Menu
/

Perlu Nggak Sih Menghentikan Asupan Gula Saat Diet?

Check check baby check, hayoo siapa yang saat ini sedang menjalani diet? Ngacung coba, yuk!

Menurut kamu, perlu nggak sih putus hubungan total dengan gula saat kamu sedang berdiet? 
Putus hubungan di sini merujuk ke arti nggak mengkonsumsi gula sama sekali.


Nah, sebagian orang yakin banget kalau gula berkontribusi besar terhadap gejala obesitas. Ya aku juga berpikiran serupa sih. Tapi yang jadi pertanyaan selanjutnya adalah perlu nggak sih berhenti mengkonsumsi gula sama sekali saat kamu sedang menjalani diet? 

Konsumsi Gula Saat Diet, Yes or No?


Setelah browsing sana-sini, aku menemukan fakta bahwa gula merupakan sumber energi, Oleh krena itu, berhenti mengkonsumsi gula sama sekali dalam menu diet itu sangat nggak disarankan lho, guys

Apalagi kalau kamu sampai skip makanan yang sehat karena mengandung gula seperti buah-buahan yang mengandung fruktosa dan susu yang mengandung laktosa. Big NO yah, gengs! :D

Seperti yang kita ketahui, banyak banget orang menghindari gula saat diet. Padahal gula kaya manfaat lho untuk tubuh kita. Gula merupakan salah satu sumber karbohidrat sebagai penyedia kalori yang tidak memiliki kandungan vitamin dan mineral. 

diet time!
Karbohidrat sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana. Gula termasuk ke dalam karbohidrat sederhana, karena mudah larut dalam air dan langsung diserap tubuh menjadi energi. Sedangkan karbohidrat kompleks terdapat pada beberapa jenis makanan seperti biji-bijian utuh, buah, sayur, kacang-kacangan, gandum utuh, dan lain-lain. 

Penting nih buat kamu catat, guys! Mengkonsumsi gula sesuai jumlah yang dibutuhkan dan setara dengan kalori yang kita gunakan tidak akan menimbulkan masalah pada bobot tubuh atau masalah kesehatan lainnya, seperti diabetes. Yeay!

Selain itu, mengkonsumsi gula yang terkandung dalam karbohidrat kompleks, jauh lebih baik karena kaya akan serat dan pelepasan gula dalam darah akan stabil.Nah buat kamu yang sedang menjalankan diet, lebih memilih karbohidrat kompleks sebagai bagian dari menu dietmu untuk mengurangi asupan gula.
saat diet, tetap konsumsi makanan sehat, ya! (sumber: google)

Pentingnya mengkonsumsi gula dalam jumlah yang tepat saat diet


Bagi yang sedang melakukan diet, sangat penting untuk mengkonsumsi gula seperlunya, di antaranya dengan cara berikut:

1. Konsumsi buah sebelum makan, setidaknya dua jenis buah tiga kali sehari. Konsumsi buah sebelum makan akan membuat perut kenyang, sehingga kalori yang akan masuk lebih sedikit.


Buah yang bagus kamu konsumsi saat diet dan bisa membantu menurunkan berat badan: pepaya, alpukat, pisang, strawberry, kiwi, pear, mangga, jeruk. Selengkapnya bisa baca di sini.

2.   Hindari produk makanan rendah lemak yang biasanya justru mengandung kadar gula tinggi. Lebih baik mengkonsumsi produk makanan reguler dengan porsi yang lebih sedikit. Duh, ini susah banget lho guys hehee apalagi menghindari cemilan. 

3. Ganti roti tawar, nasi putih, dan pasta dengan makanan dari gandum, seperti oat, roti gandum, dan nasi merah.  

Yuhuuu semangat!!! ;D
4. Kurangi gula untuk bumbu makanan dan ganti dengan rempah-rempah untuk menambah aroma dan cita rasa. 

5. Kurangi takaran gula pada minuman panasmu dan gantilah dengan kayu manis. Kayu manis dapat membantu menstabilisasi tingkat gula darah, sekaligus mempertahankan rasa tanpa rasa manis. Kalau aku sih suka banget kayumanis bubuk dengan madu yang diseduh dengan air hangat :D

Setuju? :D
6.    Produk makanan bebas gula seringkali mengandung pemanis buatan seperti sukralosa, sakarin, dan aspartam. Meskipun rasanya manis, produk makanan dengan pemanis buatan dapat menstimuli otak dan meningkatkan selera makan yang berlebihan. Hmm..rencananya mau diet malah makin banyak makan deh yah :')
say no to makanan-makanan enak manis nan penuh gula
Jadi sebenarnya segala sesuatu nggak akan berbahaya jika tidak berlebihan. Mengurangi gula itu boleh banget, tapi jangan sampai tidak mengkonsumsi sama sekali. Ganti dengan asupan makanan yang mengandung gula tapi sehat :D

diet problem:


 Let's start healthy diet :)
xoxo,
Ifa
18 comments

Aduuuuuh... klo udah baca urusan diet, aku yo sensi. Susahnyaaaa mo diet, godaan banyak bener hiks

Reply

Kalo ganti gula pasir biasa jadi gula jagung gimana mbak? Efektif nggak?

Reply

Aku pernah diet pas hamil kedua karena jaga berat badan bayi biar ngga lebih dari 3 kilo, syarat mau normal dari dokter. Tapi klo diet hanya makan buah gitu, aku ngga kuat biasanya :))

Reply

perempuan memang jaga penampilan banget salah satu caranya diet, dan perlu juga atur pola makan yang sehat ya

Reply

Sampe sekarang diet untuk ke BB normal jaman blm hamil dulu ngga kelaksana hahaha, tapi ya sudahlah.. setidaknya sudah turun dan baju blm terlalu sesek XD Aku jg lagi mengurangi carbo niih, tapi susah banget ngurangin yg manis2 karena suka banget sama manis2

Reply

Faaaaa, susahnyaaa sepertinya untuk mengurangi gula.
Dilemaku dan mungkin dilema semua orang :(

Putri | shecalledfashion.blogspot.com

Reply

Kalo ninggalin Gula memang sangat berat ya,,,,, Tapi kalo di kuranggi makanan yang mengandung gula kaykanya mudah, soalnya saya sudah pernah coba,,,

Reply

Ini kejadian sama temen gie nih, dia baru abis ops (bukan diet sih) dan langsung berubah makan rebusan doang (tempe dan sayuran aja) tanpa ada gula (baik dari buah2an) langsung pingsan di kantor :(
Akhirnya dia belajar kalau gula itu perlu lebih baik dari gula alami....padahal sebelumnya ngeyel gie kasih tau >,<

Reply

HIhi iya kak begiulah diet. Kebanyakan berujung wacana:""")

kemudian berujung curhat

Reply

Bisa kayanya kak. Madu lebih baik sih kalau untuk minuman :D

Reply

WKWKwk sama kak uchii. Aku pernah sok sok an mau diet cuma makan sayur aja. Baru dua hari aku udah keleyengan. Ujung ujungnya jadi ngeramen deh:""""')

Reply

Betul mbak erna. Lebih ke pola makan sehT ya lebih tepatnya. Jadi yang dimaksud dietnya menghindari asupan makanan yg berlebihan apalagi junkfood dan minyak2an:D

Reply

Dan dilemaku jugaaa:((

Kalau udah lelah butuh gula biar semangat lagi :")

Reply

Mamih udah langsing dan ideal ko BBnya. Udah 11 12 sama disas hihi


Iyak nih manis manis lebih banyak godaannya daripada karbo:*(

Reply

Sebagai penyuka minuman manis dan berwarna aku ngerasa mesti lebih semangat lagi hidup sehat ah. Thanks for sharing btw.

Salam,
Syanu.

Reply

yuk ah, yang jahat-jahat buat badan dikurangi, biar kita bisa panjang umur plus sehat

salam
gabrilla

Reply

ane malah pengen ngegemukin badan mas, karena terlalu kurus

Reply

Thankyou for visiting my blog. Let's connect & be a friend:D

Cheers,
Ifa

Powered by Blogger.