Menu
/
Halo! Balik lagi nih sama postingan fashion Kali ini aku pengen bahas tentang outfit kondangan. Kalau buat kalian ya guys, outfit apa sih yang paling sering kalian pakai untuk menghadiri undangan teman, saudara, atau orang yang sebenarnya nggak kenal-kenal banget? Kalau aku pribadi jujur sih, outfit yang aku kenakan untuk menghadiri undangan itu tergantung situasi dan kondisinya. Kenapa? Karena sejujurnya outfit kondangan yang aku kenakan tergantung siapa yang mengundang, aku sebagai siapa, pulangnya mau pergi ke mana dan perginya naik apa. Kalau kamu?


Di postingan ini, selain mau sharing tentang outfit kondangan yang biasa aku kenakan dan penjabaran dari situasi dan kondisi yang aku sebutkan di atas, aku juga mau berbagi outfit kondangan dari influencers hijabers kece yang aku ikuti di instagram. Tentunya stylenya yang kece dan jadi ide inspirasiku outfit kondanganku. Sesuai judul postingan ini, “Insp­­­­irasi Outfit Kondangan untuk Hijabers : Formal to Casual Look.” Ide inspirasi outfit kondangan untuk teman-teman yang berhijab akan aku bedakan lagi ke dalam outfit formal dan casual ya!


Kalau flashback ke masa-masa awal kuliah, yang namanya outfit kondangan, aku sih sudah pasti akan memakai setidaknya rok batik atau atasan yang ada brukatnya gitu. Kebaya maupun dress gitu kayak wajib sifatnya. Seiring dengan perkembangan zaman, menurutku paham tersebut bergeser dan lebih fleksibel. Lebih nyantai sih tapi nggak salah kostum. Satu hal yang paling penting menurutku saat menghadiri undangan adalah memakai outfit yang pantas, enak dilihat dan menghormati empunya acara. Setuju, girls?

kanan: formal (dress batik); kiri: casual: atasan dan outer. Sumber: instagram dian pelangi.


Formal Look


Buatku pribadi, rok lilit baik batik, maupun kain khas daerah masih menjadi andalan untuk tampil dalam balutan formal look sebagai pilihan outfit kondangan. Atasannya, jika aku memakai rok batik, aku bisa memadukannya menjadi lebih playful. Menurutku penting sih guys mengoleksi beberapa model rok batik. Biar bisa ganti-ganti dan nggak bosan. Seperti yang sudah aku sebutkan di atas, ada beberapa kondisi dan situasi tertentu yang mengharuskan aku berpenampilan formal untuk outfit kondanganku. Misalnya, ketika menghadiri pernikahan saudara dekat, menjadi among tamu, menjadi pagar ayu, dan menjadi bridesmaid.

Bridesmaid duties: menggunakan kain khas dari kalimantan

Kebanyakan sih untuk momen-momen yang aku sebutkan di atas sudah ada seragamnya ya. Tapi kalau tidak, biasanya aku memakai dress yang memang cocok untuk menghadiri pesta, seperti yang beraksen payet, glossy, ada brukatnya, ataupun dilihat dari pemilihan bahannya. Satin atau organdi misalnya. Dalam memilih kebaya sendiri, aku juga lebih menyukai kebaya potongannya yang nggak kaku-kaku banget  dan pastinya karena berhijab pilih yang modelnya tidak terlalu ketat. Kayak lepet, cyn!


Bridesmaid duties: rok batik sepan (kiri) dan model kain lilit (kanan)

Selain atasan aku juga tipe pemilih untuk bawahan. Jika tidak memakai rok dengan bahan yang formal, pasti rok batik menjadi andalanku. Beberapa model rok batik yang aku suka adalah sepan dengan bagian kanan dan kiri ada lipatannya sehingga bisa jalan dengan nyaman, model a line, lipit, maupun kain lilit dengan ada tali yang berfungsi untuk mengikat rok batik.

Berikut beberapa contohnya ya insipirasi outfit kondangan untuk hijabers dalam balutan busana formal.  Aku suka banget padu padan influencer-infuencer  berhijab di bawah ini. 

Sumber: instagram Hamidah & Dwi Handayani
Rok batik to the rescue! Asyiknya padu padan Hamidah dan Dwi Handa nggak terlihat boring ya.

sumber: instagram hamidahrachmayanti
Pecinta dress bisa ditiru nih gaya si cantik Hamidah!

sumber: instagram Mega Iskanti & Dwi Handayani
Bridesmaid duties influencer Hijab, nih sis! Ada yang dibikin kebaya ada yang dibikin dress. Cucok, ya!

Nggak kalah oke kan sama selebgram di atas? #tsah


Casual Look


Here we go! Makin ke sini aku lebih memilih outfit yang casual untuk outfit kondanganku. Tentunya tetap sopan untuk dipakai kondangan ya. Bukan yang santai-santai banget. Ide memakai outfit kondangan yang casual juga didukung dengan tema dresscode pesta undangan zaman now yang menurutku lebih personal, lebih intimate, dan disesuaikan dengan keinginan si empunya hajat. Misalnya pernikahan yang pengantinnya prefer menggunakan sneakers. Biasanya kalau yang menikah seumuranku suka iseng gitu ada temanya. Kewl sih menurutku. Salah satu tema dresscodenya misalnya: wear your comfy outfit with tropical vibes. Kalau temanya seperti itu sudah pasti aku pilih outfit bermotif floral dan memakai sneakers hehe. 

Casual look dengan detail beads pada baju dan tangan yang menumpuk. Biar nggak boring padukan warna cerah dan gelap.

Selain kondisi di atas, yaitu tema yang sudah ditentukan oleh pasangan berbahagia yang memiliki hajat. Hal lain yang menjadi preferensiku memilih outfit kondangan apakah casual atau formal adalah setelah kondangan mau pergi ke mana dan naik apa. Kalau naik kendaraan umum, gojek atau gocar misalnya. Menurutku membawa baju ganti terlalu ribet hehe. Berdasarkan pengalamanku selama ini juga, momen kondangan menjadi momen untuk temu kangen dengan teman-teman sepermainan yang sudah lama tidak berjumpa. Bukan rahasia lagi jika setelah kondangan biasanya akan tercetus ide untuk hangout. 

Outfit kondangan super nyantai karena pulangnya mau workshop rencananya. Biar nggak terlalu casual aku pakai vest dengan model asimetris (pendek di depan, menjuntai di belakang)

Aku sudah pernah sih punya pengalaman pakai dresscode bridesmaid waktu main selepas kondangan. Sebuah pengalaman yang nggak ingin aku coba lagi sih, kecuali banyak temannya ya. Asli deh aku udah kaya miss universe, semua mata tertuju padamu gitu. Haha. That’s why, selain alasan-alasan aku di atas, hal lain yang mendasari aku untuk tampil casual adalah ketika aku bebas dari kewajiban menjadi bridesmaid, among tamu, saudara dekat, teman segeng yang sobbie banget, serta pagar ayu. Kondisi yang lainnya bebas sih menurutku.

Mungkin kalau diundang ke nikahan anaknya mentri aku juga bakal pakai rok lilit sih untuk bawahan. Kalau nggak dress to the rescue. Simpel tinggal cus! Nah pas banget nih bahas rok lilit, yang paling sering aku pakai biasanya rok batik. Aku pribadi biasanya hobinya berburu rok ataupun kain batik di Thamrin City. Tapi, kalau misalnya kamu buru-buru dan nggak ada waktu bisa banget dong beli rok batik di sini. Bisa deh tuh memilih berbagai model rok batik di sini  ya gengs!

Bawahannya pakai rok batik tapi atasannya casual hehe

Ini dia kumpulan beberapa inspirasi outfit kondangan untuk hijabers dari selebgram serta hijabers influencer favoritku ketika kondangan. Di postingan inspirasi fashion kali ini aku mendapatkan inspirasi outfit kondangan dari Dian Pelangi, desainer hijab fashion favoritku, Hamidah, Dwi Handayani selebgram favoritku, serta si cantik Mega Iskanti. Poinnya menurutku yang wajib dicatat adalah padu padan dan pemilihan bahan untuk outfit kondanganmu. Kudu cucok meyong dong ya pastinya. Jangan salah kostum karena salah memilih bahan. Meskipun casual tapi terlalu nyantai juga nggak oke sama sekali. Big NO deh.

Meskipun outfit casual Hamidah memakai atasan yang memiliki knot (pita sebagai pemanis). Berbeda dari Hamidah, Dian Pelangi mencuri perhatian dari atasan cape dan celana palazzo.

Keep it simple and awesome! Aku suka perpaduan warna bold pada outfit Dian Pelangi. Merah versus hitam. Memakai overall dress dengan atasan hitam menampilkan kesan bold and glam meskipun dalam outfit casual.

Dalam memilih outfit casual sendiri, menurutku detail adalah koentji. Pilih outfit yang memiliki detail menarik atau potongan asimetris. Layer dan penambahan pita juga menambah kesan manis. Jika memilih outfit polos kamu bisa bermain pada warna dan bentuk potongan tangan. Pastikan ada satu hal yang jadi statement dan mencuri perhatian meskipun dalam outfit casual.

Perpaduan outfit monokrom yang mencuri perhatian. Suka dengan detail di roknya Mega Iskanti!!

Akhir kata semoga tulisan ini bisa memberikan inspirasi outfit kondangan untuk kamu para hijabers ya. Nggak bingung lagi deh ya mau pakai outfit apa untuk kondangan weekend ini.

Bonus foto terakhir versi lengkap ya! Ada yang pakai kain, ada dress, ada versi casual dengan atasan berpotongan asimetris.



Jadi, kamu team mana untuk outfit kondangan? Team formal atau team casual gengs?

Luvv,
Ifa
3 comments

Bajumu lucu-lucu, Fa. Cuma aku penasaran kalo nyuci dan nyeterika effort banget ga sih? Hehehehe.

Reply

Eh ada mamtir hahahaha *tetep*

Bayik, yang bikin mamtir sakit amata adalah ketika kondangan pakai jeans/jegging (walau kondangan acara rumah). Mbok ya casual tapi jangan pakai jeans ngono lho, apalagi kalau lagi di cerbon...nyinyir banget dah mamtir. Better pakai casual kan ya (sok tau) mamtir sering kok pakai dress/gamis dengan sneakers (kan ga keliatan) menghindari sakit kaki aja sih *faktor U* wkwkwkwkwkk

Reply

Boleh-boleh junjungannya, dek Ifa :D

Reply

Thankyou for visiting my blog. Let's connect & be a friend:D

Cheers,
Ifa

Powered by Blogger.