sukses bikin personil ciwi-ciwi geng millenials menyesal karena ga masuk ke dalam habis lihat-lihat hasil fotoku dan Mba Karin, kami lanjut ke destinasi ketiga Visit Belitung 2017 Day 1. Destinasi ketiga adalah kampung Ahok. Jujur aku lebih tertarik ke danau yang ada buayanya hehe habis kaya challenging gitu, tapi karena ga semua setuju jadi kita langsung pindah ke destinasi selanjutnya.

Oiya di kampung Ahok aku ngga ada foto-foto guys karena menurutku biasa aja hehehehhehe dan terlalu asyik makan pempek homemade ibu warung depan kediaman keluarganya Ahok yang zupeer enak sama pisang gorengnya yang bikin nagih. Kalian jangan lupa coba ya kalau ke sana persis di sebrang rumahnya pokoknya. Mantep banget soalnya bisa request fresh from penggorengan!

Habis itu kita move lagi ke destinasi selanjutnya. Destinasi selanjutnya alias destinasi keempat adalah Pantai Burung Mandi.

Pantai Burung Mandi

Hayoo apa sih yang terlintas pertama kali pas kamu denger kata-kata Pantai Burung Mandi? 
Kalau aku sih jujur kebayangnya adalah banyak burung-burung yang berderet pada mandi wkwkwkwk! How 'bout you, guyss?
 
memandang laut di ujung sana

Nah ternyata setelah ku googling dan browsing-browsing, Pantai Burung mandi ini tuh macem Ancolnya Jekardah gitu guys. Tempat nongki-nongki murah meriah. Padahal aku udah kebayang bakal berenang-berenang lucu sambil gogoleran di pinggir pantai. Jadi saran aku kalau kamu pengennya langsung berenang dan main air puas gitu mending nggak ke pantai ini. Oiya di sini banyak yang jual es kelapa yang mayan lah menemani nyore di pantai.

Vihara Dewi Kwan In

Sejujurnya datang ke Vihara Dewi Kwan In karena penasaran aja sih dan korban postingan foto instagram hehehe maklum ya naq millenials. Pas nyampe yagitu aja sih. Sesungguhnya banyak spot buat foto juga tapi berhubung kita-kita udah pada kelaperan dan capek jadi nggak semangat-semangat banget fotonya.

Tampak depan Vihara Dewi Kwan In

Apakah kamu jadi inget Sun Go Kong si kera sakti, guys?


Poin ke dua adalah, setelah diceritain Pak Temi kalo bisa diramal kita sepakat buat iseng-iseng pengen nyoba. Eits ternyata biksunya lagi ke Jakarta guys. Huhu. Buat kamu yang mager jalan menurutku juga nggak disarankan sih ke sini. Nanti yang ada kamu bete duluan. Karena menuju Vihara Dewi Kwan In kudu naik tangga dan menuju spot Patung Dewi Kwan Innya juga masih nanjak banget lagi.

Lumaya bikin ngosngosan kalau jalannya buru-buru. Prefer jalan nyantai aja guys.
Nanas nanas gemas

Karena sudah jauh-jauh dan sudah capek nanjak, kami tetap menyempatkan foto depan Patung Dewi Kwan In. Yah meskipun backlight ternyata saudara-saudara dan jarak ambil foto yang kurang bebas karena lagi ada renovasi di Vihara Dewa Kwan In.


Me & Kak Dilla. Ini ngaso karena udah lelaaah
Sepanjang tangga kenangaaan~~

Kopi Kongdjie


Jangan ngaku ke Belitung kalau belum ngopi Kopi Kongdjie.Ini sih kudu banget masuk list kamu kalo Visit Belitung, gengs! Buat pecinta kopi sih mantap bana. Serius! Bahkan Icat, Mba Karin dan Esther ketagihan banget. Nah jangan khawatir gengs, kalau kamu nggak demen kopi kaya aku, don't worry be happy. Coklatnya juga enakkk banget!!! I recommend you minum es coklatnya. ENDEUS!! Sayang karena terlalu enak ga sempet foto dan udah habis hehehe

Sesungguhnya aku masih punya stoknya di rumah. Nanti yah weekend aku foto, gengs.
.

Dayum!!!

Karena cuma pengen nongkrong-nongkrong aja kita pesan roti bakar bareng-bareng gitu. Btw di sore hari sebelum ke penginapan sebenarnya kita makan seafod dan itu endeuuus banget! Harganya pun terjangkau jadi aku sih love banget. Lagi-lagi karena kita sudah nggak sabar buat menikmati pesanan karena lafaar berat kami jadi nggak sempet buat foto. 

Meskipun kita gengs millenials tetap ya perut comes first hehe. Sempat masuk ig stories sih tapi sayang dulu belum ada menu highlight.

Buat kamu yang Visit Belitung jangan lupa cobain gangan yaitu ikan yang bumbunya kuah warna kuning dan ada nanas potongnya gitu. Sesungguhnya itu enak banget dan segar banget guys. Kamu pasti akan ketagihan.

Suasana di Kongdjie Cafe

Di hari pertama Visit Belitung 207, yang aku dan manteman millenialsku datangi adalah Kongdjie Cafe yang jadi tempat nongkrong anak-anak hits Belitung. Letaknya nggak jauh dari penginapaan kami. Meskipun kami datang di hari Jumat, tetap penuh guys. Buat yang kebayang-bayang terus sama rasa coklat dan kopinya bisa dibawa pulang yang bubuk. Mantep kan? Bisa buat oleh-oleh juga sekalian. Oke kalau kaya gini berasa ambassadornya Kongdjie nggak sih aku? Tapi memang beneran enak sih.. You must try it, guys!

Buat yang penasaran sama rasa Kongdjie ada juga cafenya di Kemang, Jakarta Selatan. Cuma aku belum pernah sih yah nyobain yang di Jakarta. Karena stok coklatku masih banyak guys~

Sekian ceritaku dan teman-temanku di Visit Belitung 2017 Day 1. Destinasi seperti ini cukup banget sih buat bepergian seharian biar kamu nggak capai-capai banget. Karena kalau berdasarkan itinerary aku kemarin, destinasi Day 2 akan full day juga. Postingan berikutnya akan bahas Day 2 dan Day 3 yah! Rencananya aku mau bikin postingan juga untuk section fashion mengenai tips outfit island hopping for hjabers, kalau buat section beauty mau bahas tips and trick nyaman liburan biar nggak belang dan gosong pas pulang. Dicicil dulu ya bro sis postingannya.

SPOILER DAY 2: ISLAND HOPPING!!

See you di postingan selanjutnya. Buat kamu yang mau ke Belitung dan mau nanya-nanya boleeh banget. Akan aku jawab semampuku dan setahuku yah.

LUVVV
Ifa yang besok masih kerja.




















7 comments:

  1. Aku jadi kangen Belituuuung. Seafoodnya, kopinya, pantainya, lautnya, ahhh.. Ke sana tahun 2011 kayaknya dan belum ke museum Laskar Pelangi ituuu, one day mau ke sana sama suami dan si ucul, hehehe.

    ReplyDelete
  2. Bayik, ngeces hahaha...kayaknya emak kudu ada diajak ke sini. BTW mau perkiraan biaya makan di sana (seafood) sama nomer dirvernya yak. Btw dikasih coba coklat juga boleh bayik ^^

    ReplyDelete
  3. Lumayan ekonomis juga ya mbak, budgetnya 2 jutaan. Ditunggu day 2 & 3-nya lho mbak, lumayan buat ditiru itinerary-nya hehe :D

    ReplyDelete
  4. NOTED!!!! Ditunggu selanjutnya Ifa sebelum gw ke Belitung juga. (15Feb anyway ahahha) Berasa tugas ya gw kasih deadline wkwkwk.

    ReplyDelete
  5. Woh hemat juga ya sis ke Belitung, ku kira mahal. Itu lautnya nyegerin banget deh sepi keliatannya pun hahaha, semoga tahun ini aku bisa halan-halan ke Belitung juga, cuss ditunggu postingan selanjutnya :D

    ReplyDelete
  6. Seru banget sihh liburan barengnya. Aku juga pengen banget ke Belitung cuma gak sempat2 juga (baca: kurang duit, hahahaha). Postingan ini ngomporin banget deh

    ReplyDelete

Thankyou for visiting my blog. Let's connect & be a friend:D

Cheers,
Ifa

Powered by Blogger.