Blog workshop bareng Indonesian Hijab Blogger

Bertemu dengan teman baru dan mendapatkan ilmu baru memang sangat menyenangkan. Terlebih berkenalan dengan para hijabers sekaligus blogger cantik dalam workshop blog photo & layout yang diselenggarakan oleh Indonesian Hijab Blogger bertempat di Nutrifood Inspiring Center. 

Seru dan bermanfaat banget! Awalnya saya sempat harap-harap cemas tidak kebagian seat. Meskipun perjalanan menuju kesana penuh drama dengan abang gojek, alhamdulillah acaranya belum dimulai.

Happy us! photo credit :  Kak Ola

Workshop kali ini dipandu oleh bundo kece Kak Suci Utami dan blogger idola dengan jam terbang yang nggak perlu diragukan lagi, the adorable one, Kak Fifi Alvianto. Senang sekali rasanya, ditambah dekorasi tempat yang super cute dengan warna-warni pastel ceria. 

Saya yang masih sangat awam dengan istilah html, menggunakan adobe photoshop, dan seluk beluk tentang kamera sangat bersemangat untuk menyimak materi yang dipaparkan yang merupakan pengalaman pribadi dari Kak Fifi. 


dekorasi cantik nan menggemaskan 
love struck

Terpesona dan terkesima serta termotivasi untuk belajar lebih giat lagi dan menulis lebih rajin lagi. Super cool, ternyata hingga bisa sampai ke tahap ini ternyata Kak Fifi belajar secara otodidak lewat mbah google dengan didukung dengan kursus serta bertanya pada ahlinya. 

Workshopnya asyik, dengan duduk lesehan maka kesannya intimate. Saat workshop berlangsung pun diperbolehkan untuk langsung bertanya saat tidak mengerti. Psst, perubahan alamat blog saya pun berkat hasil pertanyaan yang saya ungkapkan saat workshop.

Kata Kak Fifi, nggak masalah kalo dulu kita pernah khilaf saat membuat alamat blog. Toh, pada masa itu, masa ketika kamu bikin blog mungkin memang sedang hits di masanya. Bahkan Kak Fifi memiliki 8 blog lho saking banyaknya tema yang ingin Kak Fifi tuliskan. Dari mulai blog curhatan ala anak SMA, wedding preparation, travel, sampai sekarang lebih concern ke parenting dan family blogger. 

Semua butuh proses. Step by step. Meski saat ini blog saya masih gado-gado karena campur aduk dan masih belum bisa fokus dengan tema. I believe I will be a pro, someday.  

Food blogger, maybe?
or Lifestyle blogger?

Tren blog di tahun 2015 ini adalah clean dan minimalis. Oleh karena itu tampilkan komponen layout yang penting saja. Adapun font yang tren saat ini adalah minimalis dan tipis. 

Berikut tips-tips yang dibagikan oleh Kak Fifi mengenai foto dan layout:

1. Jangan pernah post foto yang nggak penting di website atau blog kita, maupun foto yang jelek . Usahakan yang memiliki resolusi dan kualitas yang bagus. Kalau sudah punya kamera wajib hukumnya memilih lensa yang tepat.
----> (Hehe aduh masih agak susah di saya, yuk semangat nabung beli kamera!)

2. Syarat foto yang ideal untuk blog adalah yang clean dan rapi, untuk itu garis vertikal dan horizontalnya harus sejajar. Jangan malas untuk mempelajari aplikasi edit foto supaya bisa jadi blogger yang professional. 

3. Usahakan konsisten saat mengedit foto dengan menggunakan filter yang sama dan jangan lupa diberikan watermark. Watermark sebaiknya diberikan di space yang kosong agar tidak terkesan mengganggu ataupun jika foto ingin menonjolkan baju bisa ditaruh menempel dengan badan.

4. Konsep clean  dan minimalis. Artikel blog sebaiknya menggunakan read more dengan tampilan ideal 3 artikel dalam satu halaman. Pilih juga theme yang mobile friendly sehingga loadingnya nggak lama. Semakin bersih akan semakin ringan dan nggak nyusahin pembaca.

5. Ukuran ideal untuk body blog adalah 1000 pixel dan ukuran side bar 250 pixel

6. Dalam membuat tulisan wajib hukumnya memperhatikan komposisi tulisan dan font. Berikan lebih banyak teks untuk jenis artikel dengan menambahkan foto yang eye catching. 

7. Pilihlah font yang mudah dibaca. Ingat, jangan menyusahkan pembaca dengan memilih font yang keriting-keriting.

8. Side bar yang ideal dan rapi terdiri dari foto diri (profil), contact atau message box, sedikit ceritakan tentang blog, link socmed yang kita miliki, dan pageviews.

Setelah materi dan break, peserta pun diberi kesempatan untuk membuat mood board mengenai blog impian kita inginnya seperti apa. Super seru dan mengasah imajinasi. Saat ini masih tahapan sedikit demi sedikit mengaplikasikan ilmu yang didapat dari workshop ini. Sayangnya, saya masih kebingungan dalam membuat tampilan 'read more'. 

Anyone can help me?

after games: mood board challenge  (photo credit : Kak Qiah )
Hey, I got new friends: mahmud cantik Tia & Fia, blogger kece Yulia, dan young fashionpreneur Samia. Termotivasi banget melihat mommy muda kece yang rajin ngeblog kaya Kak Qiah Kak Ola, dan para hijab blogger lainnya yang bisa membagi waktunya dengan baik tapi tetap bisa produktif ngeblog. 

So much fun and having new friends!:D Ketemu orang-orang hebat dan menginspirasi memang sangat menyenangkan. Intinya nggak nyesel ikutan workshop ini dan antusias banget jika ada workshop semacam ini lagi. Terimakasih Indonesian Hijab Blogger . You rawk, IHB! 

Tara, ini dia isi goodybag nya. Cheesecakenya nagih banget!!

Indonesian Hijab Blogger we-fie!:)

XOXO,
your amateur blogger
Ifa

CONVERSATION

6 komentar:

  1. Tunggu workshop selanjutnya yaaa :)

    ReplyDelete
  2. seruuuu...lucu banget tempatnya,ditunggu postingan selanjutnya . jangan lupa mampir di blog saya yaa -Pecandutawa.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  3. Hai ifaa! baru berkunjung nih. hihi. akhirnya ketemu ya cara bikin 'read more'nya. Kapan-kapan klo ada workshop lagi info-info ya di grup wa.

    ReplyDelete
  4. makasih gan tentang infonya dan semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  5. terimakasih bos infonya dan salam sukses

    ReplyDelete

Thankyou for visiting my blog. Let's connect & be a friend:D

Cheers,
Ifa

Back
to top