Runaway Ran [review]


Jadian dan putus pada hari yang sama... Apalagi yang lebih menyakitkan daripada itu?
Bab: Jatuh Cinta, Jatuh Miskin, Patah hati?!  PERFECT! -hlmn 313


Judul     : Runaway Ran
Penulis : Mia Arsjad
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun   : 2013
368 halaman; 20 cm

Tara!!! ini dia wujud nyata novelnya. covernya lucu, eye-catching!!!


Halo! This is my review about ah-mazing & entertaining novel that I read this month. Udah lama banget gue kepengen beli novel baru, tapi entah kenapa tiap ke Gramedia selalu bingung mau beli apa dan kayak kehilangan taste sama novel alias il-feel gegara novel masa kini yang kebanyakan serupa. Do you feel the same, guys?

Akhirnya, minggu kemarin, selepas hangout bareng teman-teman di Kroznut & Friends dan Ichiban Sushi, gue pun memutuskan buat melaksanakan misi gue saat itu juga. Beli novel, yuhuu!

Novel pilihan gue kali ini jatuh kepada novelnya Kak Mia Arsjad, judulnya Runaway Ran. Kriteria gue buat beli novel sebenernya simpel-simpel aja. Pertama harus menarik alias bikin penasaran, nggak mainstream, dan wajib banget hukumnya : ngefeel. Meskipun gue demen novel-novel romance plus menye-menye, tapi gue anti banget kalo bahasanya terlalu puitis, lebay, apalagi bahasanya pake aku-kamu yang terlalu kaku dan too much. So sorry sih, tapi gue prefer novel yang percakapannya pake gue-elo. Lebih casual dan lebih seru aja sih kesannya. Berhubung gue jatuh cinta sama novel ini dan dilihat-lihat dari sinopsisnya ini novel oke juga, so, I take it. Voila! Ternyata saat itu juga lagi ada potongan harga sebesar 20%. Lumayan lah ya!

Gue kasih sedikit spoilernya ya. Check-this-out!

Overall, ini novel seruuuu banget! Bab-bab awal sukses bikin gue cekikikan sama kelakuan ajaibnya Katrin, Alya, Ran, dan Vivian. Katrin yang super manja, Ran yang labil, penuh misteri, dan semi freak, Alya yang terlanjur cinta mati sama Adit, sampai Vivian -ceweknya Ran- yang super lebay, norak, dan kuntilanak wannabe. Cerita pun berlanjut hingga Katrin bertemu dengan tokoh real dari komik yang dibuat oleh Ran, ‘4 Hero No Zero’, yang ternyata adalah sahabat-sahabat Ran di dunia nyata. Kisah ini bermula dari Katrin, cewek manja, yang lagi kelimpungan mencari kerjaan part time dengan maksud supaya tetap bisa menjalankan kesenangannya meskipun keluarganya sedang memiliki krisis keuangan, yaitu hal-hal khas cewek seperti online shopping, hangout bareng teman-teman, beli buku, dan fun things lainnya di luar urusan perkuliahan. FYI, Katrin ini memang terbiasa hidup enak dan serba ada, tanpa diduga-duga someday papanya terancam pensiun sehingga Katrin, sebagai anak tertua, which is udah s2 juga merasa sangat bersalah jika uang subsidi yang diperuntukkan papanya untuk urusan pendidikan Katrin pakai untuk hura-hura. Luckily, karena kepolosan dan keberuntungannya Katrin pun lolos interview dan memulai pekerjaan part timenya yang ternyata awal dari petualangannya.

Hari demi hari pun berlalu dan Katrin resmi menjadi asisten J.F Ran, seorang komikus yang sedang naik daun dengan segala tingkah anehnya yang menurut Katrin ajaib. Ceritapun berlanjut hingga tanpa sadar Katrin semakin dekat dengan Ran hingga semua pertanyaan yang ada di benak Katrin selama ini mulai terjawab satu per satu. Mulai dari tingkah ajaib Viana, kisah masa lalu Ran yang ternyata tragis, terbukanya topeng kebusukan Adit-pacarnya Alya yang totally bastard, rahasia sakitnya Mama Ran, hingga akhirnya tingkah laku gentleman ala Ran saat menolong Katrin yang dijebak oleh Dini, si banci nggak tahu malu.

Buat gue, Runaway Run ini sukses mengaduk-aduk emosi pembacanya, mulai dari bikin cekikikan, bikin kesel pengen ikutan mites Viana dan Adit, serta bikin sedih dengan kisah pilu Ran-mamanya-papanya-sampai mamanya Viana. Seru, nggak ketebak, dan yang paling penting adalaaaah...bikin happy! Apalagi scenenya Ran-Katrin setelah jadian dan rencana diam-diam Ran yang ingin memberikan cafe sebagai hadiah ulang tahun Katrin. Ulalaaaa.....sosweeet banget!

The most nyebelin part di novel ini menurut gue adalah waktu Ran dengan songongnya bikin Katrin jatuh cinta sekaligus patah hati dalam kurun waktu kurang dari 24 jam. Ugh, nyebelin! Rasanya-pengen-nujes-nujes-Ran-pake-high heels 7cm!!!

Anyway, gue juga sempat terkecoh sama judul novel ini. Awalnya gue kira Ran itu pelaku utama novel ini yang kabur karena ada suatu masalah. Eh tahunya salah.  Pokoknya buat gue ini novel recommended banget! Goodjob Mbak Mia, bikin lagi dong yang genrenya sejenis kayak gini.

Penasaran sama isi ceritanya? Silahkan temukan novel ini di toko buku terdekat!:)

With love,

Ifa

CONVERSATION

0 komentar:

Post a Comment

Thankyou for visiting my blog. Let's connect & be a friend:D

Cheers,
Ifa

Back
to top